Keuntungan Mengikuti PPG

Image: canva.com

10 Keuntungan Mengikuti PPG Bagi Seorang Guru

Kamu yang merupakan lulusan dari sarjana pendidikan dan memiliki minat untuk menjadi seorang guru memiliki pilihan untuk meneruskan pendidikan keguruan Kamu. Salah satu pilihannya adalah dengan mengikuti pendidikan profesi guru atau yang biasa disingkat PPG. Ada beberapa manfaat yang akan Kamu dapatkan dengan mengikuti pendidikan ini. Berikut 10 keuntungan mengikuti PPG untuk Kamu yang ingin menjalani profesi sebagai guru.

1. Mendapat Gelar Tambahan

Jika Kamu menyelesaikan pendidikan profesi guru, Kamu akan mendapat gelar tambahan di belakang gelar Kamu sebelumnya. Jika ketika lulus sarjana Kamu menyandang gelar S.Pd., setelah menjalani PPG Kamu akan ditambahkan gelar S.Pd.,Gr yang merupakan kepanjangan dari guru profesional.

Baca Juga:  Biaya PPG Yang Perlu Dikeluarkan Saat Mengikuti Progam Ini

2. Mendapat Kompetensi Lebih

Tujuan dari diselenggarakannya PPG adalah untuk mempersiapkan guru-guru yang lebih kompeten di bidangnya. Dengan mengikuti PPG, Kamu bisa memiliki kompetensi lebih sebagai tenaga pengajar.

3. Memiliki Sertifikat Keahlian

Setelah Kamu menyelesaikan pendidikan profesi guru, Kamu akan memiliki sertifikat tertulis untuk keahlian dalam pendidikan profesi guru yang Kamu ambil, misalnya pendidik profesional untuk pendidikan dasar, menengah, atau pendidikan usia dini.

4. Peluang Menjadi PNS Lebih Besar

Menjadi PNS adalah pekerjaan yang menjadi impian banyak orang, tidak terkecuali untuk para guru. Dengan mengikuti PPG, peluang Kamu untuk diangkat menjadi PNS akan lebih besar karena tidak perlu mengikuti seleksi kompetensi bidang atau SKB.

Baca Juga:  Apa Itu Pendidikan Profesi Guru (PPG)? PPG Adalah . . .

5. Bersekolah Dengan Subsidi Pemerintah

Salah satu keuntungan mengikuti PPG adalah pendidikan tersebut mendapat biaya subsidi dari pemerintah sehingga Kamu bisa mengenyam pendidikan dengan biaya yang lebih murah.

6. Mendapat Tunjangan Sertifikasi

Para guru yang telah memiliki sertifikasi melalui pendidikan profesi guru akan memiliki peluang untuk mendapat tunjangan sertifikasi dari pemerintah, dengan syarat guru tersebut telah memiliki NUPTK.

7. Bisa Menjadi Guru Garis Depan

Para lulusan dari pendidikan profesi guru bisa mendaftar untuk menjadi guru garis depan. Menjadi guru garis depan juga merupakan hal impian banyak guru. Selain bisa mengabdi lebih besar, menjadi GGD juga memiliki tawaran gaji yang cukup tinggi.

Baca Juga:  10 Syarat Mengikuti PPG Yang Perlu Dipersiapkan Di Awal

8. Bisa Mendaftar Menjadi Guru SILN

SILN adalah Sekolah Indonesia Luar Negeri. Untuk menjadi guru di SILN Kamu harus memenuhi cukup banyak persyaratan. Guru yang sudah tersertifikasi melalui PPG tentu memiliki peluang lebih besar.

9. Menambah Pengalaman

Banyak materi, praktikum, hingga praktik pengalaman lapangan atau PPL yang akan Kamu jalankan selama PPG yang bisa menambah pengalaman Kamu.

10. Menambah Relasi

Selama mengikuti PPG, Kamu juga akan banyak bertemu teman-teman guru yang lain yang bisa menambah relasi Kamu.

Itulah beberapa keuntungan mengikuti PPG atau pendidikan profesi guru yang bisa menjadi pilihan untuk Kamu yang ingin menjalani profesi sebagai guru dan sudah lulus jenjang sarjana. Semoga informasi kali ini bermanfaat ya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *