Apa Itu Dokter Hewan

Image: canva.com

Apa Itu Dokter Hewan? Berikut 10 Hal Penjelasan Tentang Dokter Hewan

Bagi Kamu yang memiliki hewan peliharaan, Kamu pasti sering membawa peliharaan kesayangan tersebut ke dokter hewan. Namun tahukah Kamu apa itu dokter hewan dan seperti apakah profesi dokter hewan tersebut? Berikut beberapa penjelasannya sebagai informasi bagi agar lebih mengenal profesi ini.

1. Bertugas Untuk Mengobati Hewan

Dokter hewan atau yang juga dikenal dengan medic veteriner memiliki tugas utama untuk memeriksa, mengobati, dan melakukan perawatan terhadap hewan-hewan.

2. Memiliki Latar Belakang Ilmu Kedokteran

Untuk menjadi seorang dokter hewan, Kamu harus menyelesaikan pendidikan Kamu di jurusan kedokteran hewan dan spesialisasi pendidikan dan profesi kedokteran hewan.

Baca Juga:  10 Alasan Menjadi Dokter Hewan Agar Lebih Yakin

3. Mengobati Seluruh Jenis Hewan

Dokter hewan bukan hanya bertugas mengobati hewan-hewan peliharaan saja, ia juga bertugas untuk mengobati seluruh hewan, termasuk hewan hewan besar, unggas, bahkan satwa liar.

4. Pekerjaan Dengan Gaji Besar

Dokter hewan juga dikenal sebagai salah satu profesi yang memiliki gaji yang cukup besar. Seorang dokter hewan bisa mendapatkan gaji sekitar Rp.8.000.000 hingga Rp.10.000.000.

5. Pekerjaan Yang Beresiko

Penjelasan mengenai apa itu dokter hewan selanjutnya adalah profesi ini merupakan pekerjaan yang memiliki resiko cedera besar, karena hewan selalu memiliki insting untuk menyerang atau melindungi diri ketika ada orang asing yang menyentuhnya.

Baca Juga:  Tahapan Menjadi Dokter Hewan Yang Perlu Kamu Ketahui

6. Bisa Bekerja Di Berbagai Tempat

Seorang dokter hewan bisa bekerja di berbagai tempat, ia bisa membuka prakteknya sendiri, bekerja di rumah sakit hewan, di kebun binatang, hingga di NGO internasional.

7. Memiliki Organisasi Profesi Khusus

Sebagai dokter hewan, Kamu juga akan bergabung dengan organisasi profesi khusus untuk dokter hewan dimana seluruh dokter hewan di Indonesia akan bergabung pada forum atau organisasi profesi tersebut. Di Indonesia, organisasi ini bernama Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia.

8. Bisa Bekerja Untuk Meneliti

Dokter hewan bukan hanya bertugas untuk mengobati dan merawat hewan. Ia juga bisa bekerja di laboratorium untuk melakukan penelitian terhadap bidang biomedis dan biosains yang melibatkan hewan.

Baca Juga:  Mengenal Profesi Dokter Hewan, Yang Masih Dianggap Sebelah Mata

9. Memiliki Jenjang Karir

Seorang dokter hewan juga akan memiliki jenjang karir. Ia akan memulai karir dari dokter hewan hingga kemudian menjadi dokter hewan spesialis yang mengkhususkan diri untuk mendalami ilmu mengenai hewan. Misalnya penyakit dalam pada hewan, ginekologi pada hewan, kesehatan kepala dan leher hewan, serta berbagai jenjang karir lainnya.

10. Memiliki Banyak Keahlian

Seorang dokter hewan juga harus memiliki banyak keahlian. Diantaranya kemampuan observasi, analisis, medic veteriner, ekonomi veteriner, dan berbagai keahlian lainnya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai apa itu dokter hewan dan seperti apakah penjelasan profesi tersebut. Semoga beberapa penjelasan tadi bisa bermanfaat untuk Kamu yang sedang mencari info mengenai profesi ini atau Kamu yang ingin mendalami profesi ini. Dan semoga Kamu sukses mencapai cita-cita ya



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *