Tips Mendapatkan Info Lowongan Kerja Terbaru

Image: canva.com

10 Tips Mendapatkan Info Lowongan Kerja Terbaru

Orang bekerja untuk hidup. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kerja mendapatkan uang. Kemudian uang ini digunakan untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Untuk bekerja, maka yang harus dilakukan adalah giat mendapatkan info lowongan kerja terbaru.

Usaha yang dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan harus dilakukan usai lulus dari sekolah. Karena sekolah memang untuk mendapatkan ilmu untuk masuk dunia kerja. Biasanya bahkan bekerja bisa dilakukan sambil sekolah.

Sebagai batu loncatan, pekerjaan sampingan saat masih sekolah bisa diteruskan saat sudah lulus sekolah. Namun bukan berarti berhenti sampai di situ. Berusaha mendapatkan info lowongan kerja terbaru untuk mendapatkan pekerjaan yang mapan harus tetap dilakukan. Berikut adalah 10 tipsnya:

1. Banyak browsing. Sekarang mencari informasi loker tidak hanya secara offline saja. Bisa juga secara online. Mencari informasi loker via internet menjadi alternatif yang paling banyak dilakukan. Gunakan gadget dan kuota internet untuk mencari info loker terbaru sebanyak-banyaknya.

Baca Juga :  10 Tips Kuliah Sambil Kerja Bagi Kamu Yang Mau Menjalaninya

2. List perusahaan-perusahaan yang membuka loker. Hal ini penting karena bisa menjadi catatan tersendiri. Catat alamatnya dan posisi apa yang dibutuhkan. Buat surat lamaran dan tinggal mengirim sesuai alamat perusahaan yang diinginkan.

3. Lihat posisi yang dibutuhkan dalam loker terbaru tersebut. Pilih dan pilah sesuai jurusan sekolah kita dan keterampilan yang kita miliki.

4. Selalu bersemangat. Untuk mendapatkan info lowongan kerja terbaru ini, semangat tidak boleh berkurang. Jangan sampai putus asa. Memang sulit mencari yang cocok dengan apa yang kita inginkan. Tetapi jika sabar dan telaten, pasti akan mendapatkannya. Jika memang belum sesuai dengan jurusan sekolah kita, setidaknya sesuai dengan keterampilan yang kita miliki. Daripada menjadi pengangguran.

5. Gunakan aplikasi resmi pencarian loker online, seperti Jobstreet, Qerja, atau JobsDB. Apluaksi tersebut adalah apliaksi universal yang menyediakan ribuan loker ter-uptodate setiap harinya.

Baca Juga :  10 Pekerjaan Dengan Gaji Tinggi Di Indonesia Saat Ini

6. Memanfaatkan akun medsos. Jangan hanya memanfaatkan akun medsos untuk update status tanpa guna. Karena ternyata lewat kolom “search” Facebook atau Twitter kita bisa mendapatkan info loker terbaru. Langsung ketikkan saja “vacancy” di kolom pencarin yang tersedia. Temukan banyak jenis loker pekerjaan.

7. Rajin ikut job fair. Dimana akan sering diadakan baik di dalam kota maupun di luar kota. Bahkan di beberapa sekolah kejuruan pun sering mengadakannya. Banyak perusahaan yang akan membuka stand di sana. Kita bebas untuk memilih.

8. Mengonfirmasi info loker dari pesan atau chat WhatsApp dengan website resmi lokernya. Hal ini penting untuk mengetahui kebenarannya. Jangan menemlan informasi mentah-mentah. Banyak oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan moment banyaknya orang mencari loker sebagai ajang melakukan penipuan. Harus ekstra hati-hati.

9. Bangun hubungan baik dengan banyak teman. Karena teman jugalah kita bisa mendapatkan info lowongan kerja terbaru. Jangan malah menambah musuh. Manfaatkan momen sharing bersama teman. Jangan hanya bermain saja. Semakin banyak teman akan semakin banyak informasi yang didapatkan. Juga semakin membuka pintu kesempatan untuk lebih cepat mendapatkan loker terbaru.

Baca Juga :  10 Tips Cepat Dapat Pekerjaan Setelah Lulus Kuliah

10. Sering jalan-jalan atau hangout sambil cari info loker langsung dari perusahaan yang bersangkutan. Jadi bisa menikmati jalan-jalan sambil melihat-lihat jikalau ada loker terbaru.

Orang yang bekerja itu tidak mudah. Harus memiliki totalitas tinggi untuk menggeluti profesinya. Bahkan perjuangan saat bekerja pun sudah kita lakukan sejak mencari lokernya. Sangat sulit mengingat banyaknya jumlah lulusan yang tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja. Akhirnya pengangguran semakin meningkat.

Jika sudah menjadi pengangguran berarti kita sudah menyerah. Tidak ada gunanya menempuh pendidikan. Maka dari itulah walau sulit mendapatkan pekerjaan, tetap bersemangat untuk mendapatkan info lowongan kerja terbaru harus dilakukan.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *