Tips Kerja Sambil Kuliah

Image: canva.com

10 Tips Kerja Sambil Kuliah Bagi Kamu Yang Mau Menjalaninya

Tidak ada cara instan untuk menggapai kesuksesan sehingga Kamu harus berjuang lebih keras. Ya, termasuk urusan masa depan Kamu yang ingin bekerja namun tetap bisa melanjutkan pendiidkan tinggi. Kerja sambil kuliah bukan hal yang mudah namun bukan hal yang mustahil juga kok. Selama Kamu tahu bagaimana cara membagi waktu dengan benar, memiliki karir cemerlang dengan gelar sarjana secara bersamaan bisa saja terwujud lho!

Agar Kamu tidak galau lagi memutuskan fokus kuliah atau bekerja saja, berikut 10 tips buat Kamu yang ingin kuliah tanpa meninggalkan tanggung jawab pekerjaan.

1. Niat Dan Motivasi Yang Kuat

Sebelum terlanjur memilih kuliah sambil bekerja, sebaiknya Kamu mengatur hati terlebih dahulu. Niatkan kesungguhan untuk berjuang melakukan dua hal yang butuh tanggung jawab besar tersebut. Motivasi diri sendiri untuk bisa mengatur waktu secara positif.

2. Membuat Daftar Prioritas

Tips kedua dalam menjalankan rencana kerja sambil kuliah adalah membuat daftar prioritas. Apa yang perlu Kamu lakukan setiap hari harus direncanakan dan diatur sebaik mungkin. Jangan lupa untuk mematuhi aturan yang Kamu buat sendiri tersebut secara rutin ya!

Baca Juga :  Lanjut S2 Atau Kerja Dulu, Mana Yang Harus Kamu Lakukan?

3. Menolak Ajakan Diluar Daftar Prioritas

Kalau banyak teman kerja atau kuliah yang ingin mengajakmu jalan-jalan atau sekadar nonton, sebaiknya Kamu tolak deh! Kecuali Kamu memang memiliki banyak waktu luang disela kesibukan kuliah dan pekerjaan. Kamu harus tegas kalau tidak ingin acara tersebut menghancurkan semua jadwal yang telah tersusun dengan baik.

4. Kerjakan Tugas Kuliahmu Disela Waktu Istirahat Bekerja

Buat Kamu yang ingin tetap produktif, bisa memanfaatkan jam istirahat bekerja untuk mengerjakan tugas kuliah. Mengoptimalkan setiap jam istirahat untuk mengerjakan tugas kuliah tentu akan membuatmu lebih memiliki banyak waktu istirahat saat malam hari nanti.

5. Meminta Bantuan Teman Kampus

Bisa jadi jadwal pekerjaan Kamu bentrok dengan agenda kuliah sehingga Kamu tidak masuk kelas. Jika Kamu memang kurang paham terhadap tugas kuliah, tidak ada salahnya memiliki teman kampus yang bisa dijadikan partner belajar. Setidaknya Kamu bisa bertanya pada teman yang lebih paham agar waktu belajar lebih optimal.

Baca Juga :  10 Pekerjaan Dengan Gaji Tinggi Di Indonesia Saat Ini

6. Jangan Pernah Menunda Pekerjaan

Jika Kamu memiliki tugas baik kuliah atau pekerjaan, sebaiknya segera lakukan dan jangan biasakan menunda pekerjaan. Pasalnya, Kamu akan terus terbebani jika suka menunda mengerjakan pekerjaan tepat waktu.

7. Fokus Pada Tujuan

Lelah sering mendera saat kerja sambil kuliah memang bukan hal yang asing. Tetapi, fokuskan tujuan Kamu agar rasa lelah bisa diatasi dengan baik. Kamu harus memperbanyak bersyukur karena memanfaatkan waktu muda untuk bekerja keras mencapai dua hal yang berbeda namun memiliki tujuan yang sama.

8. Istirahat Cukup

Agar Kamu bisa lebih produktif dan bugar selalu, sebaiknya memiliki waktu untuk istirahat secara cukup. Gunakan waktu istirahat untuk benar-benar tidur agar tubuh bisa tetap prima. Buang gadgetmu jauh-jauh saat naik ke tempat tidur ya!

Baca Juga :  10 Tips Kuliah Sambil Kerja Bagi Kamu Yang Mau Menjalaninya

9. Manajemen Waktu Dengan Baik

Tips sukses kuliah sambil bekerja bisa terwujud kalau Kamu pandai mengatur waktu. Manajemen waktu yang baik merupakan syarat Kamu bisa lulus kuliah tepat waktu dan memiliki karir mumpuni. Atur waktu untuk berolahraga, kumpul keluarga, liburan atau sekadar santai untuk menghilangkan penat.

10. Mengatur Finansial Dengan Baik

Tips terakhir memang terdengar kurang berkaitan dengan kerja sambil kuliah. Tapi, poin ini cukup penting buat Kamu yang ingin sukses nantinya. Atur finansial Kamu agar tidak mencampuradukkan uang kuliah dan hasil bekerja untuk hal yang tidak berkaitan ya! Bersenang-senang boleh tapi Kamu harus ingat masa depanmu kelak.

Nah, Kamu tertarik mencoba mengaplikasikan 10 tips kerja sambil kuliah di atas?




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *