Tips Memilih Tempat KKN

Image: canva.com

10 Tips Memilih Tempat KKN Yang Tepat Buat Kamu

KKN tentunya akan diselenggarakan di lokasi yang sudah dipilih berdasar banyak kriteria. Terkadang, pihak kampus yang akan menentukan, namun tidak jarang pula Kamu diberi keleluasaan dalam mencarinya. Lantaran kebanyakan lokasi KKN ada di desa-desa, maka tidak ada salahnya Kamu menyimak 10 tips memilih tempat KKN di ulasan berikut ini.

1. Pilih Daerah Yang Infrastrukturnya Bisa Diakses

Kamu memang diharuskan memilih lokasi KKN di desa pelosok dengan banyak permasalahan, namun bukan berarti Kamu harus menyulitkan diri sendiri. Pilihlah desa yang sekiranya masih bisa diakses dengan kendaraan roda dua.

Baca Juga:  10 Hal Tentang Suka Duka KKN Yang Perlu Kamu Tau

2. Pilih Desa Yang Masih Butuh Banyak Perubahan

KKN adalah kegiatan memberdayakan desa. Akan sangat rugi jika Kamu memilih desa yang sudah maju. Maka dari itu, pilihlah desa yang masih butuh banyak bantuanmu untuk bisa merubah dan maju.

3. Dekat Dengan Pusat Kota

Kamu boleh memilih daerah pedesaan yang ada di pinggiran hutan, namun tentunya jarak antara desa ini dengan pusat kota juga harus Kamu pertimbangkan. Pilihlah desa yang meski terbelakang, namun jaraknya dengan pusat kota masih 1 – 2 jam perjalanan.

Baca Juga:  10 Manfaat KKN Untuk Mahasiswa Yang Perlu Kamu Tau

4. Mudah Dalam Pemenuhan Kebutuhan

Dengan memilih desa yang dekat pusat kota, maka Kamu sudah bisa memenuhi kebutuhanmu dengan mudah jika suatu saat terjadi kekurangan bahan. Cukup lakukan perjalanan ke pusat kota dan beli semua kebutuhan untuk dibawa kembali ke desa. Mudah, bukan?

5. Pilih Lokasi Yang Ada Tempat Nongkrong

KKN memang mengabdi, tapi bukan berarti Kamu harus hidup terlalu monoton. Kamu bisa mengabdi pada siang hari dan refreshing di malam hari dengan minum secangkir kopi di tempat-tempat nongkrong di desa tersebut.

Baca Juga:  10 Persiapan Sebelum KKN Yang Wajib Kamu Lakukan

6. Dekat Dengan Rumah

Salah satu tips memilih tempat KKN ini sangat mainstream. Tidak jarang, banyak mahasiswa yang memilih lokasi KKN mereka yang dekat dengan kampung halaman.

7. Lokasi Yang Sama Dengan Teman

Selain dekat rumah, banyak anak yang memilih lokasi KKN sama dengan teman mereka. Hal ini agar mereka dekat dan masih bisa saling berkunjung atau bertukar sapa.

8. Tempat Cocok Dengan Program Kerja

Carilah lokasi KKN yang sesuai dengan program kerja yang kelompokmu buat. Jadi misalkan Kamu ingin fokus di bidang pertanian, maka pilihlah desa yang sistem Pertaniannya Masih Belum Maju Dan Butuh Bantuan.

Baca Juga:  10 Persiapan Sebelum KKN Yang Wajib Kamu Lakukan

9. Permasalahan Di Lokasi Sesuai Dengan Latar Belakang Pendidikan

Selain memilih sesuai proker, ada baiknya Kamu memilih lokasi KKN yang permasalahannya juga sesuai dengan latar belakang pendidikanmu. Jadi misal Kamu anak kesehatan, maka usahakan pilih desa yang sistem kesehatannya masih perlu dimajukan.

10. Dekat Banyak Tempat Wisata

Terakhir, pilih lokasi yang dekat tempat wisata. Pasalnya selain mengabdi, Kamu juga bisa berlibur bersama rekan sekelompok untuk mempererat hubungan.

Demikian ulasan mengenai tips memilih tempat KKN yang bisa Kamu jadikan referensi. Semoga ulasannya bermanfaat ya!