Persiapan Sebelum KKN

Image: canva.com

10 Persiapan Sebelum KKN Yang Wajib Kamu Lakukan

KKN membutuhkan banyak persiapan tidak hanya dari hati, namun juga fisik. Nah bagi Kamu yang hendak KKN, daripada bertanya-tanya saja, yuk simak 10 persiapan sebelum KKN yang wajib Kamu lakukan sebelum benar-benar berangkat di ulasan berikut ini.

1. Siapkan Pikiran, Mental, Dan Tenaga

Berangkat KKN ibaratnya berangkat ke medan perang. Kamu tidak hanya harus menyiapkan pikiran saja, namun Kamu juga harus siap mental dan tenaga. Selain karena Kamu ada di lingkungan yang benar-benar baru dan sendirian, Kamu juga harus pandai menghadapi berbagai permasalahan yang ada agar berguna bagi warga sekitar.

Baca Juga:  10 Tips Memilih Tempat KKN Yang Tepat Buat Kamu

2. Siapkan Keperluan Pribadi

Selain mempersiapkan pikiran, mental dan tenaga, Kamu juga harus siap keperluan-keperluan pribadimu. Mulai dari alat mandi, pakaian, hingga obat-obatan harus Kamu siapkan sebaik mungkin. Pasalnya, tidak ada jaminan Kamu mendapat lokasi KKN yang ada di pusat kota. Bisa jadi, Kamu akan mendapat lokasi di desa terpelosok.

3. Siapkan Keperluan Posko

Keperluan posko KKN juga harus Kamu dan rekan sekelompok siapkan. Hal ini agar Kamu dan teman-teman tidak akan kekurangan kebutuhan, terlebih bahan-bahan yang sulit didapat jika tidak di kota besar.

Baca Juga:  10 Hal Tentang Suka Duka KKN Yang Perlu Kamu Tau

4. Dapatkan Restu Orang Tua

Pergi kemana saja, Kamu harus mendapat izin orang tua. Begitu juga dengan KKN, Kamu pun juga harus mendapat restu mereka. Hal ini selain agar KKN lancar, doa orang tua juga selalu menyertai setiap langkahmu sehingga menjadi berkah dan dilindungi Tuhan.

5. Penuhi Isi Dompet

Salah satu persiapan sebelum KKN yang paling utama adalah tidak mengandalkan uang di ATM atau kartu kredit ketika KKN. Selama masih di kota, Kamu memang bisa memakainya. Tapi bagaimana jika Kamu ada di desa? Untuk itu, penuhi isi dompetmu dengan jumlah tertentu untuk hidup selama KKN berjalan.

Baca Juga:  10 Manfaat KKN Untuk Mahasiswa Yang Perlu Kamu Tau

6. Siapkan Kendaraan Agar Tetap Fit

Berkendara pribadi selama KKN memang menyenangkan. Namun Kamu tidak boleh lupa, cek selalu kondisi kendaraanmu agar tidak terjadi masalah apapun yang bisa menghambat kinerja.

7. Pasang Muka Bersahabat Dan Anti Jutek

Begitu Kamu berkenalan dengan teman kelompok, datang perkenalan ke desa, hingga membaur dengan kehidupan masyarakat disana, Kamu harus memasang muka bersahabat. Jauhkan wajah super jutekmu karena Kamu bisa dianggap sombong dan tidak diterima dengan baik di lokasi KKN.

8. Belajarlah Public Speaking Yang Benar

Baca Juga:  10 Tips Memilih Tempat KKN Yang Tepat Buat Kamu

Akan ada banyak kegiatan yang Kamu alami selama KKN, mulai dari pengajian rutin, program pelatihan, hingga acara-acara desa. Jika Kamu tidak tahu bagaimana cara berbicara di hadapan banyak orang, maka tugasmu lah untuk belajar public speaking sebelum berangkat KKN.

9. Belajar Juga Public Relation

Tidak hanya public speaking, belajar public relation juga penting agar Kamu bisa membangun hubungan baik antar masyarakat disana.

10. Apapun Yang Terjadi, Tahan Emosi

Terakhir, Kamu harus mampu bersabar dan tahan emosi dengan apapun yang terjadi. Ingat, Kamu membawa nama baik kampus dan bukan dirimu saja.

Baca Juga:  10 Hal Tentang Suka Duka KKN Yang Perlu Kamu Tau

Demikian ulasan tentang 10 persiapan sebelum KKN yang perlu Kamu ketahui. Semoga ulasannya bermanfaat ya!