Persiapan Sebelum Magang

Image: canva.com

10 Persiapan Sebelum Magang Yang Wajib Kamu Lakukan

Sebagai mahasiswa semester akhir yang bersiap menghadapi skripsi, Kamu mungkin tertarik untuk mengajukan aplikasi magang. Tak heran kalau banyak anak magang yang terpaksa menunda skripsi karena terlalu asyik bekerja. Asal Kamu pandai membagi waktu antara tugas akhir kuliah dan skripsi, sah-sah saja. Sebelum mengajukan aplikasi, simak tips persiapan magang berikut ini.

1. Mencari Informasi Detail Terkait Program Magang

Program magang harus Kamu pelajari secara matang agar tidak salah pilih. Perhatikan detail program magang mulai sektor yang dipilih, durasi magang, sistem pembayaran atau unpaid, potensi jaringan, dan lain-lain.

Baca Juga:  10 Manfaat Magang Untuk Mahasiswa Yang Perlu Kamu Tau

2. Mempertimbangkan Perusahaan Dan Divisi Terbaik

Pilih perusahaan yang kredibel dan memiliki divisi yang sesuai dengan jurusan Kamu. Misalnya Kamu mengambil jurusan Ekonomi, bisa mengajukan aplikasi magang di bagian keuangan. Begitu pula dengan sektor yang lain agar Kamu bisa mengimplementasikan teori di bangku kuliah sebaik mungkin.

3. Mempersiapkan Proposal Magang

Mengajukan aplikasi magang memang tidak semudah membalik telapak tangan. Kamu harus mempersiapkan proposal yang menarik minat perusahaan untuk memberi kesempatan bekerja padamu. Selain itu, laporan magang juga harus Kamu lakukan untuk bahan penilaian kampus.

Baca Juga:  10 Tips Memilih Tempat Magang Yang Tepat Buat Kamu

4. Mempersiapkan Dokumen Pribadi Yang Dibutuhkan

Apa saja dokumen pribadi yang harus Kamu persiapkan sebelum magang? Sebaiknya Kamu menyiapkan CV, KTP, KTM, KK, dan pas foto. Tentu dokumen apa saja yang harus dipersiapkan harus sesuai dengan kebijakan perusahaan, misalnya surat keterangan sehat atau SKCK.

5. Persiapkan Finansial

Kalau Kamu memilih magang di luar kota atau daerah, persiapan sebelum magang selalu berkaitan dengan finansial. Apalagi kalau Kamu tidak mendapatkan bayaran dari program magang, pastikan dana mencukupi selama durasi magang berlangsung.

Baca Juga:  10 Hal Tentang Suka Duka Anak Magang Apalagi Sendirian

6. Mempersiapkan Fisik Dan Mental

Fisik dan mental harus prima agar Kamu bisa bekerja secara optimal. Kamu harus ingat bahwa dunia kerja sangat berbeda dengan lingkungan kampus, ya!

7. Siapkan Ketepatan Waktu Dan Disiplin

Masuk ke dunia kerja mewajibkan Kamu untuk selalu tepat waktu dan disiplin dalam bekerja. Mentor akan memperhatikan kedisiplinan diri Kamu agar bisa mendapatkan poin positif. Siapa tahu berkat kedisiplinan diri dalam bekerja membuat Kamu bakal diterima kerja di kantor setelah lulus kuliah nanti.

8. Siap Bekerja Keras

Baca Juga:  10 Manfaat Magang Untuk Mahasiswa Yang Perlu Kamu Tau

Dunia kerja membutuhkan sosok yang sanggup bekerja keras baik individu atau tim. Pastikan Kamu memang siap bekerja keras sesuai arahan pimpinan di tempat kerja. Mau pekerjaan besar atau skala kecil seperti fotokopi atau menata dokumen pun, Kamu siap bekerja semaksimal mungkin.

9. Tingkatkan Kemampuan Komunikasi

Siapkan diri untuk mampu beradaptasi di lingkungan kerja, ya! Pastikan Kamu punya kemampuan komunikasi dan siap menolong pekerja lain.

10. Penampilan

Tak hanya keterampilan saja, jangan lupa untuk mempersiapkan penampilan sebaik mungkin. Penampilan merupakan poin pertama agar Kamu bisa mendapatkan apresiasi positif sejak pertama kali tiba di kantor nanti.

Baca Juga:  10 Tips Memilih Tempat Magang Yang Tepat Buat Kamu

Sudahkah Kamu melakukan persiapan sebelum magang di perusahaan atau instansi pemerintah?