Manfaat KKN Untuk Mahasiswa

Image: canva.com

10 Manfaat KKN Untuk Mahasiswa Yang Perlu Kamu Tau

Apakah disini ada yang belum mengerti apakah itu KKN? Ya, KKN atau Kuliah Kerja Nyata merupakan program wajib yang harus Kamu ikuti ketika menginjak bangku semester 6. Tidak ada free pass untuk melewati ini. Artinya, seluruh mahasiswa di PTS atau PTN, tanpa terkecuali, harus menjalani program ini. Jika begitu, yuk simak 10 manfaat KKN untuk mahasiswa di ulasan berikut ini.

1. KKN Adalah Bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi

Sebagai seorang mahasiswa dan warga kampus yang baik, tentu kita juga menjunjung tinggi Tri Dharma Universitas. Itulah mengapa dengan mengikuti KKN, maka kita sama halnya sedang menjalankan aksi nyata dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mana meliputi pendidikan, penelitian, dan juga pengabdian pada masyarakat.

Baca Juga:  10 Persiapan Sebelum KKN Yang Wajib Kamu Lakukan

2. KKN Adalah Wujud Pengabdian Masyarakat

Tidak hanya sebagai aksi nyata dari Tri Dharma saja, KKN rupanya juga sebagai bentuk pengabdian masyarakat yang sebenarnya. Dengan terjun langsung ke lapangan, maka Kamu bisa melihat keadaan yang sesungguhnya, mulai dari ekonomi, pendidikan, atau masalah apapun yang selama ini hanya Kamu hadapi di kelas.

3. Belajar Memenuhi Tanggung Jawab

Lantaran sikapnya yang wajib, maka mengikuti KKN sama halnya dengan mengajarimu untuk memenuhi tanggung jawab dengan baik dan tanpa aksi-aksi pengecut lainnya.

Baca Juga:  10 Hal Tentang Suka Duka KKN Yang Perlu Kamu Tau

4. Mengenal Lebih Banyak Teman

KKN sejatinya membantumu untuk lebih mudah bersosialisasi. Di tempat baru ini, Kamu akan menemui banyak teman baru. Tidak hanya 1 – 2 orang saja, melainkan hingga 20 orang tergantung seberapa besar kelompok KKN milikmu. Tentunya, teman-teman baru ini dari banyak fakultas dan bisa menambah pengalamanmu.

5. Belajar Untuk Bisa Membuat Program Kerja Menarik

Salah satu manfaat KKN untuk mahasiswa adalah membiasakan diri dengan target. Dengan berkumpul bersama banyak para pemikir dari berbagai pendidikan, maka Kamu bisa membuat program kerja yang menarik dan berkualitas serta tepat waktu.

Baca Juga:  10 Tips Memilih Tempat KKN Yang Tepat Buat Kamu

6. Membantu Memajukan Masyarakat

Lantaran berbentuk pengabdian dimana Kamu tidak dipungut biaya sama sekali, maka bisa dikatakan Kamu sudah berjuang untuk memajukan masyarakat.

7. Lebih Terbiasa Memecahkan Masalah

Akan ada banyak masalah yang Kamu temui di KKN. Salah satu masalah yang cukup pelik adalah masalah yang bersifat cross sectoral. Untuk menghadapinya, tentu saja Kamu perlu keterampilan memecah persoalan dengan pendekatan interdisipliner. Menarik, bukan?

8. Tempat Mengaplikasikan Teori Yang Didapat Di Kampus

Bisa dibilang, KKN merupakan wadah yang pas dalam menerapkan teori-teori yang Kamu dapat selama di kelas ke dalam permasalahan kehidupan yang nyata.

Baca Juga:  10 Persiapan Sebelum KKN Yang Wajib Kamu Lakukan

9. Termasuk Kegiatan Intrakurikuler Kampus

KKN juga bisa menjadi program intrakurikuler kampus yang mampu mendukung perubahan besar dalam hidup masyarakat. Salah satunya adalah KKN tema khusus, misalnya KKN peduli bencana.

10. Menumbuhkan Rasa Peduli Dengan Sesama

Terakhir, KKN mengajari mahasiswa untuk mampu menumbuhkan rasa peduli akan sesama.

Demikian ulasan mengenai 10 manfaat KKN untuk mahasiswa. Semoga ulasannya bermanfaat ya!