Skill Yang Harus Dimiliki Administrator Pendidikan

Image: canva.com

10 Kemampuan Atau Skill Yang Harus Dimiliki Administrator Pendidikan

Untuk menjadi seorang tenaga administrasi di sektor pendidikan, Kamu perlu menguasai berbagai kemampuan. Kemampuan yang dimaksud terdiri dua jenis, yaitu soft skills dan hard skills. Kedua jenis kemampuan ini perlu Kamu miliki agar Kamu bisa mengerjakan tugas dan tanggung jawab administrator pendidikan dengan baik. Nah, apa saja Skill yang harus dimiliki administrator pendidikan?

Berikut ini ada 10 kemampuan yang perlu Kamu kuasai jika ingin berkarir sebagai seorang administrator pendidikan :

1. MS Office

Yang pertama, Kamu perlu menguasai MS Office. Mulai dari MS Word, Excel, hingga PPT, aplikasi ini perlu Kamu kuasai dengan baik karena tugas-tugas Kamu tidak akan jauh dari aplikasi ini.

Baca Juga:  10 Cara Menjadi Administrator Pendidikan Yang Bisa Kamu Coba

2. Pengarsipan

Kemampuan kedua yang perlu Kamu kuasai adalah pengarsipan. Sebagai seorang yang bertugas di bidang administrasi, Kamu juga perlu tahu dan menguasai hal-hal terkait arsip dan cara pengarsipan.

3. Berpikir Logis Dan Kritis

Berpikir logis dan kritis merupakan soft Skill yang harus dimiliki administrator pendidikan. Ini akan membuat Kamu tidak mudah percaya dengan laporan-laporan palsu yang mungkin dibuat oleh rekan kerja.

4. Kemampuan Analisis

Selanjutnya, Kamu juga perlu memiliki kemampuan anlisis. Kamu akan dihadapkan pada setumpuk dokumen mentah yang bagi orang lain mungkin tidak memiliki arti apapun. Dengan kemampuan anlisis yang Kamu miliki, Kamu bisa tahu arti dokumen-dokumen tersebut.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Menjadi Administrator Pendidikan Sebagai Pilihan Karir

5. Problem Solving

Yang kelima, Kamu juga perlu menjadi seorang yang mampu memecahkan masalah atau problem solving. Dengan kemampuan ini, segala masalah yang merintang bisa diatasi.

6. Komunikasi

Kemampuan komunikasi adalah hal yang penting, begitu juga untuk seorang administrator pendidikan. Komunikasi yang baik akan membuat Kamu lebih mudah mengutarakan gagasan dan ide ketika harus bekerja sama dengan orang lain.

7. Attention To Detail

Seorang administrator pendidikan juga seharusnya memiliki kemampuan attention to detail. Artinya, Kamu perlu menjadi seorang yang teliti sehingga terhindar dari kesalahan kecil yang bisa berakibat fatal.

Baca Juga:  Apa Itu Administrator Pendidikan? Berikut 10 Hal Tentang Profesi ini

8. Berhitung

Berhitung menjadi salah satu hard Skill yang harus dimiliki administrator pendidikan. Bukan hanya dokumen dalam bentuk tulisan yang akan Kamu hadapi, namun juga sederet angka yang membutuhkan Kamu untuk menghitung.

9. Bekerja Secara Mandiri

Selanjutnya, Kamu harus bisa untuk bekerja secara mandiri. Akan ada suatu kondisi yang mengharuskan Kamu menyelesaikan tugas-tugas Kamu secara mandiri, bukan dalam sebuah tim.

10. Bisa Bekerja Dalam Satu Tim

Kamu juga harus menjadi seseorang yang fleksibel ketika harus bekerja dalam sebuah tim. Ini memungkinkan Kamu tetap bisa menunjukkan kemampuan terbaik dengan cara apapun Kamu bekerja.

Baca Juga:  10 Cara Menjadi Administrator Pendidikan Yang Bisa Kamu Coba

Demikian 10 Skill yang harus dimiliki administrator pendidikan. Baik soft skills maupun hard skills keduanya penting untuk dikuasai agar Kamu bisa menyelesaikan tugas dan tanggung jawab Kamu sebagai tenaga administrasi pendidikan dengan baik.