Alasan Memilih Menjadi Administrator Pendidikan

Image: canva.com

10 Alasan Memilih Menjadi Administrator Pendidikan Sebagai Pilihan Karir

Jika Kamu ingin bekerja di sektor pendidikan, Kamu tidak harus menjadi seorang guru. Kamu bisa menjadi seorang administrator pendidikan. Berbeda dengan guru yang memiliki tanggung jawab untuk mengajar anak didiknya, seorang administrator pendidikan bertanggung jawab terhadap administrasi dan manajemen di sekolah tersebut. Lalu, adakah alasan memilih menjadi administrator pendidikan?

Tentu saja ada. Berikut ini adalah 10 alasan memilih menjadi seorang tenaga administrasi pendidikan:

1. Bekerja Di Sektor Pendidikan

Dengan menjadi administrator pendidikan, Kamu bisa bekerja di sektor pendidikan tanpa harus menjadi guru. Kalau Kamu tidak suka mengajar namun ingin berkarir di sektor ini, profesi ini bisa menjadi jawaban atas keinginan Kamu.

Baca Juga:  10 Cara Menjadi Administrator Pendidikan Yang Bisa Kamu Coba

2. Gaji Yang Cukup

Gaji yang didapatkan seorang administrator pendidikan memang tidak terlalu tinggi. Jika Kamu menjadi salah seorang tenaga ahli di bidang ini, Kamu bisa mendapatkan gaji yang lebih tinggi.

3. Jenjang Karir Yang Menjanjikan

Alasan memilih menjadi administrator pendidikan berikutnya adalah karena profesi ini memiliki jenjang karir yang menjanjikan. Jadi, tidak selamanya Kamu hanya menempati posisi staf, namun juga bisa menempati posisi top manajemen.

4. Tugas Dan Tanggung Jawab Yang Tidak Terlalu Berat

Yang keempat, tugas dan tanggung jawab seorang administrator tidak terlalu berat. Kamu hanya fokus pada tujuan pendidikan yang ingin dicapai di sekolah tersebut. Kamu tidak perlu dipusingkan dengan bahan ajar, materi, dan sebagainya.

Baca Juga:  10 Kemampuan Atau Skill Yang Harus Dimiliki Administrator Pendidikan

5. Tidak Perlu Kemampuan Khusus

Kamu tidak perlu memiliki kemampuan khusus selain kemampuan administrasi dan tata usaha. Selama Kamu bisa menjadi orang yang teliti dan terstruktur, Kamu bisa melakoni profesi ini.

6. Dibutuhkan Oleh Banyak Instansi Pendidikan

Jangan salah. Administrator pendidikan sangat dibutuhkan oleh instansi pendidikan. Jadi, Kamu memiliki peluang kerja yang menjanjikan.

7. Bisa Jadi PNS

Sama seperti guru, Kamu juga berkesempatan menjadi seorang PNS di bidang ini jika Kamu tertarik. Kamu bisa mengabdi sebagai ASN di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Baca Juga:  Apa Itu Administrator Pendidikan? Berikut 10 Hal Tentang Profesi ini

8. Tersedia Jurusan Kuliah Yang Linier

Alasan memilih menjadi administrator pendidikan berikutnya adalah karena tersedia jurusan kuliah yang linier. Kamu bisa masuk ke jurusan tersebut dan mempelajari segala ilmunya sebelum terjun di bidang ini.

9. Bisa Memiliki Lembaga Pendidikan Sendiri

Tidak hanya bekerja di sebuah instansi pendidikan, Kamu juga bisa menjadi pemilik dari lembaga pendidikan tersebut. Kamu bisa membangun lembaga pendidikan sendiri sekaligus menjadi administrator pendidikan untuk lembaga Kamu sendiri.

10. Pendidikan Indonesia Butuh Perbaikan

Yang terakhir, karena pendidikan Indonesia butuh perbaikan. Dengan menjadi seorang administrator pendidikan, Kamu bisa fokus untuk mengubah mutu pendidikan ke arah yang lebih baik di suatu instansi.

Baca Juga:  10 Cara Menjadi Administrator Pendidikan Yang Bisa Kamu Coba

Itulah 10 alasan memilih menjadi administrator pendidikan. Apakah Kamu semakin tertarik untuk memilih profesi di bidang ini? Jika iya, Kamu perlu mempersiapkan diri untuk bisa bersaing dengan ratusan atau bahkan ribuan calon pelamar di luar sana.