Memilih Kampus Umum Atau Kampus Islam

Image: canva.com

10 Pertimbangan Memilih Kampus Umum Atau Kampus Islam Saat Kuliah

Saat Kamu hendak memilih kampus atau perguruan tinggi untuk berkuliah, akan ada banyak pertimbangan yang harus Kamu lakukan. Salah satunya adalah pertimbangan apakah Kamu hendak memilih kampus umum atau kampus Islam untuk menjadi tempatmu berkuliah. Agar Kamu tidak terlalu bingung, Kamu bisa mengikuti pertimbangan berikut.

1. Jurusan Yang Kamu Inginkan

Di kampus Islam, jurusan yang ada tentunya adalah jurusan-jurusan yang berhubungan dengan agama Islam. Sementara di kampus umum, Kamu bisa menemui lebih banyak jurusan. Jadi, pertimbangkan mengenai jurusan yang akan Kamu pilih.

2. Gelar Yang Akan Didapatkan

Jika Kamu memilih kampus Islam, gelar yang akan Kamu dapatkan tentunya adalah sarjana Islam yang disesuaikan dengan bidang ilmu Kamu. Sementara di kampus umum Kamu hanya akan mendapat gelar sesuai bidang ilmu Kamu saja.

Baca Juga:  10 Tips Memilih Kampus Umum Yang Perlu Diperhatikan

3. Banyaknya Pilihan Kampus

Jumlah kampus umum tentunya akan lebih banyak jika dibandingkan dengan kampus Islam. Lebih banyaknya kampus umum membuat Kamu lebih mudah menentukan kampus umum yang akan Kamu tuju.

4. Banyaknya Pesaing

Meskipun jumlahnya lebih banyak, namun jumlah pesaing yang mendaftar di kampus umum tentu akan lebih banyak jika dibandingkan dengan pesaing yang mendaftar di kampus Islam yang segmentasinya lebih spesifik. Jadi, pikirkan juga banyak pesaing untuk melihat peluang lolos Kamu.

5. Persyaratan Pendaftaran

Pertimbangan saat memilih kampus umum atau kampus Islam selanjutnya adalah persyaratan pendaftarannya. Persyaratan di kampus Islam mungkin bisa lebih banyak misalnya persyaratan yang berkaitan dengan ilmu agama Kamu.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Kampus Umum Dibandingkan Kampus Islam

6. Materi Yang Diajarkan

Kamu juga perlu mempertimbangkan materi yang akan Kamu dapatkan nantinya. Mana yang lebih Kamu inginkan, lebih banyak materi pengetahuan umum atau lebih banyak materi pengetahuan agama.

7. Aturan Kampus

Selain mempertimbangkan materi, Kamu juga perlu mempertimbangkan aturan kampus yang berlaku, baik di kampus umum atau kampus Islam. Setiap kampus akan memiliki aturan yang disesuaikan dengan budaya kampus, sehingga Kamu perlu memilih kampus mana yang Kamu rasa bisa beradaptasi dengan aturannya.

8. Persyaratan Kelulusan

Kamu juga harus mempertimbangkan persyaratan jika Kamu akan lulus dari kampus tersebut nantinya. Misalnya jika di kampus Islam mungkin akan adan persyaratan kelulusan yang berkaitan dengan kemampuan agama Kamu.

Baca Juga:  10 Tips Memilih Kampus Islam Yang Perlu Diperhatikan

9. Lingkungan Kampus

Lingkungan kampus juga akan berpengaruh pada kehidupan Kamu. Pertimbangkan manakah yang Kamu butuhkan, lingkungan yang lebih agamis di kampus Islam atau lingkungan penuh toleransi di kampus umum. Jadi, pertimbangkan juga Kamu lebih nyaman di lingkungan yang seperti apa.

10. Peluang Pekerjaan

Kamu tentu harus mempertimbangkan mengenai prospek pekerjaan yang mungkin bisa Kamu dapatkan lebih banyak nantinya, apakah dari kampus umum ataukah kampus Islam.

Itulah beberapa pertimbangan yang perlu Kamu pikirkan saat hendak memilih kampus umum atau kampus Islam.