Alasan Memilih Kampus Umum

Image: canva.com

10 Alasan Memilih Kampus Umum Dibandingkan Kampus Islam

Memilih jurusan saat kuliah sudah cukup membingungkan, apalagi harus pusing memilih antara kampus umum atau kampus Islam. Dari mata kuliah dasarnya pun, keduanya jelas berbeda. Lalu, seperti apa alasan memilih kampus umum? Yuk, simak uraiannya dibawah ini ada 10 alasan memilih kampus umum dibandingkan dengan kampus Islam. Kira-kira apa saja alasannya?

1. Kampus Umum Banyak Yang Masuk Kampus Ternama

Masuk kampus ternama juga menjadi idaman banyak calon mahasiswa. Selain menjadi kebanggaan tersendiri, kampus umum yang ternama juga bisa menjadi faktor pendukung dalam mencari kerja nantinya. Nah, di kampus-kampus umum banyak sekali yang sudah terkenal. Hal ini berbeda dari kampus Islam yang hanya segelintir saja yang masuk jajaran kampus ternama.

Baca Juga:  10 Tips Memilih Kampus Umum Yang Perlu Diperhatikan

2. Pilihan Jurusan Banyak

Di kampus umum, Kamu mendapat banyak pilihan jurusan yang bisa Kamu pilih secara leluasa. Berbeda halnya dengan kampus Islam yang mana jurusannya hanya terbatas pada jurusan terkait Agama Islam saja.

3. Cakupan Bidang Ilmu Luas

Karena jurusannya banyak, maka cakupan bidang ilmu yang dipelajari pun lumayan luas dan tidak sedikit seperti kampus Islam yang hanya fokus pada bidang ilmu tertentu saja.

4. Banyak Pilihan Universitas

Di Indonesia ini terdapat banyak sekali kampus yang masuk dalam kategori kampus umum. Mulai dari kampus di Pulau Jawa, kampus di Pulau Sumatra, hingga kampus-kampus di daerah lainnya.

5. Berpeluang Dapat Beasiswa

Baca Juga:  10 Pertimbangan Memilih Kampus Umum Atau Kampus Islam Saat Kuliah

Bukannya anak kampus Islam juga tidak bisa mendapat beasiswa, namun kebanyakan beasiswa yang nominalnya besar diperuntukkan pada kampus umum dengan berbagai kualifikasi yang disyaratkan.

6. Banyak Dana Bantuan Juga

Tidak hanya berkesempatan meraih beasiswa, anak-anak kampus umum juga bisa meraih banyak dana bantuan juga dari berbagai organisasi. Mulai dari alumni, organisasi masyarakat, hingga para pengusaha yang mana terkadang mensyaratkan si calon penerima kuliah di kampus tertentu saja.

7. Lingkup Pergaulan Cukup Luas

Jika di kampus Islam, maka Kamu akan bergaul dengan sesama muslim saja. Berbeda di kampus umum, Kamu akan berteman dengan banyak kawan dari berbagai suku, agama, ras, dan bahasa.

8. Belajar Unity In Diversity

Baca Juga:  10 Kelebihan Kampus Umum Yang Bisa Kamu Dapatkan Saat Kuliah

Kampus umum adalah tempat yang tepat untuk Kamu bisa belajar konsep Unity in Diversity. Pasalnya selain berusaha memupuk rasa persatuan, berteman dengan banyak latar belakang juga dapat menambah wawasan.

9. Peluang Kerja Terbuka Lebar

Biasanya ada perusahaan yang mengharuskan karyawatinya untuk tidak berhijab. Sebenarnya hal ini sah-sah saja asal Kamu juga setuju melakukannya. Nah, akan lebih mudah jika Kamu berasal dari kampus umum karena tentunya di kampus Islam Kamu diwajibkan pula berhijab.

10. Bisa Kuliah Di Luar Negeri

Tidak hanya melanjutkan S2 di dalam negeri, Kamu juga bisa melanjutkan S2 di luar negeri.

Demikian ulasan tentang 10 alasan memilih kampus umum. Semoga bermanfaat.