Kelebihan Kampus Umum

Image: canva.com

10 Kelebihan Kampus Umum Yang Bisa Kamu Dapatkan Saat Kuliah

Kampus umum masih menjadi primadona. Mayoritas calon mahasiswa baru memilih masuk ke kampus umum favorit dengan akreditasi terbaik. Jika dibandingkan dengan kampus Islam, kampus umum memang lebih unggul. Berikut ini 10 kelebihan kampus umum dibandingkan kampus Islam, yaitu :

1. Pilihan Jurusan Yang Lebih Beragam

Kampus umum memiliki pilihan jurusan atau program studi yang lebih beragam, mulai dari jurusan bidang ilmu sosial, saintek, keguruan, kesenian, hingga jurusan keolahragaan hampir semuanya ada di kampus umum.

2. Memiliki Akreditasi Yang Lebih Baik

Soal akreditasi, kampus umum hampir bisa dikatakan jauh lebih unggul daripada kampus Islam. Peringkat 10 besar kampus terbaik di Indonesia hampir semuanya diisi oleh kampus-kampus umum.

Baca Juga:  10 Pertimbangan Memilih Kampus Umum Atau Kampus Islam Saat Kuliah

3. Banyak Kampus Favorit

Kalau berbicara soal kampus favorit, seringkali yang disebut adalah kampus umum, baik itu perguruan tinggi negeri maupun swasta. Karena menjadi kampus favorit, Kamu akan memiliki banyak saingan untuk memperebutkan satu kursi menjadi mahasiswa di kampus tersebut.

4. Prospek Kerja Lebih Banyak

Masih berkaitan dengan dua poin sebelumnya, Kamu yang menjadi lulusan dari kampus umum favorit dengan akreditasi baik akan banyak diincar oleh perusahaan besar. Hal ini dikarenakan banyak perusahaan yang mencantumkan kredibilitas kampus sebagai syaratnya.

5. Tersebar Di Seluruh Pelosok Negeri

Kelebihan kampus umum yang berikutnya adalah kampus ini tersebar di seluruh pelosok negeri. Kamu bisa menemukannya dengan mudah di kota-kota kecil hingga kota-kota besar.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Kampus Umum Dibandingkan Kampus Islam

6. Bidang Ilmu Yang Dipelajari Lebih Luas

Dengan masuk ke kampus umum, bidang ilmu yang Kamu pelajari lebih luas. Misalnya, kampus Islam hanya mempelajari ekonomi syariah, Kamu akan mempelajari ekonomi secara luas, termasuk juga ekonomi syariah.

7. Lebih Banyak Beasiswa

Ada lebih banyak beasiswa yang ditawarkan oleh kampus umum. Beasiswa ini tidak hanya yang berasal dari pemerintah, namun juga berasal dari swasta, organisasi, perusahaan, hingga ikatan alumni.

8. Memiliki Teman Pergaulan Dari Bermacam Latar Belakang

Kamu juga akan memiliki teman yang berasal dari berbagai macam latar belakang, baik suku, ras, maupun agama. Jadi, Kamu akan memiliki teman yang beragam.

9. Belajar Toleransi

Baca Juga:  10 Tips Memilih Kampus Umum Yang Perlu Diperhatikan

Karena Kamu memiliki teman dengan latar belakang yang berbeda, secara otomatis Kamu akan belajar toleransi secara langsung di lapangan. Kamu juga akan lebih menghargai perbedaan.

10. Tidak Ada Aturan Khusus Mengenai Tata Cara Berpakaian

Kelebihan kampus umum yang terakhir adalah tidak ada aturan khusus mengenai tata cara berpakaian. Kamu tidak diwajibkan memakai kerudung atau jilbab. Selama pakaian Kamu sopan, Kamu bisa mengenakannya untuk pergi ke kampus.

Nah, itulah 10 kelebihan kampus umum dibandingkan dengan kampus Islam. Tidak perlu terburu-buru dalam memilih. Pikirkan dengan matang sebelum Kamu memutuskan ingin masuk ke kampus mana. Pastikan pilihanmu adalah yang terbaik dari yang terbaik.