Perbedaan Jurusan Pendidikan Matematika Dan Matematika Murni

Image: canva.com

Perbedaan Jurusan Pendidikan Matematika Dan Matematika Murni

Masih banyak anak yang enggan masuk jurusan berbau rumus dan angka karena khawatir tidak bisa memahami materi dengan baik. Padahal semua aspek kehidupan membutuhkan ilmu Matematika, lho! Kalau Kamu suka dengan materi penghitungan, wajib memilih jurusan yang berkaitan dengan Matematika baik terapan atau murni. Kamu yang ingin menjadi tenaga pendidik, bisa memilih jurusan Pendidikan Matematika. Ketahui 5 perbedaan jurusan Pendidikan Matematika dan Matematika Murni agar Kamu bisa memilih jurusan yang tepat.

Mengenal jurusan Pendidikan Matematika

Di kampus tingkat kabupaten atau daerah, Kamu bisa menemukan jurusan Pendidikan Matematika dengan mudah. Berikut 5 hal tentang Pendidikan Matematika yang wajib Kamu ketahui lebih dulu yaitu :

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Matematika Untuk Jenjang S1

1. Ruang Lingkup

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan membawahi jurusan Pendidikan Matematika yang cocok untuk Kamu dengan kurikulum pengajaran.

2. Mata Kuliah

Tentu Kamu akan belajar tentang mata kuliah Matematika seperti aljabar, geometri, kalkulus, statistika, dan lain-lain. Kamu juga belajar bidang ilmu lain termasuk materi tentang pengajaran seperti profesi keguruan, kode etik guru dan sebagainya.

3. Gelar

Setelah sukses menempuh Strata Satu, Kamu akan mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan Matematika atau S.Pd, ya!

4. Peluang Kerja

Potensi kerja lulusan Pendidikan Matematika adalah guru, dosen atau ahli Matematika. Kamu bisa mendapatkan gaji yang sesuai dengan standar seorang pendidik di Indonesia.

Baca Juga:  Suka Matematika Masuk Jurusan Apa? Berikut Ada 10 Pilihan Jurusannya

5. Karakter Siswa Yang Sesuai Jurusan

Sebaiknya lulusan IPA memilih jurusan Pendidikan Matematika untuk mencetak calon guru profesional. Karakter siswa yang dibutuhkan adalah teliti, rasional, independen, punya keterampilan komunikasi, kreatif, dan lain-lain. Lulusan pendidikan wajib memiliki tingkat kreativitas dalam mengajar murid kelak.

Mengenal Jurusan Matematika Murni

Kalau Kamu ingin mempelajari ilmu Matematika lebih spesifik termasuk aplikasi dalam kehidupan nyata, pertimbangkan perbedaan Pendidikan Matematika dan Matematika Murni. Berikut hal seputar Matematika Murni yang wajib Kamu ketahui yaitu :

1. Ruang Lingkup

Jurusan Matematika Murni masuk dalam Fakultas MIPA di universitas bukan sejenis STKIP.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Matematika Dan Gajinya

2. Peminatan

Cocok untuk lulusan yang ingin berkarir di industri yang membutuhkan pengolahan data secara profesional. Biasanya jurusan Matematika Murni hanya menerima lulusan dengan peminatan IPA saja. Pasalnya, mata kuliah yang dipelajari jauh lebih rumit dibandingkan Pendidikan Matematika.

3. Gelar

Lulusan S1 Matematika Murni akan mendapatkan gelar Sarjana Sains atau S.Si, ya!

4. Peluang Kerja

Lulusan Matematika Murni memiliki prospek kerja yang cukup luas dengan gaji paling kompetitif. Kamu bisa bekerja di perusahaan ternama, lembaga survei, badan statistik, dan masih banyak sektor lain.

Baca Juga:  10 Jurusan Kuliah Yang Tidak Ada Matematika Yang Bisa Kamu Pilih

5. Lebih Rumit Dan Fleksibel

Perbedaan mencolok anak Matematika Murni dengan Pendidikan Matematika adalah ilmu yang dipelajari. Anak Matematika Murni benar-benar harus berkutat dengan rumus dan angka yang rumit. Namun, prospek karir memang lebih fleksibel termasuk bisa menjadi seorang guru atau tenaga pendidik asal menempuh profesi keguruan.

Dari ringkasan mengenai perbedaan jurusan Pendidikan Matematika dan Matematika Murni, tentukan pilihan jurusan kuliah sesuai dengan keinginan Kamu.