Perbedaan Jurusan Biologi Dan Pendidikan Biologi

Image: canva.com

10 Perbedaan Jurusan Biologi Dan Pendidikan Biologi

Biologi merupakan ilmu pengetahuan alam yang mempelajari aspek kehidupan yaitu manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroba. Ada banyak cabang ilmu Biologi yang bisa Kamu pelajari di bangku kuliah. Kamu yang memilih peminatan IPA di bangku SMA, wajib mempertimbangkan jurusan Biologi. Namun, sudahkah Kamu tahu mengenai perbedaan jurusan Biologi dan Pendidikan Biologi?

5 Hal Tentang Jurusan Biologi

Buat Kamu yang tertarik mempelajari ilmu makhluk hidup secara keseluruhan, sebaiknya Kamu tahu tentang jurusan Biologi murni yang terkenal rumit. Perbedaan jurusan Biologi dengan Pendidikan Biologi bisa menjadi dasar keputusan Kamu dalam memilih jurusan kuliah. Yuk, simak ulasan singkat tentang jurusan Biologi!

1. Mata Kuliah Pokok

Jurusan Biologi lebih rumit sebab Kamu akan mendapatkan mata kuliah tentang hewan, tumbuhan, ekologi, genetika, mikrobiologi, dan lain-lain. Kamu harus siap dengan tugas dan praktikum yang padat.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Biologi Untuk Jenjang S1

2. Ruang Lingkup

Jurusan Biologi berada di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, namun ada pula kampus yang menjadikan cabang ilmu ini sebagai Fakultas Biologi.

3. Gelar

Setelah lulus kuliah, seorang sarjana jurusan Biologi akan mendapatkan gelar S.Si atau Sarjana Sains.

4. Peluang Kerja

Lulusan Biologi murni memiliki kesempatan kerja yang lebih beragam dibandingkan Pendidikan Biologi antara lain peneliti, penulis, pekerja laboratorium, dan lain-lain.

5. KKN

Mahasiswa jurusan Biologi wajib mengikuti Kuliah Kerja Nyata atau KKN di tempat yang rekomended. Pihak kampus bisa bekerja sama dengan tempat yang bisa memberikan tahapan belajar untuk calon sarjana Biologi murni, misalnya Balai Perbenihan Tanaman Hutan. Anak-anak Biologi murni lekat dengan eksperimen yang menghasilkan riset terbaik.

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Biologi Untuk Jenjang S1

5 Hal Tentang Jurusan Pendidikan Biologi

Selain Biologi murni, Kamu juga wajib tahu tentang jurusan Pendidikan Biologi. Perbedaan Pendidikan Biologi dengan jurusan Biologi murni yaitu :

1. Mata Kuliah Pokok

Fokus pada pendidikan membuat mata kuliah pokok Pendidikan Biologi fokus pada pengajaran. Mata kuliah Biologi diajarkan tidak serumit jurusan Biologi murni, namun Kamu akan lebih fokus belajar pada kurikulum pembelajaran.

2. Ruang Lingkup

Jurusan Pendidikan Biologi masuk ke Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan urusan tugas akhir yang fokus pada sisi pendidikan.

3. Gelar

Lulusan Pendidikan Biologi akan mendapatkan gelar Sarjana Pendidikan atau S.pd, lho!

4. Peluang Kerja

Jurusan Pendidikan Biologi bertujuan mencetak tenaga pendidik profesional sehingga peluang kerja sebagai guru atau dosen cukup besar. Tetapi Kamu juga memiliki peluang bekerja di sektor lain yang berkaitan dengan ilmu Biologi.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Biologi Dan Gajinya

5. PKL

Jika anak Biologi murni lekat dengan eksperimen, anak Pendidikan Biologi lebih fokus di dunia pendidikan. Mereka akan melakukan PKL atau Praktik Kerja Lapangan sebagai guru magang di sekolah atau lembaga pendidikan tertentu.

Buat Kamu yang hendak melanjutkan kuliah, sebaiknya Kamu mempertimbangkan perbedaan jurusan Biologi dan Pendidikan Biologi, ya!