Peluang Atau Prospek Kerja Biologi

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja Biologi Dan Gajinya

Jurusan Biologi salah satu dalam fakultas MIPA yang banyak diminati banyak kalangan. Kampus di Indonesia umumnya memiliki dua jenis jurusan Biologi yaitu Biologi murni dan Pendidikan Biologi. Jadi, Kamu bisa mulai menentukan mana prospek kerja Biologi yang paling menjanjikan. Yuk, simak ulasan lengkap berikut ini!

1. Guru

Lulusan sarjana Biologi bisa memilih karir sebagai seorang guru di SMP atau SMA. Kamu bisa memulai langkah menjadi guru honorer atau lembaga bimbingan belajar. Kalau Kamu mengikuti tes CPNS dan berhasil, gaji pokok dan tunjangan bernilai jutaan menunggumu lho!

2. Dosen

Ingin mengembangkan karir dan menimba ilmu lebih luas lagi? Kamu bisa memilih karir sebagai dosen. Menjadi dosen di Perguruan Tinggi bisa menjadi pilihan masa depanmu nanti. Tentu Kamu butuh melanjutkan pendidikan hingga jenjang S2 atau S3 sebab dosen dituntut memiliki wawasan yang luas. Tak heran kalau gaji, tunjangan dan insentif sangat menggiurkan.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Biologi Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

3. Penulis

Kalau Kamu suka menulis, bisa memilih karir sebagai penulis artikel lepas atau jurnal ilmiah. Kamu bisa mengisi kolom tulisan di majalah sains atau penulis konten di berbagai website. Semakin bermutu hasil tulisan, Kamu berpeluang mendapatkan penghasilan hingga jutaan rupiah.

4. Wirausaha

Tidak semua lulusan Biologi bakal menjadi orang yang berkutat dengan medis atau penelitian. Kamu bisa mengubah pandangan tersebut dengan menjadi seorang wirausaha. Tentu Kamu tetap bisa memanfaatkan ilmu yang didapat selama di bangku sekolah misalnya budidaya jamur, budidaya tanaman dan lain-lain. Omset jutaan hingga puluhan juta tentu bisa Kamu dapatkan tanpa harus bekerja pada orang lain.

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Kuliah Biologi Untuk Jenjang S1

5. Konsultan

Prospek kerja Biologi juga bisa menjadi seorang konsultan baik full time atau freelance. Bayaran yang diberikan tentu sesuai kesepakatan dengan klien yang menggunakan jasa Kamu.

6. Ilmuwan

Kamu bisa menjadi seorang ilmuwan yang bekerja di lembaga milik negara atau perusahaan swasta. Gaji yang dibayarkan pada seorang ilmuwan sangat besar tergantung dengan tugas yang diemban. Lulusan Biologi bisa menjadi ilmuwan baik bekerja di laboratorium atau lapangan.

7. Ilmuwan Medis

Lulusan Biologi juga bisa menapaki karir di bidang pekerjaan medis khususnya analisis kesehatan atau biomedis. Kamu juga bisa menjadi ilmuwan ahli serangga, mamalia atau burung yang digunakan untuk pemetaan penyakit yang berasal dari hewan.

8. Ilmuwan Internasional

Prospek kerja Biologi bisa semakin cemerlang untuk Kamu yang ingin melebarkan sayap ke kancah internasional. Kamu bisa berkesempatan menerbitkan sebuah jurnal ilmiah berdasarkan riset mendalam. Jika ingin menjadi ilmuwan internasional bisa dimulai dengan mengikuti program pertukaran pelajar, aktif menjadi mahasiswa dan lain-lain. Siapa tahu Kamu bakal menjadi ilmuwan taraf internasional yang fenomenal.

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Kuliah Biologi Untuk Jenjang S1

9. Analisis Laboratorium

Kemampuan analisis laboratorium bisa berpeluang kerja di BPOM, laboratorium analisis kesehatan, laboratorium uji bahan dan masih banyak lembaga lain. Gaji yang ditawarkan untuk analisis laboratorium bisa mencapai nominal dua digit.

10. Teknisi Laboratorium

Tugas seorang teknisi laboratorium adalah menyiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan dalam pekerjaan di institusi pendidikan tinggi atau sekolah. Laboran bertugas mengecek alat-alat laboratorium secara berkala.

Nah, sudahkah Kamu menentukan jurusan FMIPA yang sesuai dengan passion? Prospek kerja Biologi bisa menjadi acuan Kamu untuk berprestasi di jurusan satu ini ya!




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *