Mata Kuliah Biologi

Image: canva.com

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Biologi Untuk Jenjang S1

Buat Kamu yang suka ilmu Biologi di jenjang pendidikan SMP dan SMA, bisa mempertimbangkan masuk jurusan Biologi di universitas kelak. Jurusan Biologi merupakan cabang ilmu yang membutuhkan daya ingat tajam, suka penelitian dan memiliki minat tinggi pada struktur kehidupan atau lingkungan. Kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah Biologi yang mencakup banyak hal antara lain:

1. Biologi Dasar

Konsep dasar Biologi yang mungkin sudah Kamu pelajari di jenjang pendidikan SMA sebagai dasar untuk mempelajari semua mata kuliah di jurusan FMIPA ini. Biologi dasar diajarkan sejak semester awal Kamu masuk kelas.

Baca Juga:  10 Jurusan Yang Berhubungan Dengan Biologi Sebagai Referensi

2. Kimia

Saat Kamu masuk jurusan Biologi, mata kuliah Kimia tidak lepas dalam pembelajaran, lho! Begitu pula dengan jurusan Kimia yang tetap memasukkan ilmu Biologi dalam materi kuliah. Semua ilmu sains saling berkaitan, bukan?

3. Fisika

Di jurusan Biologi, Kamu akan tetap mempelajari ilmu Fisika yang erat berkaitan dengan materi lanjutan. Jadi, kalau Kamu berpikir hanya akan mempelajari Biologi yang lekat dengan teori hafalan, salah kaprah ya! Dalam jenjang S1 Biologi, Kamu akan mempelajari banyak ilmu dasar dan spesifik sebagai bekal lulus dari jurusan Biologi.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Biologi Dan Gajinya

4. Biostatistika

Ada cabang ilmu statistika yang berkaitan dengan dunia biologi dan kedokteran yang akan Kamu pelajari. Segala permasalahan dalam biologi dan kedokteran akan dipecahkan menggunakan metode statistika.

5. Biokimia

Cabang ilmu Biologi yang mempelajari molekul atau reaksi kimia dikatalisis oleh enzim dalam semua makhluk hidup.

6. Biologi Sel

Biologi sel merupakan mata kuliah Kimia yang memberikan wawasan mengenai segala sesuatu tentang sel antara lain sifat fisiologis sel, lingkungan dan antaraksi sel, pembelahan sel, dan lain-lain.

7. Genetika

Kamu suka mempelajari struktur pewarisan sifat organisme dan suborganisme, wajib masuk jurusan Biologi. Mata kuliah Biologi akan memberikan kesempatan Kamu belajar mengenai gen dan segala aspek tentangnya.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Biologi Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

8. Ekologi

Saat mempelajari mata kuliah Biologi satu ini, Kamu mungkin akan sering terjun langsung ke lapangan. Pengamatan ekosistem di hutan langsung atau inventarisasi spesies di tempat tertentu.

9. Fisiologi

Mata kuliah Fisiologi memberikan pengetahuan dan wawasan seputar fungsi dan cara kerja organ dalam tubuh manusia.

10. Mikrobiologi

Pada semester lanjut, Kamu akan mempelajari mata kuliah Mikrobiologi atau kajian mengenai makhluk hidup berukuran kecil. Jangan heran kalau Kamu bakal sering praktikum saat belajar Mikrobiologi.

Ada banyak mata kuliah Biologi yang lebih spesifik akan Kamu pelajari setelah memasuki semester lanjut. Lulusan Biologi diharapkan bisa menerapkan ilmu dan praktik lapangan setelah lulus dari bangku perkuliahan. Prospek lulusan Biologi sangat banyak antara lain tenaga pengajar, peneliti, departemen kesehatan, pertanian, peternakan, industri, dan masih banyak prospek pekerjaan lain. Nah, apakah Kamu tertarik masuk ke jurusan Biologi murni?



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *