Peluang Atau Prospek Kerja Teknologi Pangan

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja Teknologi Pangan Dan Gajinya

Bagi Kamu yang sedang duduk di kelas 3 sekolah menengah atas pastinya masing-masing memiliki keinginan dan pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah, bukan? Bidang teknologi pangan menjadi satu yang mungkin tidak banyak dikenal secara umum. Padahal peluang atau prospek kerja teknologi pangan cukup menjanjikan dengan gaji yang bisa dikatakan di memenuhi standar, bahkan di atasnya. Yuk, simak apa saja peluang kerja bagi para lulusan jurusan teknologi pangan berikut ini!

1. Pengendalian Mutu

Pertama, menjadi bagian dari pengendalian mutu atau disebut pula dengan quality control. Apa yang harus dikerjakan? Kamu akan turun tangan dalam proses produksi pangan yang meliputi pengolahan makanan, hingga pengemasannya. Gajinya sekitar 3 hingga 6 juta.

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Teknologi Pangan Untuk Jenjang S1

2. Ahli Pangan

Saat lulus Kamu pun bisa menjadi ahli pangan atau konsultan pangan yang bertugas membantu perusahaan dan industri memenuhi kebutuhannya dalam menghadirkan produk makanan minuman. Besar gaji sekitar 4 hingga 10 juta.

3. Produksi Pangan Pada Industri

Peluang atau prospek kerja teknologi pangan berikutnya adalah bidang produksi pangan pada industri-industri. Bahkan bukan hanya industri makanan atau minuman, tetapi jenis industri lainnya yang berhubungan dengan produk konsumtif.

4. Bekerja Di Supermarket

Supermarket yang menjual produk-produk pangan pun biasanya membutuhkan bantuan dari para lulusan jurusan ini untuk memastikan produk-produk yang mereka jual dapat dijual secara optimal.

5. Teknologi Fermentasi

Kemudian lowongan kerja bagi lulusan juga bisa berhubungan dengan teknologi fermentasi yang menjadi satu bagian proses produksi makanan atau minuman.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Teknologi Pangan Untuk Jenjang S1

6. Bekerja Di Bidang Farmasi

Selain itu Kamu pun bisa bekerja di bidang farmasi atau obat-obatan. Hal ini karena masih berhubungan dengan proses produksi atau pun pengemasan produk konsumsi masyarakat. Gajinya sekitar 3 hingga 6 juta.

7. Pembangunan Industri Pangan

Bukan hanya proses produksi produknya saja, tetapi dibutuhkan pula untuk pembangunan sebuah industri pangan.

8. Distribusi Produk Pangan

Dalam pembelajaran di jurusan ini pun sudah dikenalkan segala proses yang berhubungan dengan teknologi pangan. Termasuk dalam hal proses distribusi produk.

9. Menjadi Wirausaha

Prospek lainnya ialah Kamu bisa membangun bisnis atau industri dengan skala apa pun sendiri. Kamu bisa menjadi seorang wirausaha di bidang pangan atau kuliner.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Teknologi Pangan Bagi Yang Bingung

10. Menjadi PNS

Selanjutnya, prospek kerja yang banyak juga diincar para lulusan ialah menjadi pegawai negeri sipil atau PNS. Setiap tahunnya selalu ada lowongan terbuka dari pemerintah untuk lulusan teknologi pangan. Gajinya berkisar 2 hingga 4 juta.

Pada dasarnya dalam peluang atau prospek kerja teknologi pangan ini bisa mencakup banyak bidang lainnya yang berhubungan dengan berbagai produk yang dikonsumsi masyarakat, pengemasan produk, hingga sistem dan proses distribusi produk pangan. Dengan mempelajari bidang ini, maka membuka peluang karirmu di sama depan. Semoga dengan adanya informasi ini bisa bermanfaat bagi Kamu yang sedang bimbang memilih jurusan kuliah.