Mata Kuliah Teknologi Pangan

Image: canva.com

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Teknologi Pangan Untuk Jenjang S1

Semakin bertambah banyak dan semakin berkembangnya industri pangan membuat lulusan jurusan teknologi pangan memiliki peluang lebih besar, serta luas, atau bisa dikatakan cukup baik dalam hal prospek kerja. Mata Kuliah Teknologi Pangan sendiri tidak hanya seputar proses produksi saja, tetapi lebih dari itu. Yuk, kita bahas bersama apa saja mata kuliah dasar pada jurusan satu ini.

Sebenarnya sangat banyak mata kuliah dasar yang menarik untuk kita bahas, beberapa diantaranya berupa:

1. Pangan Dan Gizi

Produk makanan dan minuman yang kita konsumsi tentunya berhubungan dengan kandungan gizi. Mata kuliah pangan dan gizi akan Kamu dapatkan untuk lebih memahami berbagai kandungan, juga bahan dalam produk pangan, disertai kandungan gizi dan nutrisinya.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Teknologi Pangan Untuk Jenjang S1

2. Rekayasa Proses Pangan

Setiap proses produksi pun tidak berjalan begitu saja. Kamu pun harus memahami beragam proses pangan melalui mata kuliah ini.

3. Teknologi Fermentasi

Sebagian makanan atau pun minuman diproduksi melalui proses fermentasi, hingga menghasilkan satu produk khusus yang memenuhi standar. Untuk itu, mata kuliah yang harus dipelajari ialah teknologi fermentasi.

4. Kimia Dan Biokimia Pangan

Berikutnya ada mata kuliah teknologi pangan ialah kimia dan biokimia pangan. Pastinya berbagai bahan yang diolah membutuhkan proses kimia, sehingga Kamu pun harus memahami biokimia pangan sebagai ilmu pengetahuan dasar.

5. Mikrobiologi Dan Keamanan Pangan

Mata kuliah mikrobiologi dan keamanan pangan pun akan ikut serta menjadi mata kuliah menarik yang harus Kamu kuasai. Mempelajari bagaimana keberadaan mikroba pada pangan mampu menjadi bagian dari memenuhi standar produk pangan. Seperti menghindari adanya racun dalam produk, sehingga aman untuk dikonsumsi.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Teknologi Pangan Bagi Yang Bingung

6. Mikrobiologi Pangan Dan Enzimologi

Begitupun dengan bidang mikrobiologi pangan dan enzimologi yang mempelajari senyawa enzim dan prosesnya. Enzim sendiri berperan penting dalam berbagai proses pengolahan pangan.

7. Manajemen Industri Pangan

Menguasai bidang dan dunia manajemen industri pangan diwajibkan untuk lebih mengerti bagaimana dunia industri pangan bisa berdiri, serta bisa berjalan. Industri pangan ini bukan sekadar proses produksi produk makanan atau minuman saja, tetapi lebih dari itu. Termasuk pengemasan, sampai proses distribusinya.

8. Pengemasan Pangan

Mata kuliah lainnya yaitu pengemasan pangan yang tidak kalah penting untuk dikuasai. Setiap produk pangan membutuhkan pengemasan yang memenuhi standar agar produk bisa didistribusikan dengan baik. Kemudian nantinya sampai dengan selamat sesuai yang seharusnya.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Teknologi Pangan Dan Gajinya

Banyak sekali mata kuliah lainnya yang sama-sama menarik untuk dipelajari. Sebagai ahli di bidang teknologi pangan dan berharap saat lulus nanti Kamu bisa menggunakan ilmu sudah didapat selama kuliah secara maksimal, semua mata kuliah teknologi pangan di atas harus dikuasai semua bagian-bagiannya. Semoga informasi kali ini bermanfaat buat Kamu ya. Siapa tau bisa menambah keyakinan untuk masuk jurusan ini.