Alasan Memilih Jurusan Teknologi Pangan

Image: canva.com

10 Alasan Memilih Jurusan Teknologi Pangan Bagi Yang Bingung

Kamu sangat menyukai pelajaran kimia dan matematika? Banyak sekali jurusan yang sangat mengandalkan keahlian di kedua mata pelajaran tersebut, salah satunya teknologi pangan. Mungkin ada dari Kamu yang sudah pernah dengar, tapi masih bingung apa saja alasan memilih jurusan teknologi pangan sebagai bidang yang menjanjikan untuk ditekuni di saat kuliah nanti. Selain dari besar gaji, prospek dan peluang kerja di bidang teknologi pangan memang cukup menarik lho.

Berikut sepuluh alasan kenapa memilih teknologi pangan akan mendatangkan banyak keuntungan buatmu.

1. Bidang Yang Tidak Terlalu Umum

Sekilas, bidang teknologi pangan terdengar biasa saja dan dalam berbagai industri membutuhkan jasa para ahli bidang ini, tetapi tidak banyak yang menekuninya. Bisa dikatangan, teknologi pangan merupakan satu bidang yang tidak terlalu umum.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Teknologi Pangan Dan Gajinya

2. Kebutuhan Tenaga Kerja Terus Meningkat

Bagaimanapun, daya konsumsi masyarakat terus meningkat, bukan? Ini yang membuat kebutuhan akan tenaga kerja pada bidang ini ikut terus meningkat.

3. Mendukung Hidup Lebih Sehat

Para tenaga kerja yang menjadi bagian teknologi pangan ikut mendukung hidup lebih sehat. Mereka bertugas memastikan produk-produk pangan memenuhi standar yang seharusnya.

4. Peluang Kerja Luas

Tidak hanya soal produksi makanan atau minuman, peluang kerja bagi lulusan jurusan satu ini pun tergolong luas. Bahkan bisa mencakup bidang lain yang tidak berhubungan dengan pangan.

5. Gaji Yang Menjanjikan

Menjadi bidang yang tidak terlalu umum, alasan memilih jurusan teknologi pangan berhubungan dengan besar gaji yang rata-rata menjanjikan. Karena keahlian para pekerjanya yang sangat dibutuhkan perusahaan atau industri.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Teknologi Pangan Untuk Jenjang S1

6. Semakin Bertambahnya Industri Pangan

Prospek kerja termasuk baik karena seiring berjalannya waktu, industri pangan tampak terus bertambah dan berkembang.

7. Lulusan Teknologi Pangan Banyak Dicari Perusahaan Besar

Kebutuhan akan tenaga kerja di bidang teknologi pangan ini pun kebanyakan berhubungan dengan perusahaan-perusahaan besar yang sangat peduli kualitas produk mereka.

8. Industri Kuliner Yang Terus Berkembang

Alasan lainnya ialah perkembangan pada industri kuliner, baik di Indonesia, maupun dunia.

9. Bisa Meneruskan Studi Ke Luar Negeri

Menariknya, Kamu bisa meneruskan studi ke luar negeri yang mana mereka lebih banyak menyediakan peluang dan kesempatan baik bagi para mahasiswa jurusan teknologi pangan.

10. Menguasai Standar Mutu Pangan Banyak Manfaatnya

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Teknologi Pangan Untuk Jenjang S1

Terakhir, sangat banyak manfaat ketika Kamu lebih menguasai standar dari mutu pangan. Mulai dari proses produksi, hingga distribusi produk. Seperti saat Kamu ingin membangun usaha atau bisnis kulinermu sendiri.

Masih banyak alasan memilih jurusan teknologi pangan sebagai pilihan di saat kuliah berupa terbukanya lowongan kerja dari pemerintah atau prospek kerja menjadi pegawai negeri sipil yang secara umum banyak diminati dan diincar para lulusan. Semoga informasi kali ini bermanfaat buat Kamu ya sebagai referensi.