Peluang Atau Prospek Kerja MIPA

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja MIPA Dan Gajinya

Lulusan SMA IPA memiliki kesempatan untuk memilih jurusan di rumpun SAINTEK dibandingkan anak IPS. Namun, tak sedikit anak IPA yang memilih rumpun SOSHUM yang didominasi lulusan IPS. Memilih jurusan kuliah memang perlu perbandingan matang terkait bakat, minat, biaya, dan peluang setelah lulus kuliah. Salah satu jurusan yang bisa dipertimbangkan anak IPA adalah MIPA atau Matematika, Biologi, Fisika, dan Kimia. Ini peluang atau prospek kerja MIPA dan gajinya!

Buat Kamu yang suka dengan ilmu Matematika dan IPA di bangku SMA, bisa memilih jurusan yang berkaitan dengan peminatan tersebut. Tenang saja, peluang lulusan FMIPA masih cukup tinggi di Indonesia antara lain :

Baca Juga:  10 Jurusan MIPA Yang Menjanjikan Bisa Jadi Pilihan

1. Dosen

Mempelajari MIPA murni memberikan kesempatan untuk Kamu yang ingin bekerja sebagai dosen. Bayaran dosen bisa mencapai jutaan rupiah tergantung dengan kebijakan kampus. Dosen memiliki jam kerja yang fleksibel sehingga cocok untuk Kamu yang ingin bekerja berdasarkan jam kerja saja.

2. Peneliti

Berapa gaji seorang peneliti yang melakukan pengamatan atau observasi? Jika Kamu bekerja sebagai peneliti di perusahaan swasta, gaji yang dibayarkan bisa mencapai angka 5 juta keatas. Kamu bisa menjabat di bagian Quality Control, mikrobiologis, pekerja konservasi alam, dan lain-lain.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan MIPA Sebagai Pilihan Saat Kuliah

3. Pegawai Perbankan

Tidak hanya lulusan Ekonomi saja yang bisa bekerja di bank, Kamu juga bisa bekerja di sektor yang sama. Bank membutuhkan tenaga kerja yang mahir hitung-hitungan sehingga Kamu yang mahir Matematika bisa mencoba profesi ini. Gaji pegawai perbankan diatas UMR tergantung dengan jabatan yang Kamu pegang.

4. ASN Di Lembaga Negara

Lulusan MIPA memiliki prospek menjadi ASN yang bekerja di BATAN, LIPI, LAPAN, BMKG, dan lain-lain. Gaji pokok ASN golongan III untuk lulusan S1 hingga S3 MIPA berkisar 2,5-4,7 juta rupiah diluar insentif dan tunjangan lain.

Baca Juga:  10 Jurusan MIPA Yang Menjanjikan Bisa Jadi Pilihan

5. Industri Kesehatan Dan Farmasi

Pekerja sektor industri kesehatan dan farmasi memiliki peluang yang cukup besar. Kamu bisa menjadi konsultan atau peneliti di perusahaan alat kesehatan, obat-obatan, makanan, kosmetik, dan lain-lain. Gaji jutaan rupiah hingga belasan juta tergantung dengan kebijakan perusahaan yang menjadi tempatmu bekerja.

6. Astronom

Kamu punya kesempatan berkarir sebagai Astronomi dengan mengambil jurusan MIPA khususnya ilmu Astronomi. Astronom bisa bekerja di Planetarium atau lembaga penelitian lain dengan tawaran gaji mulai 4-33 juta rupiah.

7. Game Developer

Kemampuan Matematika yang Kamu miliki bisa menjadi bekal untuk menciptakan game sendiri. Menjadi game developer menawarkan potensi bayaran yang fantastis seiring perkembangan mobile gaming dewasa ini.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan MIPA Sebagai Pilihan Saat Kuliah

8. Programmer

Gaji seorang programmer yang ahli Matematika dan Fisika bisa mencapai jutaan hingga dua digit.

9. Penulis

Peluang atau prospek kerja MIPA adalah profesi penulis yang menerbitkan jurnal ilmiah, karya atau buku. Anak MIPA memiliki sikap tekun, suka mengamati, memecahkan masalah, riset, teliti, kritis, dan lain-lain menjadi bekal utama pekerjaan ini.

Gaji penulis bisa dibayarkan dalam bentuk royalti. Penulis terkenal memiliki kesempatan untuk mengembangkan karir sebagai pembicara atau pengisi seminar, pelatihan, bedah buku, dan lain-lain.

10. Wirausaha

Lulusan MIPA, mau jadi apa? Kamu bisa menjadi pengusaha dengan kemampuan yang dimiliki. Percayalah, ilmu Matematika, Fisika, Biologi, dan Kimia yang Kamu pelajari bisa dikembangkan untuk menciptakan ide bisnis luar biasa. Membuka usaha bimbingan belajar, menciptakan platform belajar digital, menerapkan riset di bisnis pertanian, peternakan, perkebunan, kenapa tidak?

Baca Juga:  10 Jurusan MIPA Yang Menjanjikan Bisa Jadi Pilihan

Peluang atau prospek kerja MIPA sangat besar tergantung dengan jurusan yang Kamu pilih. Mau belajar di jurusan ilmu murni atau pengembangan MIPA dan teknologi modern, kenapa tidak?