Alasan Memilih Jurusan MIPA

Image: canva.com

10 Alasan Memilih Jurusan MIPA Sebagai Pilihan Saat Kuliah

Fakultas MIPA menjadi salah satu fakultas yang ada di perguruan tinggi. Fakultas ini memiliki program studi yang cukup banyak, mulai dari prodi biologi, fisika, kimia, dan matematika murni, hingga statistika, ilmu komputer, dan ilmu terapan MIPA lainnya. Jurusan MIPA ini bisa Kamu pertimbangkan sebagai jurusan kuliah Kamu nantinya. Kalau masih belum yakin untuk memilih jurusan ini, berikut ini ada 10 alasan memilih jurusan MIPA sebagai jurusan saat kuliah.

1. Prospek Kerja Yang Menjanjikan

Alasan yang pertama, prospek kerja lulusan dari jurusan ini cukup menjanjikan. Banyak yang beranggapan lulusan dari jurusan MIPA memiliki prospek kerja yang tidak luas. Padahal, jika Kamu mau mengenal lebih dalam, prospek kerja jurusan ini sangat luas dan lulusannya dibutuhkan di berbagai industri atau perusahaan.

Baca Juga:  10 Jurusan MIPA Yang Menjanjikan Bisa Jadi Pilihan

2. Gaji Yang Relatif Besar

Yang kedua, gaji yang didapatkan lulusan dari jurusan MIPA juga relatif besar. Beberapa bidang pekerjaan MIPA yang menawarkan gaji tinggi seperti pertambangan, IT, telekomunikasi, dan kesehatan.

3. Tidak Hanya Teori, Namun Juga Banyak Praktikum

Yang ketiga, Kamu akan melakukan banyak praktikum di jurusan ini. Jadi, Kamu tidak akan bosan karena hanya belajar di dalam kelas dan mendengarkan materi saja.

4. Jurusan Yang Mengasyikkan

Alasan memilih jurusan MIPA berikutnya karena jurusan ini sebenarnya adalah jurusan yang mengasyikkan. Dari praktikum yang Kamu lakukan, Kamu bisa menemukan banyak hal baru yang keren.

5. Melatih Berpikir Logis

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja MIPA Dan Gajinya

Yang kelima, belajar di jurusan ini akan melatih Kamu berpikir logis. Hal ini berkaitan dengan MIPA sebagai ilmu pasti.

6. Mengasah Kemampuan Berhitung

Yang keenam, Kamu akan mengasah kemampuan berhitung Kamu di jurusan ini. Hal ini dikarenakan semua jurusan MIPA tidak terlepas dari hitung-hitungan matematika yang terbilang rumit.

7. Jurusan MIPA Pangkal Dari Segala Ilmu

Yang ketujuh, jurusan MIPA merupakan pangkal dari segala ilmu, terutama ilmu sains dan teknologi.

8. Masih Ada Waktu Untuk Kegiatan Di Luar Perkuliahan

Alasan memilih jurusan MIPA berikutnya adalah karena Kamu masih punya waktu untuk kegiatan di luar perkuliahan. Kamu masih punya waktu untuk berorganisasi dan mengikuti acara lainnya.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja MIPA Dan Gajinya

9. Sains Dan Teknologi Terus Berkembang

Alasan selanjutnya karena sains dan teknologi terus berkembang. Jadi, masih butuh banyak orang untuk mengembangkan sektor ini.

10. Mencakup Hampir Semua Sektor

Yang terakhir, MIPA mencakup hampir semua sektor. Kamu bisa bekerja di banyak sektor sesuai keinginan dan minat Kamu, mulai dari kesehatan, teknologi, pangan, telekomunikasi, energi, dan sebagainya.

Nah, itulah 10 alasan memilih jurusan MIPA sebagai jurusan kuliah Kamu nantinya. Yang perlu diingat adalah pilihlah jurusan sesuai dengan minat dan kemampuan yang Kamu miliki, bukan karena desakan orang tua atau ikut-ikutan teman. Semoga informasi kali ini bermanfaat buat Kamu ya.