Jurusan MIPA Yang Menjanjikan

Image: canva.com

10 Jurusan MIPA Yang Menjanjikan Bisa Jadi Pilihan

Siapa bilang jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) hanya mentok belajar tentang matematika dan hal-hal berbau eksakta saja? Tidak cuma itu, kok. Ada beragam jurusan MIPA yang menjanjikan dengan peluang kerja besar yang harus Kamu pertimbangkan ketika memilih jurusan kuliah nanti.

Bagi Kamu anak SMA lulusan IPA yang ingin fokus mendalami ilmu eksakta atau saintek, berikut ini rekomendasi pilihan jurusan MIPA terfavorit yang memiliki prospek kerja bagus di masa depan.

1. Pendidikan Matematika Dan IPA

Jurusan pendidikan matematika dan IPA nantinya akan jadi tenaga pengajar? Ya, memang sebagian besar lulusannya akan bergelut pada profesi di dunia pendidikan, menjadi guru sekolah ataupun dosen kampus.

Namun faktanya di lapangan, mahasiswa lulusan program studi Pendidikan Matematik dan IPA bisa punya keterampilan lain, selain mengajar. Misalnya saja menjadi seorang programmer dengan skill mumpuni dalam mengoperasikan logaritma-logaritma rumit.

2. Pendidikan Kedokteran

Selanjutnya adalah jurusan Kedokteran atau Pendidikan Kedokteran. Dari sekian banyak bidang ilmu saintek, jurusan satu ini masih unggul dan populer di kalangan siswa-siswi SMA. Hampir sebagian besar pelajar sekolah mendambakan bisa lulus di jurusan Kedokteran.

Walaupun persaingannya cukup ketat, tetaplah menjadi suatu kebanggaan bagi setiap orang yang berhasil masuk jurusan Kedokteran, apalagi jika mampu mendapatkan beasiswa penuh. Tapi Kamu harus ingat juga, menjalani hari-hari sebagai mahasiswa Kedokteran tidaklah mudah.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan MIPA Sebagai Pilihan Saat Kuliah

3. Farmasi

Selain Kedokteran, jurusan MIPA yang menjanjikan berikutnya sebagai referensi Kamu adalah Farmasi. Peluang kerja Farmasi sampai saat ini sangat terbuka lebar, baik itu di Indonesia maupun di luar negeri. Kebutuhan tenaga ahli farmasi masih banyak sekali dibutuhkan.

Lalu, nantinya akan belajar tentang apa saja di jurusan Farmasi? Ingat ya, jurusan ini tidak melulu bicara soal obat-obatan saja, tapi juga mengajarkan Kamu cara analisis kandungan obat, benda, makanan, kosmetik, dan hal-hal lain berbau medis.

4. Ilmu Gizi

Selama duduk di bangku SMA, Kamu suka pelajaran biologi dan kimia? Kalau iya, bidang studi Ilmu Gizi sangat cocok menjadi pilihanmu saat kuliah. Jurusan Ilmu Gizi berfokus pada materi terkait gizi, kesehatan, pertumbuhan, produktivitas dan kualitas manusia.

Tak hanya itu, sektor pertanian, ekonomi, dan sosial budaya juga disinggung selama proses pembelajaran di kelas. Kamu pun tak perlu khawatir soal prospek kerja jurusan Ilmu Gizi karena peluangnya sangat banyak. Kamu bisa menjadi seorang Ahli Diet dan Nutrisi, Ahli Gizi, Praktisi Keluarga dan Umum.

5. Teknik Sipil

Punya ketertarikan mempelajari teknik perancangan bangunan, itu artinya Teknik Sipil adalah pilihan jurusan kuliah yang tepat untukmu. Materi yang diajarkan memang fokus pada hal-hal seputar pembangunan, mulai dari pembangunan jembatan, jalan, gedung, serta fasilitas umum.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja MIPA Dan Gajinya

Teknik Sipil juga mempelajari teknik renovasi bangunan dan infrastruktur publik lainnya. Adapun prospek kerja di masa depan bagi para lulusannya yaitu bisa menjadi Tenaga Ahli Teknik Sipil dengan tawaran gaji yang tidak main-main.

6. Teknik Arsitektur

Jurusan MIPA yang menjanjikan selanjutnya adalah Teknik Arsitektur. Hampir mirip seperti Teknik Sipil, jurusan Teknik Arsitektur juga akan berkutat pada konstruksi dan perencanaan bangunan dengan mempertimbangkan faktor dan struktur bangunan, estetika, serta lingkungan.

Mengapa Teknik Arsitektur termasuk salah satu jurusan menjanjikan? Tentu saja karena prospek kerjanya di masa depan terbuka lebar. Proyek pembangunan skala besar akan menanti Kamu, mulai dari pihak pemerintahan Indonesia maupun pihak swasta.

7. Teknik Informatika

Tahun 2000-an bisa dibilang era digital. Karena itulah, bidang-bidang studi berkaitan dengan teknologi digital dihadirkan untuk memfasilitasi semua kebutuhan tersebut. Salah satunya, studi Teknik Informatika di bangku kuliah.

Di jurusan ini nantinya Kamu akan belajar bagaimana perkembangan dan analisis berkaitan dengan teknologi informatika, ilmu komputer, jaringan komputer, software, hardware, algoritma, matematika-logika, dan sebagainya.

8. Teknik Pertambangan Dan Perminyakan

Jurusan Teknik Pertambangan dan Perminyakan mungkin masih langka peminatnya. Namun tahukah Kamu, bahwa lapangan pekerjaan di bidang pertambangan dan perminyakan sama-sama menawarkan bayaran gaji tinggi.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan MIPA Sebagai Pilihan Saat Kuliah

Meski begitu, di Indonesia sendiri belum banyak perguruan tinggi atau universitas yang menyediakan jurusan pertambangan dan perminyakan. Sampai hari ini, peluang mempelajari bidang ilmu tersebut paling dominan di Pulau Jawa.

9. Teknik Industri

Masih bersinggungan dengan disiplin ilmu teknik. Kali ini ada Teknik Industri, salah satu jurusan MIPA yang akan sangat dibutuhkan kedepannya. Diprediksi, perusahaan besar di bidang industri akan memerlukan tenaga ahli lulusan Teknik Industri.

Dalam dunia perkuliahan nantinya, Kamu bakal mempelajari bidang matematika, fisika, fisiologi, hingga manajemen. Perancangan, peningkatan, dan pemasangan sistem terintegrasi harus menjadi keahlian mumpuni yang Kamu miliki begitu lulus dari jurusan ini.

10. Kesehatan Masyarakat

Terakhir, ada Kesehatan Masyarakat yang bisa masuk dalam daftar pilihan jurusan kuliah berhubungan dengan MIPA. Sesuai namanya, Kesehatan Masyarakat memiliki tugas penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, penanggulangan kemiskinan, dan pembangunan ekonomi.

Di jurusan ini, Kamu juga akan mengetahui seperti apa seni memelihara dan melindungi kesehatan masyarakat (kesmas) melalui pengorganisasian masyarakat yang lebih kompleks dan meluas.

Nah, itulah rekomendasi pilihan jurusan MIPA yang menjanjikan dengan peluang dan prospek kerja bagus setelah lulus. Semoga artikel ini bermanfaat dan membuka sudut pandang Kamu sebelum mantap mengambil jurusan matematika dan ilmu pengetahuan alam, ya.