Peluang Atau Prospek Kerja Ilmu Ekonomi

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja Ilmu Ekonomi Dan Gajinya

Ilmu ekonomi merupakan salah satu jurusan yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Jurusan ini mempelajari teori-teori yang ada dalam ilmu ekonomi, baik itu makro maupun mikro. Buat Kamu yang akan masuk kuliah tahun ini dan berencana mengambil jurusan ilmu ekonomi, Kamu juga perlu tahu nih peluang atau prospek kerja ilmu ekonomi setelah lulus nanti. Biar nanti kalau ketemu tante, budhe, om, pakdhe, atau bahkan calon mertua, bisa jawab ketika mereka bertanya “jurusan Kamu nanti kerjanya jadi apa?”

Lulusan dari jurusan ilmu ekonomi memiliki kesempatan kerja yang sama luasnya dengan jurusan lain yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Sebagai jurusan yang banyak ditemukan di berbagai universitas, baik swasta maupun negeri, Kamu harus siap berhadapan dengan banyak saingan dalam mencari pekerjaan nantinya.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Ilmu Ekonomi Untuk Jenjang S1

Nah, untuk Kamu yang belum tahu prospek kerja jurusan ini atau Kamu yang baru lulus kuliah jurusan ilmu ekonomi dan bingung memilih karir yang cocok, coba deh kepoin 10 peluang atau prospek kerja ilmu ekonomi di bawah ini.

1. Ekonom

Yang pertama, Kamu bisa berkarir sebagai seorang ekonom. Ekonom merupakan sebutan bagi para profesional atau ahli yang menguasai ilmu ekonomi. Ekonom ini kerjanya melakukan penelitian untuk memecahkan masalah ekonomi yang ada.

Karena tugasnya di bidang penelitian, biasanya dunia yang digeluti tidak jauh dari bidang akademik. Sebagai pilihannya, Kamu bisa menjadi analis ekonom atau menjadi profesor di perguruan tinggi. Rata-rata gaji yang didapatkan oleh seorang ekonom adalah mulai Rp3.000.000.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Ilmu Ekonomi Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

2. Juru Taksir

Yang kedua, Kamu bisa menjadi seorang juru taksir. Juru taksir atau disebut juga Appraiser mempunyai tugas untuk menentukan nilai sesungguhnya dari suatu properti. Selain properti, juru taksir biasanya juga bertugas untuk menetapkan pajak. Juru taksir dibutuhkan di perusahaan yang menawarkan jasa gadai. Rata-rata gaji yang didapatkan jika Kamu berkarir sebagai juru taksir adalah mulai Rp5.000.000.

3. Pengajar Bisnis

Yang ketiga, Kamu bisa menjadi seorang pengajar bisnis. Sesuai dengan namanya, pengajar bisnis memiliki tugas mengajar bisnis. Kamu bisa menjadi pengajar bisnis di suatu instansi pendidikan formal maupun non formal. Biasanya topik yang diajarkan adalah akuntansi, keuangan, manajemen sumber daya manusia, dan pemasaran.

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Ilmu Ekonomi Untuk Jenjang S1

Kalau Kamu suka mengajar sekaligus tertarik dengan ilmu ekonomi, Kamu bisa banget memilih pengajar bisnis menjadi karir Kamu setelah lulus. Rata-rata gaji yang didapatkan oleh pengajar bisnis adalah mulai Rp1.000.000 hingga Rp4.000.000.

4. Akuntan

Yang keempat, Kamu juga bisa berkarir sebagai seorang akuntan. Akuntansi termasuk salah satu bagian dari ilmu ekonomi. Seorang yang menggeluti profesi ini disebut dengan akuntan. Tugasnya adalah menyusun laporan keuangan dan menganalisa informasi keuangan yang masuk.

Semua perusahaan membutuhkan akuntan untuk menyusun laporan keuangan karena itu, profesi ini bisa menjadi peluang atau prospek kerja ilmu ekonomi yang menjanjikan untukmu. Dari laporan ini, perusahaan bisa mengetahui kondisi finansial perusahaan dan juga bisa menjadi acuan untuk pengambilan kebijakan-kebijakan. Rata-rata gaji yang didapatkan oleh seorang akuntan adalah Rp 3.500.000 hingga Rp7.000.000.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Ilmu Ekonomi Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

5. Analis Manajemen Bisnis

Yang kelima, Kamu bisa menjadi seorang analis manajemen bisnis. Analis manajemen bisnis mempunyai tugas menganalisa prosedur, desain sistem operasional, dan sistem lainnya dalam suatu perusahaan/organisasi agar dapat beroperasi dengan lebih efisien dan efektif. Yang termasuk pekerjaan analis manajemen bisnis ini adalah analisis program, konsultasi manajemen, dan analis bisnis.

Rata-rata gaji yang didapatkan oleh Kamu yang berkarir sebagai analis manajemen bisnis adalah Rp4.000.000 hingga Rp7.000.000.

6. Pemeriksa Keuangan

Yang keenam, Kamu bisa memilih karir sebagai seorang pemeriksa keuangan. Pemeriksa keuangan berbeda dengan akuntan. Akuntan mempunyai tugas menyusun laporan keuangan.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Ilmu Ekonomi Untuk Jenjang S1

Sedangkan pemeriksa keuangan bertugas memeriksa dan memastikan sebuah transaksi atau dokumentasi keuangan sudah sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku. Peraturan ini berlaku untuk lembaga keuangan, sekuritas, transaksi keuangan, dan real estate.

Jika Kamu adalah seorang yang teliti, Kamu bisa menjadikan ini sebagai prospek karir masa depan Kamu. Rata-rata gaji yang akan Kamu dapatkan sebagai pemeriksa keuangan adalah Rp4.000.000 hingga Rp7.000.000.

7. Pemeriksa Dan Pengumpul Pajak Dan Agen Revenue

Yang ketujuh, Kamu bisa berkarir sebagai pemeriksa dan pengumpul pajak dan agen revenue. Tugasnya adalah menetapkan kewajiban pajak dan mengumpulkan pajak dari individu atau suatu perusahaan. Jabatan yang ditawarkan dari jenis profesi ini salah satunya adalah auditor pajak. Rata-rata gaji yang akan Kamu dapatkan adalah Rp5.000.000.

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Ilmu Ekonomi Untuk Jenjang S1

8. Pegawai Pajak/Pegawai Persiapan Pajak

Peluang atau prospek kerja ilmu ekonomi jenis ini sering Kamu temukan di kantor-kantor pajak sebagai pegawai pemerintah. Tugasnya adalah segala hal yang terkait dengan pajak, mulai dari memastikan pengisian dengan benar hingga menghitung besaran pajak yang dibebankan kepada individu atau perusahaan. Rata-rata gaji yang didapatkan oleh pegawai pajak adalah Rp 3.500.000 hingga Rp7.000.000.

9. Auditor

Selanjutnya, Kamu bisa berkarir sebagai seorang auditor. Profesi ini hampir sama dengan akuntan. Bedanya, akuntan lebih ditekankan pada pencatatan keuangan atau arus keluar masuk kas. Sedangkan auditor bertugas menganalisis laporan keuangan dengan tujuan mengambil kesimpulan apakah laporan keuangan yang ada wajar atau tidak. Rata-rata gaji yang didapatkan adalah Rp4.000.000 hingga Rp7.000.000.

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Ilmu Ekonomi Untuk Jenjang S1

10. Analis Riset Operasional

Yang terakhir, Kamu bisa berkarir sebagai analis riset operasional. Profesi ini banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan. Tugasnya adalah melakukan riset atau analisis untuk membantu manajemen dalam pengambilan kebijakan.
Rata-rata gaji yang didapatkan adalah Rp4.500.000 hingga Rp7.000.000.

Nah, sekarang Kamu sudah tahu 10 peluang atau prospek kerja ilmu ekonomi beserta besaran gajinya. Sekarang saatnya Kamu menentukan untuk memilih jenjang karir yang sesuai dengan minat Kamu.