Alasan Memilih Jurusan Ilmu Ekonomi

Image: canva.com

10 Alasan Memilih Jurusan Ilmu Ekonomi Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

Kenapa Fakultas Ekonomi menjadi jurusan favorit di universitas atau kampus mana saja? Ternyata alasan logis seseorang memilih jurusan ekonomi adalah keinginan bisa mengelola keuangan dengan baik. Tak hanya anak lulusan IPS saja, anak IPA juga banyak yang banting stir memilih jurusan Ilmu Ekonomi segala cabang seperti Akuntansi, manajemen dan lain-lain. Buat Kamu yang masih galau, berikut alasan memilih jurusan Ilmu Ekonomi!

1. Dunia Yang Cocok Untuk Anak Pecinta Ilmu Berhitung

Buat Kamu yang memiliki kemampuan Matematika yang bagus, jurusan Ekonomi bisa menjadi pilihan terbaik. Kamu juga akan belajar mengenal sistem keuangan sesuai dengan jurusan yang Kamu minati.

2. Ilmu Ekonomi Berguna Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Tak bisa dipungkiri bahwa kehidupan selalu lekat dengan dunia perhitungan. Kamu bisa mempraktikkan Ilmu Ekonomi yang didapatkan di bangku kuliah dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai ibu rumah tangga saja wajib bisa mengatur keuangan dengan baik apalagi lulusan Ekonomi.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Ilmu Ekonomi Dan Gajinya

3. Bisa Menjadi PNS

Alasan memilih jurusan Ilmu Ekonomi karena Kamu bercita-cita menjadi PNS. Kamu bisa memiliki peluang bekerja di Kementerian Keuangan lho! Gaji fantastis tentu siap menunggumu.

4. Prospek Kerja Lebih Global

Kelebihan yang dimiliki jurusan Ekonomi dibandingkan jurusan lain adalah prospek kerja yang lebih global. Kamu bisa bekerja sebagai staf keuangan di mana saja baik instansi negara, swasta atau lembaga swadaya masyarakat.

5. Waktu Kuliah Yang Lebih Relatif Singkat Dengan Biaya Terjangkau

Jurusan Ekonomi tak kalah favorit dengan jurusan Kedokteran namun lebih murah dari segi biaya pendidikan. Selain itu, Kamu juga bisa memilih jenjang pendidikan sesuai kebutuhan misalnya D3 yang hanya perlu waktu tempuh 2,5-3 tahun saja.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Ilmu Ekonomi Dan Gajinya

6. Memiliki Modal Ilmu Membuka Lapangan Kerja

Tak menutup kemungkinan kalau prospek lulusan Ekonomi lebih lebar sebab Kamu bisa memanfaatkan semua ilmu untuk membuka lapangan kerja. Memilih karir sebagai wirausaha jelas menjadi dambaan setiap orang, bukan?

7. Bekerja Di Perusahaan Nasional Hingga Internasional

Lulusan S1 jurusan Ilmu Ekonomi memiliki prospek karir bekerja di perusahaan nasional hingga internasional. Kamu bisa bekerja sebagai staf keuangan, bagian manajemen pemasaran, manajemen produksi dan lain-lain. Gaji seorang manajer di perusahaan besar bisa mencapai angka belasan juta rupiah lho!

8. Bisa Menjadi Tenaga Pendidik/Dosen

Tak hanya bisa mengaplikasikan Ilmu Ekonomi dalam kehidupan harian saja, Kamu juga bsia mengajar sesuai disiplin ilmu yang ditempuh. Ya, Kamu bisa menjadi tenaga pendidik atau dosen.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Ilmu Ekonomi Dan Gajinya

9. Memiliki Pilihan Profesi Bervariasi

Alasan lain kenapa jurusan Ekonomi begit favorit karena memiliki banyak pilihan profesi variatif. Kamu bisa pula menjadi seorang akuntan, konsultan keuangan, ahli pajak dan lain-lain.

10. Ilmu Ekonomi Senantiasa Berkembang Sesuai Jaman

Banyak lulusan SMA/SMK memilih kuliah di Fakultas Ekonomi karena ilmu yang dipelajari telah ada sejak jaman dahulu dan terus menyesuaikan dengan perkembangan jaman. Jaman yang lebih modern dan maju juga berpengaruh pada ilmu Ekonomi.

Nah, buat Kamu yang masih bingung memilih jurusan kuliah, pertimbangkan alasan memilih jurusan Ilmu Ekonomi ya!




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *