Peluang Atau Prospek Kerja Geofisika

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja Geofisika Dan Gajinya

Bagi sebagian besar orang yang hendak melanjutkan kuliah, jurusan Geofisika mungkin terdengar agak asing. Padahal, prospek kerja Geofisika tak kalah cemerlang dibandingkan jurusan populer lain seperti Kedokteran, Manajemen, Ekonomi dan lain-lain. Kamu yang menyukai ilmu ilmiah, bisa mempertimbangkan masuk jurusan satu ini. Yuk, simak ulasan mengenai peluang lulusan Geofisika!

1. Dosen

Kalau Kamu memang memiliki minat tinggi di bidang pendidikan, tidak ada salahnya memutuskan menjadi seorang pengajar atau dosen. Tentu Kamu harus bisa menamatkan kuliah Geofisika dengan nilai memuaskan. Gaji seorang dosen tentu bakal membuat Kamu hidup lebih nyaman kok.

2. Staf BMKG

Menjadi seorang staf BMKG tingkat junior saja, Kamu akan langsung mendapatkan gaji sekitar 4 juta rupiah. Coba bayangkan kalau Kamu menjadi seorang insinyur di lembaga milik negara ini! Tentu Kamu bisa memiliki prospek karir lebih menawan sesuai dengan kemampuan di bidang Geofisika.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Geofisika Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

3. Peneliti

Program teknik Geofisika mencakup eksplorasi sumber daya bumi, reservoar, imaging dan pengolahan data serta teknik dan lingkungan. Kamu bisa memiliki prospek kerja Geofisika yang cukup apik seperti menjadi peneliti. Ada banyak lembaga penelitian yang bisa menjadi tempatmu bekerja seperti LIPI, Lemigas dan lain-lain.

4. BUMN

Kamu juga bisa menjadi staf di Badan Umum Milik Negara yaitu Pertamina. Gaji pegawai BUMN tentu mencapai jutaan yang bisa menjamin kesejahteraan hidup Kamu dan keluarga nantinya.

5. Departemen Energi Dan Sumber Daya Mineral

Seorang sarjana Teknik Geofisika memiliki kemampuan yang sangat dibutuhkan dalam mitigasi bencana mengingat Indonesia rawan bencana alam seperti tanah longsor, banjir, gempa bumi, tanah bergerak dan lain-lain. Kamu bisa bekerja di Direktorat Volkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Direktorat Inventarisasi Sumber Daya Mineral dan Pusat Peneltian Pengembangan Geologi.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Geofisika Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

6. Perusahaan Tambang

Kamu juga memiliki prospek kerja yang bagus di berbagai perusahaan tambang atau perusahaan minyak dan gas bumi. Bisa jadi Kamu bakal bekerja di Freeport, British Petroleum, UNOCAL dan lain-lain. Gaji bekerja di berbagai perusahaan ternama akan membuat Kamu bisa hidup nyaman sebab Kamu bisa mendapatkan gaji belasan hingga puluhan juta rupiah.

7. Perusahaan Geothermal

Gaji yang ditawarkan perusahaan Geothermal sangat memuaskan buat Kamu yang lulusan Geofisika. Kamu pasti akan mendapatkan kehidupan yang layak jika bekerja di Perusahaan Geothermal seperti PT EDC Indonesia, PT ORMAT Geothermal Indonesia, PT Star Energy dan lain-lain.

8. Perusahaan Swasta

Tak harus selalu berkutat dengan instansi pemerintah, Kamu juga bisa bekerja sebagai karyawan di perusahaan swasta. Peluang lulusan Geofisika bisa bekerja sebagai manajer mengingat ada mata kuliah manajemen di jurusan ini.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Geofisika Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

9. Pengusaha

Erat berkaitan dengan poin nomor 8, Kamu juga bisa membuka usaha sendiri yang memiliki omset besar tergantung kesuksesan usaha. Kamu bisa mengembangkan mata kuliah kewirausahaan dan manajemen yang didapatkan selama duduk di bangku kuliah.

10. Konsultan

Karir yang bisa Kamu bidik adalah menjadi seorang konsultan yang dibayar mahal untuk bekerja sama dengan lembaga penelitian pemerintah atau swasta.

Yuk, pilih jurusan yang sesuai dengan minat dan kemampuan Kamu! Prospek kerja Geofisika yang masih terbuka lebar tentu semakin memperbesar keyakinan Kamu untuk mempelajari bidang ilmu bumi ini.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *