Peluang Atau Prospek Kerja Antropologi Sosial

Image: canva.com

10 Peluang Atau Prospek Kerja Antropologi Sosial Dan Gajinya

Antropologi merupakan ilmu yang berkaitan dengan manusia baik budaya, perilaku dan keanekaragaman. Jurusan Antropologi Sosial memang tidak favorit dibandingkan dengan jurusan populer lain seperti Kedokteran, Ilmu Komunikasi, Manajemen dan lain-lain. Namun, lulusan Antropologi Sosial juga berpeluang memiliki karir cemerlang. Berikut 10 prospek kerja Antropologi Sosial yang wajib Kamu ketahui.

1. Dosen

Gaji dosen sangat besar ditunjang dengan berbagai pilihan tunjangan dan insentif. Kamu bisa memiliki karir cemerlang dan pendapatan memuaskan jika memutuskan menjadi seorang akademisi.

2. Manajemen SDM

Berkarir di perusahaan ternama di divisi SDM bisa memberikan potensi gaji yang memuaskan. Kamu berpeluang mendapatkan bayaran jutaan rupiah per bulan tergantung kebijakan perusahaan. Manajer SDM perusahaan bisa mendapatkan bayaran hingga belasan juta rupiah per bulan.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Antropologi Sosial Bagi Yang Bingung Kuliah

3. Wartawan Atau Jurnalis

Antropologi akan membantu Kamu mempelajari cara berkomunikasi yang efektif dan efisien. Sebagai seorang wartawan atau jurnalis tentu membutuhkan kecerdasan dan kemampuan mengelola data menjadi sebuah laporan. Gaji jurnalis bisa mencapai jutaan rupiah per bulan.

4. Staf Penelitian

Prospek kerja Antropologi Sosial berpeluang memberikan kesempatan buat Kamu bekerja sebagai staf penelitian dan pengembangan. Sebagai peneliti perusahaan atau instansi baik swasta atau pemerintah tentu mendapatkan gaji besar hingga belasan atau puluha juta lho!

5. PNS

Menjadi PNS bisa menjadi pilihan untuk Kamu yang ingin berkarya atau mengabdikan diri pada negara. Kamu bisa mengisi berbagai lowongan pekerjaan di Kementerian Sosial, Kementerian Kependudukan dan lain-lain. Gaji PNS bervariasi mulai 2 juta belum termasuk tunjangan dan insentif.

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Kuliah Antropologi Sosial Untuk Jenjang S1

6. Konsultan

Seorang sarjana Antropologi Sosial juga bisa berkarir menjadi seorang konsultan masalah sosial dan budaya. Gaji konsultan bervariasi namun bisa menjamin kesejahteraan Kamu yaitu 10-15 juta rupiah.

7. Etnografi Pemasaran

Mata kuliah Etnografi saat Kamu menempuh pendidikan di jurusan Antropologi Sosial bisa memberikan kesempatan bekerja sebagai staf pemasaran. Kamu bisa berkarir sebagai ahli Etnografi Pemasaran.

8. Pengusaha

Kamu berkesempatan membuka usaha baru dengan ilmu yang dipelajari di Antropologi Sosial. Menjadi pengusaha besar memberikan kesempatan Kamu membantu kesejahteraan masyarakat dengan membuka lowongan pekerjaan baru.

9. Juru Arsip

Lulusan Antropologi Sosial bisa memiliki kesempatan berkarir sebagai Juru Arsip atau Arsiparis. Rentang gaji yang bisa dimiliki seorang Arsiparis berkisar 2-3,5 jutaan rupiah.

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Kuliah Antropologi Sosial Untuk Jenjang S1

10. Ahli Antropologi

Memang tak banyak orang memilih karir sebagai ahli antropologi di Indonesia. Memang jenjang pendidikan yang dibutuhkan harus mencapai tingkatan S3. Di Amerika, gaji seorang ahli Antropologi bsia mencapai US $ 61.220 per tahun. Lalu, bagaimana dengan Indonesia sendiri?

Banyak pandangan menyebut bahwa lulusan Ilmu Antropologi Sosial tidak mendapatkan di kehidupan nyata. Sudah saatnya menghilangkan stigma masyarakat tersebut dengan memanfaatkan 10 prospek kerja Antropologi Sosial di atas ya!




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *