Biaya Kuliah Antropologi Sosial

Image: canva.com

Perkiraan Biaya Kuliah Antropologi Sosial Untuk Jenjang S1

Siapa nih yang pengen kuliah Antropologi Sosial dan mempelajari mengenai budaya dan kehidupan manusia? Nah jurusan ini yang bisa menjadi pilihan terbaik. Selain prospek kerja, Kamu juga perlu untuk mempertimbangkan aspek biaya nih. Mahal gak sih sebenarnya kuliah jurusan Antropologi? Yuk simak baik-baik ulasan mengenai biaya kuliah Antropologi Sosial ini.

1. Jurusan Soshum Tidak Semahal Saintek

Jika Kamu memilih jurusan soshum, sebenarnya jurusannya tidak semahal dengan apa yang ada di saintek. Hal ini dikarenakan jumlah praktikum yang tidak sebanyak jurusan-jurusan saintek. Kamu hanya perlu mempersiapkan dana untuk berbagai kebutuhan pengembangan diri ataupun kunjungan untuk kegiatan perkuliahan.

Kamu cukup menyiapkan dana sekitar 100.000 untuk kegiatan workshop, kunjungan, kerja lapangan dan lain-lain. Dananya tentu juga bisa lebih jika Kamu ingin pengembangan yang lain. Jika Kamu aktif mencari kegiatan sendiri, otomatis Kamu juga bakal dikenakan tambahan biaya yang nominalnya sangat beragam.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Antropologi Sosial Dan Gajinya

2. Keperluan Buku

Biaya yang bisa Kamu keluarkan untuk buku, juga tergantung seberapa banyak buku yang ingin Kamu miliki. Biasanya untuk buku-buku Antropologi, berada di kisaran harga 100.000 sampai jutaan. Tapi tenang, Kamu bisa mencari ataupun membeli versi ebooknya kok jika dirasa itu kemahalan.

3. Uang Kuliah Tunggal

Yup benar. Sesungguhnya untuk kuliah, berbagai biaya yang menyangkut keperluan kuliah sampai lulus sudah tercover oleh UKT yang dibayarkan setiap semesternya. Besarannya beragam tergantung dengan penghasilan orang tua. Mari kita lihat list UKT di salah satu PTN di Indonesia yaitu UNAIR untuk biaya kuliah Antropologi Sosial (dalam rupiah):
a. UKT 1A : 500.000
b. UKT 1B : 1.000.000
c. UKT 1C : 2.400.000
d. UKT 2 : 4.000.000
e. UKT 3 : 6.000.000
f. UKT 4 : 10.000.000

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Antropologi Sosial Bagi Yang Bingung Kuliah

4. Uang Pangkal

Ini nih yang mahal. Ketika Kamu masuk kuliah melalui jalur mandiri ataupun Kamu memutuskan untuk kuliah di PTS, maka Kamu akan dikenakan uang pangkal yang nominalnya biasanya tinggi. Jika Kamu ingin bebas uang pangkal, Kamu bisa mencoba jalur mandiri UGM (Utul) dan jalur mandiri UI (SIMAK) dimana kedua universitas ini membebaskan biaya uang pangkal.

Besaran uang pangkal juga berbeda tergantung kebijakan kampus. Namun kisaran uang pangkal untuk jurusan Antropologi berada di angka Rp. 20.000.000 – Rp. 30.000.000. Biaya ini dibayarkan sekali ketika masuk kuliah. Kemudian tetap membayarkan UKT sesuai kebijakan dan aturan yang ada di kampus Kamu.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Antropologi Sosial Bagi Yang Bingung Kuliah

5. Biaya Lain-Lain

Biaya lain-lain seperti KKN, SKS, dan keperluan seperti almamater biasanya sudah tercover ke dalam UKT. Adapun beberapa perguruan tinggi swasta masih ada sebagian yang menerapkan biaya secara terpisah pisah. Berarti, Kamu harus menyiapkan biaya-biaya tambahan jika kuliah di swasta

Demikianlah ulasan singkat mengenai biaya kuliah Antropologi Sosial. Semoga informasi ini dapat membantu Kamu dalam meyakinkan pilihan jurusan kuliahmu nanti. Semoga bemrnfaat ya dan sukses untuk kuliahnya nanti.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *