Alasan Memilih Jurusan Antropologi Sosial

Image: canva.com

10 Alasan Memilih Jurusan Antropologi Sosial Bagi Yang Bingung Kuliah

Jurusan Antropologi Sosial memang tidak populer dibandingkan jurusan lainnya. Padahal permintaan lulusan antropologi meningkat sebanyak 4% setiap tahunnya. Berikut adalah 10 alasan memilih jurusan Antropologi Sosial yang perlu Kamu ketahui.

1. Menjadi Staf Penelitian Dan Pengembangan

Tugas lulusan Antropologi Sosial di perusahaan yaitu meneliti dan menganalisis data untuk mendapatkan informasi secara detail. Jabatan Kamu di perusahaan untuk mengerjakan tugas tersebut ialah sebagai staf penelitian dan pengembangan.

2. Berkesempatan Menempati Posisi Kedinasan Luar Negeri

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Antropologi Sosial Untuk Jenjang S1

Kamu memiliki kesempatan kerja sambil jalan-jalan ke berbagai negara. Di sana Kamu akan masuk ke dalam suatu komunitas untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Menarik bukan kuliah di jurusan Antropologi Sosial?

3. Menjadi Konsultan

Mulai saat ini bukan jurusan Psikologi saja yang bisa menjadi konsultan. Jurusan Antropologi Sosial juga dipercaya menjadi konsultan dalam menyelesaikan permasalahan kebudayaan dan perilaku manusia.

4. Menjadi Wartawan

Penyampaian informasi terkait kehidupan manusia di daerah-daerah tertentu biasanya didapatkan dari lulusan Antropologi Sosial yang menjadi wartawan. Bahkan Kamu juga bisa memiliki program acara televisi sebagai petualang dengan latar belakang ilmu antropologi sosial.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Antropologi Sosial Dan Gajinya

5. Sebagai Administrator Internasional

Hampir sama seperti konsultan, tugas administrator internasional ialah menyelesaikan permasalahan yang terjadi di masyarakat. Perbedaannya, menjadi administrator internasional cakupan wilayahnya berbagai negara. Kamu yang suka traveling bisa menjadikannya sebagai alasan memilih jurusan Antropologi Sosial. Selain itu, Kamu akan dituntut untuk bisa memberikan solusi pada permasalahan tersebut.

6. Menjadi Pakar Kesehatan Masyarakat

Dalam hal ini, lulusan Antropologi Sosial bertugas mendidik masyarakat agar terhindar dari gaya hidup yang tidak sehat. Biasanya para pakar kesehatan akan membentuk tim yang didalamnya terdapat lulusan antropologi sosial.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Antropologi Sosial Untuk Jenjang S1

7. Menjadi Etnografi Pemasaran

Perusahaan akan menugaskan lulusan Antropologi Sosial pada bidang etnografi pemasaran. Tugasnya ialah memasarkan dan mempromosikan produk perusahaan. Salah satunya dengan membentuk pasar untuk mengenali minat konsumen.

8. Manajemen Sumber Daya Manusia

Dengan berbekal ilmu yang mempelajari perilaku manusia, lulusan Antropologi Sosial memiliki peluang kerja sebagai manajemen sumber daya manusia. Biasanya perusahaan kesulitan mencari karyawan yang bisa dipercaya menduduki posisi ini. Maka dari itu, lulusan Antropologi Sosial memiliki peluang mengisi posisi tersebut.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Antropologi Sosial Untuk Jenjang S1

9. Teknisi Museum Dan Konservator

Bekerja di museum tentunya akan menjadi hal yang mengasyikan. Karena disana Kamu akan mencari peristiwa sejarah, indikator, serta dampaknya pada kebudayaan masyarakat saat ini. Tentunya pekerjaan ini sangat related dengan teori yang Kamu pelajari selama kuliah.

10. Dosen

Menjadi dosen Antropologi Sosial tentu akan dituntut menghasilkan karya akademik yang memberikan perubahan pada masyarakat. Karena besarnya tanggung jawab yang dipikul, alasan memilih jurusan Antropologi Sosial pun menjadi peluang Kamu mendapatkan gaji yang besar.

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Antropologi Sosial Untuk Jenjang S1

Itulah 10 alasan memilih jurusan Antropologi Sosial yang bisa Kamu jadikan pertimbangan. Jadi, butuh alasan apalagi untuk kuliah di jurusan Antropologi Sosial kalau alasan di atas sudah cukup memperlihatkan masa depan yang cerah?!




Team

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *