Manfaat Menulis

Image: canva.com

10 Manfaat Menulis Yang Perlu Kamu Tau

Tidak hanya membaca yang memberikan manfaat buat Kamu, karena menulis juga memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat yang paling terasa bagi para penulis profesional ialah mampu menyalurkan perasaan. Di satu sisi, manfaat penulis lainnya ialah mampu menghilangkan stress. Karena semua hal yang Kamu pendam dapat dituliskan dalam sebuah cerita menarik.

Menulis itu memberikan Kamu peluang mengeluarkan seluruh unek-unek atau harapan menjadi sebuah cerita. Apabila karya tulis Kamu mendapat apresiasi, bukan tidak mungkin Kamu mendapat penghasilan. Adapun manfaat menulis lainnya yang akan diuraikan di bawah ini.

Baca Juga:  10 Contoh Penulisan Artikel Sesuai EYD Buat Yang Lagi Belajar Menulis

1. Menulis Mampu Membuat Kamu Lebih Bijak

Terlepas Kamu seorang penulis fiksi maupun non-fiksi, dengan menulis setiap hari dapat membuat pikiran Kamu terbuka. Pada akhirnya Kamu menjadi seseorang yang open minded, sehingga mampu menerima informasi apapun tanpa tanggapan yang berlebihan.

2. Menulis Mampu Mengendalikan Stress

Menulis sama halnya seperti membaca yang mampu melepaskan emosi Kamu. Dengan menulis Kamu dapat mengungkapkan segala hal yang tidak bisa Kamu utarakan secara verbal.

3. Menulis Mampu Melatih Cara Berpikir

Baca Juga:  10 Cara Membuat Konten Viral Agar Banyak Dibaca

Dengan menulis Kamu mampu melatih cara berpikir lebih cepat dan mendalam. Di sisi lain, menulis pun melatih Kamu meningkatkan pengambilan keputusan. Dengan kemampuan tersebut Kamu juga secara tidak langsung terlatih cara menyelesaikan masalah.

4. Menulis Melatih Kemampuan Berkomunikasi

Menulis artinya Kamu sedang berupaya menyampaikan informasi kepada para pembaca. Oleh sebab itu Kamu dituntut memiliki kemampuan komunikasi yang signifikan.

5. Menulis Membuat Kamu Kreatif

Sebagai seorang penulis biasanya memiliki tuntutan membuat buku baru atau konten terbaru. Hal inilah yang membuat Kamu harus selalu kreatif dalam menyajikan karya untuk para pembaca setia Kamu.

Baca Juga:  10 Cara Membuat Artikel SEO Friendly Yang Tetap Enak Dibaca

6. Menulis Melatih Kesabaran

Menulis sebuah artikel itu membutuhkan kesabaran karena tidak hanya melibatkan fisik, melainkan mental Kamu juga diuji. Bisa dikatakan menulis itu aktivitas yang sangat melelahkan, maka dari itu Kamu harus tetap bersabar.

7. Menulis Membuat Kamu Dikenal Banyak Orang

Ketika Kamu membuat karya tulis yang menarik dan relate dengan kehidupan mereka, biasanya Kamu akan dikenal banyak orang hingga punya fans sendiri. Kamu dapat memanfaatkan situasi ini untuk membangun jejaring yang lebih luas lagi.

Baca Juga:  10 Cara Menulis Artikel Yang Baik Dan Berkualitas

8. Menulis Mampu Membangun Karir yang Baru

Apakah Kamu kenal dengan Raditya Dika? Radit merupakan salah satu stand up comedian yang berhasil menerbitkan banyak buku yang kemudian menjadi sebuah film. Karir menulis pun dapat kalian kejar untuk mendapat sumber finansial.

9. Dapat Menjadi Sumber Penghasilan Utama

Karya tulis Kamu dapat dipublikasikan melalui blog yang kemudian dapat dimonetisasi. Apabila pengunjung blog Kamu banyak, maka Kamu akan mendapat penghasilan per bulan.

10. Menulis Untuk Bercerita

Menulis dapat melatih Kamu bercerita dengan sistematis. Karena Kamu dituntut menulis sesuai dengan aturan-aturan tertentu.

Baca Juga:  10 Cara Membuat Artikel Yang Menarik Untuk Dibaca

Demikianlah 10 manfaat menulis yang perlu Kamu tahu. Menulislah agar Kamu dikenang banyak orang.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *