Cara Menentukan Judul Artikel Yang Menarik

Image: canva.com

10 Cara Menentukan Judul Artikel Yang Menarik Yang Perlu Kamu Tau

Apa yang pertama kali Kamu lihat sebelum membaca sebuah artikel? Jawabannya tentu judul artikel. Karena tidak ada orang yang membaca isi artikel sebelum membaca judulnya. Oleh sebab itu, Kamu harus merumuskan sebuah judul artikel yang menarik saa membuat artikel. Cara menentukan judul artikel yang menarik salah satunya memilih kosakata yang familiar di masyarakat.

Judul yang menarik biasanya yang mampu mengikat pembaca konten dengan informasi yang mereka cari. Maka dari itu, informasi yang terdapat dalam judul setidaknya ada kata kunci yang berkaitan dengan informasi artikel secara keseluruhan. Nah, untuk menentukan judul yang menarik mari kita simak uraiannya di bawah ini.

Baca Juga:  10 Contoh Penulisan Artikel Sesuai EYD Buat Yang Lagi Belajar Menulis

1. Waspadai Kesalahan Yang Sering Dilakukan

Kesalahan yang sering terjadi saat seseorang membuat judul artikel ialah tidak bisa membedakan topik dan judul. Dalam hal ini topik lebih umum, sedangkan judul lebih spesifik.

2. Pembaca Menginginkan Manfaat

Pembaca yang rela membuang waktu membaca artikel 2-3 menit dikarenakan mereka mencari manfaat. Manfaat itu juga perlu ditonjolkan dalam sebuah judul artikel agar para pembaca mau membaca isi artikel Kamu.

3. Gunakan Angka Tapi Bukan Sembarang Angka

Baca Juga:  10 Cara Penulisan Artikel Populer Yang Sering Digunakan

Di atas sudah disinggung bahwa judul yang bagus adalah judul yang spesifik. Karena apa yang Kamu berikan dalam artikel akan pembaca dapatkan secara spesifik. Salah satu cara membuat judul yang spesifik ialah dengan menggunakan angka.

4. Bangkitkan Perasaan Dengan Trik Psikologi

Menurut survey, judul yang mampu membangkitkan perasaan yang tepat ternyata mendapat share terbanyak. Dalam hal ini, upayakan membuat judul artikel yang menarik empati pembaca.

5. Buat Pembaca Merasa Terlibat

Sesekali buatlah judul artikel yang diawali dengan sebuah pertanyaan. Karena ketika pembaca dihadapkan dengan pertanyaan, secara tidak sadar mereka telah membayangkan situasi tertentu.

Baca Juga:  10 Contoh Judul Artikel Populer Yang Sering Digunakan Penulis

6. Curi Ide Dan Judul Yang Populer

Ide cara menentukan judul artikel yang menarik salah satunya dengan mendapat inspirasi dari judul artikel yang terbukti sudah populer. Berita yang sedang populer biasanya menjadi trending pertama, sehingga banyak dicari pembaca.

7. Temukan Posisi Strategis Dalam Menempatkan Topik Dan Judul

Topik sebuah artikel memang sudah sepatutnya diselipkan dalam judul. Misalnya tulis topik terlebih dahulu baru judul yang menerangkan topik tersebut.

8. Tulis Judul Yang Spesifik Untuk Satu Pembaca

Baca Juga:  10 Cara Membuat Artikel Yang Menarik Untuk Dibaca

Setiap Kamu menulis konten, sudah semestinya Kamu memiliki target pembaca yang spesifik. Orang-orang tersebutlah yang membutuhkan informasi artikel yang Kamu tulis.

9. Memberikan Kemudahan

Seseorang membaca artikel bukan karena kasihan, akan tetapi karena artikel Kamu memberikan kemudahan.

10. Buat Minimal Lima Judul Untuk Mengeluarkan Kreativitas

Dalam membuat satu konten artikel buatlah minimal lima judul, karena memberikan judul tergantung dengan kreativitas Kamu juga.

Demikianlah 10 cara menentukan judul artikel yang menarik para pembaca. Semoga informasi ini bermanfaat buat Kamu yang tengah membutuhkannya.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *