Cara Menulis Artikel

Image: canva.com

10 Cara Menulis Artikel Yang Baik Dan Berkualitas

Membuat konten artikel itu bisa dikatakan susah-susah gampang. Dikatakan demikian karena cara menulis artikel yang baik dan berkualitas itu memiliki peraturan tersendiri. Disamping membuat artikel yang baik dan berkualitas, Kamu tentu harus membuat artikel yang menarik. Artikel yang menarik itu dapat dilihat melalui judul kemudian isi artikel itu sendiri. Maka dari itu, Kamu perlu mem-break down konten artikel yang akan Kamu tulis.

Bagi pemula, menulis artikel itu mungkin susah karena melelahkan mental dan fisik. Mungkin akan berbeda dengan penulis profesional yang sudah terbiasa membuat artikel dengan pembaca terbanyak. Nah, penulis pemula dapat belajar kepada penulis profesional dalam menulis artikel yang akan diuraikan di bawah ini.

Baca Juga:  10 Contoh Penulisan Artikel Sesuai EYD Buat Yang Lagi Belajar Menulis

1. Pelajari Karakter Calon Pembaca

Pertama Kamu harus menentukan calon pembaca artikel Kamu itu siapa. Setelah menentukan calon pembaca, selanjutnya Kamu pelajari sisi karakternya agar Kamu dapat membuat artikel yang sesuai dengan minat mereka.

2. Pancing Pembaca Dengan Judul Yang Menarik

Kebanyakan orang sebelum membaca isi artikel tentu membaca judulnya terlebih dahulu. Oleh sebab itu, Kamu dituntut membuat judul artikel semenarik mungkin.

3. Pembaca Melakukan Scanning Pada Artikel

Kamu tidak akan menyadari kalau pembaca melakukan scanning pada artikel yang Kamu buat. Dalam hal ini, artikel Kamu tidak akan di baca kata per kata melainkan per kalimat tertentu yang menarik si pembaca.

Baca Juga:  10 Cara Membuat Konten Viral Agar Banyak Dibaca

4. Ikuti Format Penulisan Yang Benar

Menulis artikel dengan format penulisan yang benar ialah menggunakan font yang mudah dibaca dengan ukuran 14-22. Kemudian lebar horizontal antara 480 x 720 px dengan line height antara 1,5-2 begitupun dengan marginnya.

5. Tingkatkan Kualitas Dan Bobot Artikel

Sebuah artikel dapat dikatakan bagus ketika Kamu mampu meningkatkan kualitas dan bobot artikel itu sendiri. Cara menulis artikel dengan format yang benarlah yang disebut tulisan berkualitas.

6. Temukan Dan Gunakan Keyword LSI

Baca Juga:  10 Cara Penulisan Artikel Populer Yang Sering Digunakan

Agar artikel Kamu bisa mendapat peringkat tertinggi, maka Kamu perlu menggunakan keyword LSI yang bermanfaat untuk meningkatkan relevansi dan ranking.

7. Lakukan Pemeriksaan Tata Bahasa Dan Ejaan

Penting sekali Kamu melakukan pemeriksaan tata bahasa dan ejaan dalam sebuah artikel. Bayangkan saja ketika artikel Kamu dibaca oleh jutaan orang, namun terdapat kesalahan tata bahasa dan ejaan di dalamnya.

8. Lakukan Optimasi On-Page SEO Lainnya

Untuk meningkatkan peringkat artikel Kamu di halaman pertama mesin pencarian, ada baiknya Kamu melakukan optimasi seperti meta deskripsi, url, gambar, dan link ke halaman atau website lain.

Baca Juga:  10 Contoh Penulisan Artikel Yang Salah Dan Sering Dilakukan

9. Promosikan Artikel

Ketika permasalahan teknis telah Kamu selesaikan, selanjutnya Kamu mencari strategi cara promosikan artikel. Hal ini dapat dilakukan dengan bantuan sosial media.

10. Pasang Tombol Share Di Artikel

Cara lain dalam mempromosikan artikel ialah dengan memasang tombol share. Ketika artikel Kamu dirasa bermanfaat oleh pembaca, maka mereka akan melakukan share otomatis.

Demikianlah 10 cara menulis artikel yang baik dan berkualitas. Upayakan tidak membuat artikel seadanya agar mesin pencarian dapat membantu meningkatkan ranking artikel Kamu.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *