Jurusan Tanpa Mata Kuliah Bahasa Inggris

Image: canva.com

10 Jurusan Tanpa Mata Kuliah Bahasa Inggris Yang Bisa Kamu Pilih

Apakah ada jurusan perkuliahan tanpa mata kuliah bahasa Inggris? Jawabannya, tidak ada. Yang ada adalah jurusan yang tidak membutuhkan kemampuan bahasa Inggris yang baik. Kamu tetap bisa menjalani perkuliahan dengan baik dan lulus tepat waktu dengan kemampuan bahasa Inggris yang pas-pasan. Berikut ini merupakan 10 jurusan tanpa mata kuliah bahasa Inggris yang bisa Kamu pilih.

1. Sastra Indonesia

Kalau Kamu mencari jurusan tanpa mata kuliah bahasa Inggris, jurusan sastra Indonesia bisa menjadi pilihan yang tepat. Kamu akan lebih banyak belajar bahasa Indonesia. Kamu tidak perlu menguasai bahasa Inggris karena yang paling penting Kamu bisa menyusun kalimat dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar sesuai kaidah yang berlaku.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Sastra Inggris Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

2. Sastra Arab

Apabila bahasa Indonesia terlalu mudah buatmu, Kamu bisa memilih jurusan sastra arab. Kamu akan belajar bahasa dan kebudayaan arab serta bagaimana cara menulis huruf dalam bahasa arab.

3. Sastra Jepang

Sastra jepang juga bisa jadi pilihan yang tepat. Terutama untuk Kamu yang menyukai segala sesuatu tentang Jepang, termasuk bahasa dan kebudayaannya.

4. Sastra Prancis

Bahasa Prancis menjadi bahasa internasional setelah bahasa Inggris. Kalau Kamu ingin menghindari mata kuliah bahasa Inggris tapi masih tetap ingin bisa bergaul di ranah internasional, Kamu bisa menjadikan jurusan ini sebagai pilihan alternatif.

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Sastra Inggris Untuk Jenjang S1

5. Sastra Mandarin

Kamu juga bisa memilih jurusan sastra mandarin. Jurusan ini menjauhkan Kamu dari mata kuliah bahasa Inggris karena Kamu akan fokus belajar bahasa dan sastra mandarin.

6. Sastra Daerah

Kalau menurutmu belajar bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya itu ribet, Kamu bisa memilih masuk jurusan sastra daerah. Terutama bagi Kamu yang mencintai kebudayaan daerah dan ingin melestarikan budaya asli setempat.

7. Ilmu Sejarah

Ilmu sejarah juga termasuk jurusan kuliah yang gak ada mata kuliah bahasa Inggris. Alih-alih harus belajar bahasa Inggris, Kamu akan belajar bahasa Belanda karena mayoritas sumber sejarah Indonesia menggunakan bahasa belanda.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Sastra Inggris Dan Gajinya

8. Pendidikan Olahraga

Jurusan pendidikan olahraga tidak menuntutmu untuk jago berbahasa Inggris kecuali Kamu ingin menjadi instruktur di tingkat internasional.

9. Seni Tari

Gerak tubuh adalah bahasa yang Kamu gunakan. Kamu akan lebih fokus belajar gerak tubuh di jurusan seni tari daripada belajar bahasa Inggris.

10. Seni Lukis

Jika Kamu masuk jurusan seni lukis, tentu saja Kamu akan lebih banyak belajar tentang teknik melukis yang baik hingga menghasilkan gambar yang bernilai seni tinggi daripada harus belajar bahasa Inggris. Gambar adalah media komunikasi.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Sastra Inggris Untuk Jenjang S1

Nah, itulah 10 jurusan tanpa mata kuliah bahasa Inggris yang bisa Kamu pilih. Sebenarnya, mata kuliah bahasa Inggris adalah mata kuliah yang wajib ada di setiap jurusan perkuliahan. Kalau Kamu tidak menyukai bahasa Inggris, cobalah untuk belajar menyukainya. Karena apapun profesi yang Kamu jalani nantinya, biasanya akan membutuhkan kemampuan bahasa internasional ini. Selamat belajar.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *