Jurusan Ilmu Sejarah Terbaik Di Indonesia

Image: canva.com

10 Ilmu Sejarah Terbaik Di Indonesia Untuk Jenjang S1

Selayaknya yang Bung Karno bilang selaku founding father negara ini, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pahlawan dan selalu mengingat sejarahnya. Maka tidak heran, jurusan Ilmu Sejarah menjadi jurusan yang banyak diincar para kaum muda yang ingin mengerti bagaimana peristiwa masa silam baik itu di Indonesia atau negara lain pernah terjadi. Nah, berikut ini ada 10 kampus dengan jurusan Ilmu Sejarah terbaik di Indonesia yang bisa Kamu jadikan pertimbangan.

1. Universitas Indonesia (UI)

Bisa dibilang, jurusan Ilmu Sejarah memang menjadi andalan di UI. Setiap tahunnya, tidak kurang beribu-ribu calon mahasiswa memperebutkan kursi yang mana tidak lebih dari beberapa puluh saja di kelas satu ini.

Baca Juga:  10 Jurusan Teknik Lingkungan Terbaik Di Indonesia Untuk Jenjang S1

2. Universitas Airlangga (UNAIR)

Urusan sejarah, Surabaya adalah gudangnya. Jadi tidak mengherankan jika salah satu kampus di kota ini, UNAIR, memiliki jurusan yang memang tidak dimiliki oleh banyak kampus di dalam negeri ini.

3. Universitas Hasanuddin (UNHAS)

Selanjutnya, ada UNHAS yang juga bisa Kamu pilih sebagai kampus dengan jurusan Ilmu Sejarah terbaik di Indonesia.

4. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Berada di Jawa Barat, UNPAD bisa Kamu pilih jika Kamu ingin masuk ke jurusan Ilmu Sejarah. Namun harap diingat, UNPAD adalah kampus terakreditasi A sehingga untuk masuk kesana, Kamu harus melewati passing grade yang tinggi.

Baca Juga:  10 Jurusan Administrasi Bisnis Terbaik Di Indonesia Untuk Jenjang S1

5. Universitas Andalas (UNAND)

Berada di Sumatera, salah satu kampus yang berada di Padang ini juga menarik banyak minat para calon mahasiswa Ilmu Sejarah lho. Hal ini tidak lain dan tidak bukan adalah karena kualitas pendidikan dan juga eksotisme kotanya yang menarik minat para mahasiswa luar daerah sana.

6. Universitas Sebelas Maret (UNS)

Sebagai wakil dari Jawa Tengah, ada salah satu kampus di daerah Solo yang bisa Kamu jadikan rujukan kala ingin mendaftar di jurusan Ilmu Sejarah. Kampus itu yakni UNS atau Universitas Sebelas Maret.

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Ilmu Sejarah Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

7. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Tidak hanya Jawa Tengah saja, D.I Yogyakarta pun tidak ingin kalah. Melalui Universitas Negeri Yogyakarta atau UNY, kampus ini juga menampung banyak mahasiswa dari berbagai pelosok tanah air yang ingin masuk ke jurusan terbaik satu ini.

8. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Selain UNS, kampus di Jawa Tengah yang mempunyai jurusan Ilmu Sejarah dan masuk kategori unggulan adalah Universitas Negeri Semarang alias UNS.

9. Universitas Negeri Malang (UM)

Malang selalu saja tidak mau ketinggalan. Terbukti, salah satu kampus di daerah penghasil apel ini juga memiliki jurusan Ilmu Sejarah terbaik di dalam negeri, yakni Universitas Negeri Malang atau disingkat UM.

Baca Juga:  10 Jurusan Agribisnis Terbaik Di Indonesia Untuk Jenjang S1

10. Universitas Jember (UNEJ)

Terakhir, ada universitas Jember atau yang biasanya disingkat UNEJ. Kampus yang banyak mencetak tenaga guru profesional ini rupanya juga tidak mau ketinggalan dalam urusan pendidikan ilmu sejarah tanah air.

Demikian ulasan mengenai 10 kampus dengan jurusan Ilmu Sejarah terbaik di Indonesia. Semoga ulasannya bermanfaat ya!