Mata Kuliah Ilmu Sejarah

Image: canva.com

Mengenal Beberapa Mata Kuliah Ilmu Sejarah Untuk Jenjang S1

Salah satu jurusan yang populer dan sudah menjadi incaran banyak calon mahasiswa sejak dulu adalah ilmu sejarah. Ya, ilmu yang mengajari tentang cara analisis dan merangkai fakta sejarah ini hampir ada di berbagai perguruan tinggi tanah air dengan kurikulum yang hampir sama. Lalu, seperti apa kiranya mata kuliah ilmu sejarah? Mari langsung saja simak ulasannya berikut ini!

Salah satu cabang ilmu pengetahuan ini meneliti tentang perkembangan manusia dari masa lampau secara sistematis, teliti, dan analisis beserta dengan seluruh kejadian yang nantinya dapat dirangkai menjadi suatu fakta. Ada beberapa hal yang harus dimiliki seorang ahli sejarah. Mulai dari kemampuan menganalisis historiografi, cara pengaplikasian metode sejarah, hingga melihat corak dan dinamika kebudayaan Indonesia.

Baca Juga:  10 Ilmu Sejarah Terbaik Di Indonesia Untuk Jenjang S1

Lulusan ilmu ini bisa menjadi macam-macam, tidak melulu harus bekerja di museum atau tempat kuno. Mereka bisa bekerja di galeri seni, bekerja di dinas pemerintah, hingga bekerja di televisi dalam channel khusus seperti National Geographic Channel.

Tidak hanya belajar sejarah Indonesia saja, Kamu juga akan belajar tentang sejarah negara luar dan hubungannya dengan tanah air. Yuk, intip 10 mata kuliah ilmu sejarah di bawah ini!

1. Kebudayaan Indonesia

Di mata kuliah ini, Kamu akan diajari tentang ragam budaya Indonesia, mulai dari seni, bahasa, hingga bahkan geografinya.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Ilmu Sejarah Dan Gajinya

2. Pengantar Ilmu Sejarah

Sebagai pengantar studi ilmu sejarah, mata kuliah ini sangat krusial. Pasalnya, Kamu tidak hanya akan diajari tentang dasar-dasar pengetahuan sejarah, namun juga akan belajar tentang sejarah masyarakat Indonesia, sejarah perkotaan, sejarah militer tanah air, hingga sejarah politiknya.

3. Sejarah Indonesia

Sebagai bagian dari negara Indonesia, tentu kita wajib belajar dan tahu tentang sejarah bangsa sendiri kala masuk prodi satu ini. Salah satu yang wajib dipelajari adalah sejarah kemerdekaan bangsa.

4. Sejarah Indonesia dan Luar Negeri

Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Ilmu Sejarah Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

Tidak hanya sejarah saat masa penjajahan dan kemerdekaan, Kamu juga akan belajar sejarah hubungan Indonesia dengan negara lain, sebut saja Amerika, Australia, dan Asia Tenggara.

5. Bahasa Asing

Lantaran mempelajari tentang hubungan Indonesia dan negara lain, maka ada mata kuliah tentang bahasa asing yang tergantung kebijakan kampus. Biasanya, ada bahasa Belanda, Inggris, atau bahasa lainnya.

6. Pengantar Filsafat

Ilmu yang mengajari tentang cara berpikir kritis ini juga menjadi mata kuliah wajib dalam ilmu sejarah.

7. Penelitian Kebudayaan

Ada penelitian kebudayaan yang juga harus Kamu lakukan dalam prodi ilmu sejarah.

Baca Juga:  Perkiraan Biaya Kuliah Ilmu Sejarah Untuk Jenjang S1

8. Metode Sejarah

Selain belajar teori, Kamu juga diajari tentang metode sejarah dan pengaplikasiannya.

9. Retorika Sejarah

Bidang satu ini akan mengajarimu tentang sejarah dan komunikasinya.

10. Peminatan

Terakhir, ada mata kuliah peminatan yang juga sesuai kebijakan kampus.

Demikian ulasan tentang mata kuliah ilmu sejarah. Semoga bermanfaat buat Kamu ya saat kuliah nanti. Dan semoga dapat memilih dengan tepat jurusan yang diinginkan.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *