Perkiraan Biaya Kuliah Ilmu Sejarah

Image: canva.com

Perkiraan Biaya Kuliah Ilmu Sejarah Untuk Jenjang S1

Apakah Kamu orang yang menyukai cerita dan mitos masa lalu? Ya, untuk mengetahui mitos masa lalu secara mendalam, Kamu berhak masuk ke jurusan Ilmu Sejarah. Di jurusan ini Kamu dapat mempelajari segala peristiwa yang terjadi di masa lalu, baik di Indonesia maupun di dunia. Kuliah jurusan Ilmu Sejarah sekilas terlihat menyenangkan karena menguak kisah yang dulu belum pernah terpecahkan. Nah, Kamu yang tertarik dengan jurusan ini tidak ada salahnya kalau mengetahui informasi biaya kuliah Ilmu Sejarah dulu.

Ilmu Sejarah

Selama belajar di jurusan ini, Kamu mungkin akan mempelajari kisah masa lalu, mulai dari sejarah zaman kuno Mesir, Yunani, India, hingga sebelum Masehi dan zaman modern abad kedua puluh. Konteks Ilmu Sejarah sendiri sangatlah luas, Kamu akan belajar aspek politik, budaya, ekonomi, agama, dan sosial pada masa tertentu. Sehingga Kamu bisa mengerti semua aspek tersebut yang mungkin masih terjadi hingga sekarang.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Ilmu Sejarah Dan Gajinya

Dengan belajar Ilmu Sejarah berarti Kamu telah berupaya memahami bagaimana suatu hal dapat berubah seiring berjalannya waktu. Kemudian Kamu juga mempelajari nilai dan pola yang terkandung di dalam peristiwa itu.
Pada akhirnya Kamu akan memahami berbagai konteks yang terjadi saat ini melalui sejarah di masa lalu. Apakah belajar sejarah itu membosankan? Tentunya tidak, karena di dalamnya kita mendapat ilmu yang berharga.

Namun, sebagian orang menghakimi bahwa belajar Ilmu Sejarah itu membosankan. Padahal Kamu akan menemukan hal-hal yang menyenangkan lebih dari sekedar mengenal nama-nama tokoh dan tanggal kapan peristiwa itu terjadi. Melalui Ilmu Sejarah, Kamu dapat berkreasi membuat tulisan sejarah dan visualisasi sejarah melalui desain dan video dokumenter.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Ilmu Sejarah Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

Biaya Kuliah Ilmu Sejarah

Jurusan Ilmu Sejarah diselenggarakan oleh beberapa universitas terbaik di Indonesia. Nah, universitas ini menerapkan sistem uang kuliah tunggal yang disesuaikan dengan kemampuan ekonomi keluarga masing-masing. Untuk biaya kuliah kampus negeri, BOP-B memakan biaya Rp. 5 juta dan BOP-P dikenakan biaya sebesar Rp. 7,5 juta – Rp. 12, 5 juta. Untuk total biaya kuliah Ilmu Sejarah selama empat tahun bisa disiapkan uang sebesar Rp. 20 jutaan.

Di dalam jurusan Ilmu Sejarah juga ada peminatan layaknya jurusan lain. Di antaranya: peminatan Indonesia, peminatan Asia Tenggara, Peminatan Amerika Serikat, dan Peminatan Australia. Melalui peminatan ini Kamu akan mempelajari pola hidup masyarakat di sana dari masa lalu hingga abad modern ini, mulai dari politik, ekonomi, adat dan budaya, serta masih banyak lagi yang lainnya.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Ilmu Sejarah Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

Nah, demikianlah perkiraan biaya kuliah Ilmu Sejarah dan selayang pandang mengenai apa itu Ilmu Sejarah. Lulusan Ilmu Sejarah ini dapat bekerja di berbagai penelitian perguruan tinggi serta penelitian pemerintah, swasta, dan media massa. Semoga informasi kali ini bermanfaat ya buat Kamu.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *