Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Di Desa

Image: canva.com

10 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Di Desa Yang Bisa Dilakukan

Menjadi ibu rumah tangga yang berada di rumah 24 jam namun bisa menghasilkan pendapatan sendiri, kenapa tidak? Ya, ibu rumah tangga yang tinggal di desa juga bisa mencoba usaha sampingan untuk membantu perekonomian keluarga. Berikut 10 jenis usaha sampingan ibu rumah tangga di desa yang bisa Kamu lakukan.

1. Jual Pulsa

Kebutuhan pulsa telah menjadi kebutuhan utama masyarakat perkotaan atau pedesaan. Kamu bisa menjual kebutuhan pulsa elektrik sebagai bisnis menghasilkan penghasilan tambahan di rumah.

2. Membuka Toko Kelontong

Memiliki modal lebih banyak bisa menjadi alasan Kamu membuka usaha toko kelontong. Kamu bisa menjual berbagai kebutuhan sembako sederhana yang bisa menjadi aktivitas sampingan selain ibu rumah tangga.

3. Menjual Nasi Uduk

Kamu memiliki kepiawaian memasak maka bisa mencoba menjual nasi uduk di kampung. Nasi uduk yang Kamu jual bisa dititipkan di warung atau kantin sekolah terdekat. Kebanyakan masyarakat suka sekali makan nasi uduk sebagai menu sarapan yang enak dan mengenyangkan.

Baca Juga :  10 Contoh Peluang Usaha Di Desa Berkembang Yang Bisa Sukses

4. Membuka Usaha Jasa Jahit

Kalau Kamu memiliki keahlian menjahit, tidak ada salahnya membuka jasa jahit di rumah. Tak hanya menerima jahitan baju seragam, Kamu juga bisa menerima jasa jahit untuk obras, pemasangan resleting dan lain-lain. Upah kecil namun bisa memberikan penghasilan tambahan, kenapa tidak?

5. Membuat Aneka Kue

Jenis usaha sampingan ibu rumah tangga di desa yang cocok diterapkan adalah membuat aneka kue. Tentu pekerjaan ini harus diaplikasikan ibu rumah tangga yang memiliki kemahiran memasak. Kue bisa dijual di pasar, sekolah atau dititipkan di warung terdekat. Siapa tahu usaha Kamu bakal semakin besar dan menerima pemesanan kue untuk berbagai acara seperti arisan, hajatan dan lain-lain.

Baca Juga :  10 Jenis Usaha Yang Cocok Di Desa Dan Ada Peluang Sukses

6. Usaha Catering

Jenis usaha ini juga cocok untuk Kamu yang pKamui memasak. Usaha catering skala kecil atau menerima pesanan berbagai acara bisa menjadi langkah awal sukses menjadi pengusaha catering di desa.

7. Berternak

Mau berternak ayam, kambing, sapi, bebek dan lain-lain memang cocoki diterapkan di desa. Pasalnya, lahan masih cukup terbuka luas dan peluang usaha peternakan lebih menjanjikan. Bagi seorang ibu, berternak ayam yang tidak butuh perawatan maksimal bisa dijadikan pilihan terbaik.

8. Bertani

Hidup di desa identik dengan lahan perkarangan yang luas sehingga Kamu harus mempertimbangkan usaha memanfaatkan lahan dengan baik. Kamu bisa belajar bercocok tanam memanfaatkan lahan perkarangan di rumah seperti menanam sayuran. Tak hanya bisa dikonsumsi sendiri, Kamu juga bisa menghasilkan uang tambahan.

Baca Juga :  10 Jenis Usaha Yang Cocok Di Desa Dan Ada Peluang Sukses

9. Menjadi Guru Private

Anak-anak yang hidup di desa memiliki kesempatan menempuh pendidikan setinggi mungkin. Kalau Kamu memiliki latar belakang pendidikan mumpuni dan ingin mencari usaha sampingan yang fleksibel, bisa mempertimbangkan pekerjaan sebagai guru private di desa.

10. Bisnis Online

Kata siapa orang desa tidak bisa berkembang seperti generasi di perkotaan? Internet sudah canggih dan bisa diakses siapa saja termasuk ibu rumah tangga di daerah terpencil pun. Kamu bisa menghasilkan uang tambahan dari bisnis online mengKamulkan sistem dropship dan reseller kok.

Masih kurang yakin bisa menjalankan pekerjaan sebagai ibu rumah tangga sekaligus menghasilkan uang sendiri di desa? Coba saja salah satu dari 10 jenis usaha sampingan ibu rumah tangga di desa yang akan memberikan perubahan pada finansial Kamu!




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *