Tips Memilih Sekolah Swasta

Image: canva.com

10 Tips Memilih Sekolah Swasta Agar Jangan Sampai Salah

Terkadang orangtua sering bingung memilih sekolah negeri atau swasta untuk buah hati tercinta. Dengan berbagai pertimbangan, Kamu bisa memilih sekolah terbaik untuk si kecil. Berikut 10 tips memilih sekolah swasta agar tidak menyesal kemudian hari.

1. Jenis Sekolah

Sekolah swasta biasanya memang memberikan pilihan lebih spesifik misalnya Kamu ingin menyekolahkan anak berbasis agama atau menonjolkan kemampuan tertentu. Pelajari dulu mengenai profil sekolah swasta yang hendak Kamu pilih.

2. Status Sekolah Atau Track Record

Sebaiknya Kamu memperhatikan betul status sekolah swasta mulai tingkat akreditasi yang dimiliki. Hal ini penting untuk mendukung sistem pembalajaran terbaik si kecil selama bersekolah di sana.

3. Melihat Lingkungan Sekolah

Orangtua harus memperhatikan lingkungan sekolah sebelum memilih sekolah swasta yang tepat. Tak ada salahnya Kamu mengamati secara langsung mengenai sistem belajar, interaksi siswa dengan guru termasuk kegiatan anak-anak didik.

4. Sistem Kurikulum Yang Diterapkan

Sekolah swasta wajib menggunakan sistem kurikulum di Indonesia yang telah ditetapkan pemerintah atau dinas terkait. Tips memilih sekolah swasta adalah memastikan sistem kurikulum yang digunakan. Jika menambahkan sistem pembelajaran khusus seperti penonjolan agama atau bidang tertentu, bisa menjadi nilai tambah tersendiri.

5. Fasilitas Di Sekolah Swasta

Sekolah swasta dikelola oleh swasta biasanya memiliki fasilitas lebih lengkap dibandingkan sekolah negeri. Hal ini dikarenakan masalah biaya dan uang pangkal yang dibebankan kepada siswa. Pastikan Kamu mengecek soal fasilitas sekolah swasta terlebih dahulu agar memudahkan anak belajar nantinya.

6. Pergaulan Di Sekolah

Jika sekolah negeri lebih beragam tanpa membedakan latar belakang SARA, sekolah swasta mungkin lebih spesifik. Sebenarnya hal ini opsional tergantung jenis sekolah yang Kamu inginkan. Tetapi, pastikan Kamu memperhatikan pergaulan di sekolah swasta sehingga bisa memilih jenis sekolah yang benar-benar tepat.

7. Sistem Keamanan Di Sekolah

Pastikan Kamu melihat langsung mengenai sistem keamanan di sekolah dengan adanya satpam atau security di sekolah swasta tersebut.

8. Mempertimbangkan Jarak Ke Sekolah

Sekolah swasta bisa menjadi pilihan untuk Kamu yang ingin menyekolahkan anak di area dekat saja. Hal ini terjadi jika mungkin sekolah negeri cukup jauh dari domisili Kamu. Pastikan Kamu mempertimbangkan jarak ke sekolah juga ya!

9. Biaya

Sekolah swasta rata-rata mematok tarif lebih mahal dibandingkan sekolah negeri yang mendapatkan tunjangan dari pemerintah pusat. Pastikan mengecek dulu soal biaya bulanan sesuai dengan kemampuan Kamu membayar biaya pendidikan anak.

10. Pilihan Anak

Tips memilih sekolah swasta terbaik harus tetap melibatkan anak. Jika si anak memang menginginkan sekolah di tempat tersebut, kenapa tidak? Jangan pernah memaksakan kehendak pada anak sehingga ia merasa stress dan tidak maksimal belajar di sekolah baru.

Kamu wajib mempertimbangkan 10 tips memilih sekolah swasta untuk anak sebelum menjatuhkan pilihan yang tidak sesuai. Pertimbangkan kembali agar si kecil bisa lebih nyaman belajar di sekolah swasta unggulan.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *