Memilih Sekolah

Image: canva.com

10 Pertimbangan Dalam Memilih Sekolah Yang Tepat Untuk Anak

Memiliki anak adalah anugerah yang luar biasa indahnya. Ada sosok kecil yang mirip dengan wajah kita dan pasangan. Tugas kita adalah mendidiknya agar lebih baik dari kita. Untuk itulah memilih sekolah adalah tanggung jawab besar yang harus diemban oleh orangtua.

Anak harus lebih pintar dan lebih segala-galanya dari orangtua. Anak yang baik ilmu dan budi pekertinya adalah patokan kesuksesan bagi orangtua, tidak peduli bagaimana mengajarinya dan dimana belajarnya yang penting masih dalam ranah positif.

Sekolah adalah tempat yang paling penting perannya bagi perkembangan anak. Orangtua memang aktor utamanya, namun orangtua hanya akan mendidik anak saat di lingkup rumah saja.

Sedangkan anak belajar tidak selalu di dalam rumah saja, melainkan juga di luar rumah, di dlingkungan masyarakat dan di sekolah. Dengan demikian perkembangan dan pertumbuhan anak akan dilengkapi bumbu-bumbu yang pas.

Untuk menyekolahkan anak, orangtua harus memilih sekolah yang terbaik. Mulai usia 3 tahun kini anak sudah mulai disekolahkan, yakni masuk ke Playgroup. Kemudian secara bertahap sesuai dengan usianya sampai dengan memasuki pendidikan formal.

Baca Juga :  10 Tips Memilih Sekolah PAUD Yang Tepat Untuk Anak

Berikut adalah 10 tips untuk memilih sekolah yang terbaik untuk anak :

1. Mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang beberapa referensi sekolah untuk anak. Informasi bisa kita dapatkan dari internet, koran, brosur, dan atau dari mulut ke mulut.

2. Memperhatikan kualitas gurunya. Hal ini penting karena guru untuk anak-anak di preschool akan berbeda dengan guru di sekolah formal (mulai sekolah dasar sampai menengah).

Guru di preschool harus memiliki kesabaran ekstra dalam mengajari muridnya. Kualifikasi pendidikannya pun juga harus diperhatikan. Guru harus S1 pendidikan sesuai dengan jenjang pendidikan yang diampu.

3. Pilih sekolah yang memiliki kegiatan ekstrakurikuler sebagai ajang pengembangan diri bagi anak saat di sekolah. Anak bisa memilih ektra kurikuler berdasarkan bakat dan minat yang dimilikinya.

Baca Juga :  Perbedaan SMA Dan SMK Yang Perlu Kamu Tahu

4. Pastikan orangtua memilih sekolah yang disesuaikan dengan kemampuan keuangannya. Kita bisa mencari informasi tentang biaya SPP per bulan dan biaya-biaya yang lainnya. Jangan sampai mengikuti gengsi memilihkan sekolah unggulan dan termahal tetapi membebani dan anak justru tidak berkembang.

5. Ajak anak saat melakukan survey sekolah. Ini akan membuat anak juga ikut menentukan pilihannya sendiri disamping keputusan orangtua. Akan sama-sama enak karena sudah klop. Jika anak harus dipaksa maka tidak baik untuk perkembangannya karena tidak menyukai tempat belajarnya itu.

6. Pilih sekolah yang memiliki manajemen kelas yang bagus dalam satu kelas, minimal ada 10-15 siswa untuk 1 guru. Itu untuk preschool. Sedangkan untuk sekolah formal setidaknya ada 20 siswa dalam satu kelas.

Pastikan sekolah yang dipilih tidak terlalu banyak siswanya dalam satu kelas, karena akan mengganggu anak dalam konsentrasi belajarnya.

7. Memilihkan sekolah untuk anak bisa mempertimbangkan jenis sekolahnya. Apakah akan dimasukkan ke sekolah negeri, swasta umum, swasta keagamaan, pondok pesantren, atau sekolah taraf internasional. Pilih berdasarkan kemauan dan kemampuan anak.

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Masuk TK dan Biaya SPP TK Sederajat

8. Pilihkan sekolah yang jaraknya atau lokasinya tidak jauh dari rumah. Anak akan malas untuk sekolah karena jarak sekolah yang jauh dan menyebabkan mereka kecapekan. Waktu luangnya untuk bersantai menjdi berkurang.

9. Pilih sekolah yang lingkungannya mendukung, yakni aman dari ramainya jalan raya atau ramainya pedagang kaki lima. Ini akan mengganggu konsentrasi anak.

10. Orangtua harus memilih sekolah sesuai dengan kebutuhan anak. Pastikan apa yang anak butuhkan sudah tersedia pada sekolah yang kita pilih tersebut.

Bersekolah adalah hak seorang anak. Menyekolahkan adalah kewajiban orangtua. Keduanya harus dipenuhi dan berjalan dengan seimbang.

Pendidikan anak akan maksimal jika strategi memilih sekolah yang diterapkan oleh orangtua sudah tepat. Jangan memaksakan anak untuk mengikuti kemauan orangtua. Beri anak kebebasan memilih dan menentukan.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *