Tips Lolos Bidikmisi

Image: canva.com

10 Tips Lolos Bidikmisi Buat Kamu Yang Mau Kuliah Tahun 2019

Butuh tips lolos BidikMisi yang paling jitu? Bidikmisi merupakan salah satu program beasiswa yang banyak diincar oleh pelajar di Indonesia saat ini. Bidikmisi adalah beasiswa yang akan membantu pelajar kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas.

Bidik Misi merupakan program beasiswa yang bersifat penuh. Artinya semua biaya kuliah akan ditanggung oleh pemerintah sebagai penyedia dana. Kamu harus lolos seleksi dulu agar bisa menerima beasiswa Bidik Misi. Berikut adalah 10 tips lolos Bidikmisi yang bisa Kamu terapkan :

1. Rajin Mencari Informasi

Kamu harus rajin mencari informasi jika ingin lolos seleksi program beasiswa apapun termasuk Bidik Misi. Carilah informasi di internet dan jangan menunggu informasi dari orang lain. Kamu sendiri yang harus aktif mencari informasi.

2. Terus Belajar

Teruslah belajar dengan giat karena dengan belajar inilah Kamu akan bisa meningkatkan kualitas diri dan prestasimu. Pastikan nilai-nilaimu cukup bagus untuk membuat Kamu diterima.

3. Cari Tahu Kualifikasi

Cari tahu kualifikasi yang diharapkan oleh panitia Bidik Misi. Pastikan bahwa dirimu memenuhi kualifikasi tersebut sehingga bisa lolos sebagai penerima beasiswa Bidik Misi.

4. Lengkapi Persyaratan

Lengkapilah persyaratan yang dibutuhkan. Kamu bisa mencari di internet, apa saja syarat yang dibutuhkan. Lengkapi syarat-syarat tersebut satu per satu dan pastikan tidak ada yang kurang.

5. Catat Timeline Seleksi

Catatlah jadwal seleksi program beasiswa yang bersangkutan. Hal ini penting dilakukan agar Kamu tidak sampai melewatkan jadwal tersebut dan bisa mengikuti seleksi sesuai prosedurnya.

6. Jangan Sampai Terlambat

Jangan sampai terlambat mengumpulkan berkas-berkas dokumen. Catat tanggal pengumpulan karena satu hari keterlambatan tidak akan mendapatkan toleransi.

7. Bijak Memilih Jurusan Dan Universitas

Bijaklah dalam memilih jurusan dan universitas. Pastikan Kamu memilih jurusan dan universitas yang sesuai dengan kemampuan dan kualifikasimu. Dengan begitu peluang untuk diterima akan semakin besar.

8. Isi Formulir Dengan Jelas Dan Lengkap

Lakukan pengisian formulir dengan jelas dan lengkap. Informasi yang Kamu tuliskan di formulir harus selengkap-lengkapnya agar penyeleksi bisa mengenal identitasmu secara tepat.

9. Konsultasi Dengan Sekolah

Konsultasikan keinginanmu mendapatkan beasiswa Bidik Misi dengan pihak sekolah. Pihak sekolah juga pasti akan membantu Kamu mengikuti seleksi sampai bisa diterima.

10. Berdoa

Jangan pernah lupa untuk berdoa. Berdoalah agar Kamu bisa menjadi orang yang beruntung dan bisa mendapatkan beasiswa Bidik Misi. Dari sekian banyak orang yang mendaftar Bidik Misi, mintalah agar Kamu menjadi salah satu yang diterima.

Itulah tadi 10 tips lolos Bidikmisi untuk Kamu yang akan kuliah tahun ini. Pastikan bahwa Kamu sudah membulatkan tekad untuk mendaftar beasiswa ini. Jangan lupa, Kamu harus memenuhi persyaratan. Jika orang tuamu masih cukup mampu, maka berikan kesempatan kepada mereka yang lebih berhak.



Pada 04 Biaya Kuliah

About Tim Redaksi

Tim Redaksi merupakan tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar dunia pendidikan dan karir. Tim Redaksi selalu berusaha memberikan informasi bermanfaat dan terbaru buat Kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *