Tips Belajar TOEFL Sendiri

Image: canva.com

10 Tips Belajar TOEFL Sendiri Tanpa Perlu Ikut Les

Tes TOEFL menjadi persyaratan yang banyak dipakai untuk beberapa keperluan penting. Misalnya melamar pekerjaan atau mendaftar di suatu perguruan tinggi. Jika Kamu ingin mencoba tes ini, perlu untuk belajar agar mendapat skor tinggi. Kamu tidak harus mengikuti kursus bahasa Inggris, karena bisa belajar TOEFL sendiri.

Bukan berarti tidak belajar di kursus akan membuat Kamu gagal dalam tes TOEFL. Karena pada dasarnya, Kamu sudah belajar materi bahasa inggris sejak dari bangku sekolah dasar, maka minimal sudah memiliki materi dasar bahasa inggris. Berikut ini beberapa tips belajar TOEFL sendiri yang bisa Kamu coba untuk mendapatkan skor tinggi :

1. Membaca Buku Panduan Tes TOEFL

Persiapan tes yang paling penting yaitu mempelajari buku panduan tes TOEFL. Di kursus bahasa inggris, yang akan dibahas juga buku persiapan tes ini. Sehingga sama saja Kamu membaca buku tersebut.

Baca Juga :  Jenis-Jenis Soal TOEFL Dan Strategi Mengerjakan Soalnya

Bedanya, di kursus akan ada orang lain yang akan membimbing untuk memahami isi dari buku panduan. Sekalipun belajar sendiri, Kamu tidak perlu sedih karena ada beberapa buku panduan yang menyertakan review mengenai materi tes.

2. Membaca Artikel Tentang TOEFL

Kamu bisa menambah wawasan dan tips tes dari membaca artikel yang mengulas tentang tes TOEFL. Biasanya ada juga yang menyertakan soal tes tersebut.

3. Membuat Blog Memakai Bahasa Inggris

Kamu bisa belajar aspek writing ketika menulis di blog memakai bahasa inggris. Selain itu, menulis juga bisa meningkatkan kemampuan grammar atau structure dengan baik.

4. Bergabung Dengan Grup Facebook Tentang TOEFL

Kamu bisa menyiapkan diri dengan bergabung di grup facebook tentang TOEFL. Di sana Kamu bisa berdiskusi mengenai tes yang akan dihadapi.

Baca Juga :  10 Cara Menjawab Soal TOEFL Structure Bagi Yang Akan Tes

5. Chatting Dengan Orang Luar Negeri

Kamu bisa meningkatkan kemampuan bahasa inggris dengan chatting atau berkirim pesan dengan orang luar negeri atau native speaker.

6. Menonton Video Di Youtube Yang Memakai Bahasa Inggris

Saat ini di Youtube sudah banyak video yang berkaitan dengan tes TOEFL. Itu sangat membantu Kamu dalam mempersiapkan diri menjelang tes.

7. Belajar Berbicara Bahasa Inggris Bersama Teman

Hilangkan rasa malu dan ragu ketika berbicara menggunakan bahasa inggris. Caranya yaitu dengan mengajak ngobrol teman dengan memakai bahasa tersebut.

8. Siapkan Waktu Lama Untuk Belajar

Kamu bisa menyiapkan waktu lebih lama untuk belajar. Semakin lama Kamu belajar, maka semakin banyak materi yang dikuasai. Alokasikan waktu 2 jam perhari selama seminggu sebelum tes dilaksanakan.

Baca Juga :  10 Tips Lulus Tes TOEFL Dan Strateginya Untuk Mendapatkan Skor Tinggi

9. Melakukan Tes Simulasi

Sebelum melakukan tes yang asli, Kamu bisa mencoba tes simulasi. Hal ini akan membuat Kamu mengerti sejauh mana materi yang sudah dikuasai.

10. Mengonsumsi Makanan Sehat

Jangan lupa untuk menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan sehat sebelum tes dilaksanakan. Ini bisa meningkatkan fokus belajar agar Kamu mendapatkan skor tinggi dari tes tersebut. Menjaga kesehatan juga sangat penting agar tidak jatuh sakit ketika hari tes tiba.

Demikian beberapa tips belajar TOEFL sendiri yang bisa dicoba. Kamu tidak perlu mengikuti kursus atau bimbingan tertentu untuk mendapatkan skor tinggi ketika tes. Selama Kamu rajin belajar, soal-soal TOEFL bisa Kamu selesaikan dengan mudah.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *