Cara Menjawab Soal TOEFL Listening

Image: canva.com

10 Cara Menjawab Soal TOEFL Listening Bagi Yang Akan Tes

Bagaimana cara menjawab soal TOEFL listening? Kita tahu bahwa TOEFL merupakan salah satu jenis tes yang mengukur kemampuan kita dalam berbahasa Inggris. Tes ini biasanya dibutuhkan ketika Kamu ingin mendaftar kuliah, melamar pekerjaan, atau bisa juga saat akan melamar beasiswa.

TOEFL terdiri dari beberapa bagian dan salah satunya adalah listening. Tes listening pada TOEFL merupakan tes dimana Kamu harus mendengarkan pertanyaan secara lisan. Tes ini sering menjadi tantangan bagi banyak orang. Berikut 10 cara menjawab soal TOEFL listening yang bisa dilakukan :

1. Tenang

Kamu harus tenang ketika menghadapi TOEFL terutama saat bagian listening. Jangan panik dan jangan takut. Jangan merasa gugup dan yakinlah Kamu bisa melewati tes dengan baik.

Baca Juga :  10 Cara Menjawab Soal TOEFL Structure Bagi Yang Akan Tes

2. Mulai Dengan Berdoa

Jangan lupa berdoa sebelum memulai tes. Berdoalah agar Kamu diberikan kemudahan dan kelancaran mengerjakan tes. Berdoa juga bisa membuat Kamu lebih percaya diri dalam mengerjakan tes.

3. Cari Posisi Duduk Ternyaman

Carilah posisi duduk yang paling nyaman saat akan mengerjakan tes. Jika posisi dudukmu nyaman, maka Kamu juga bisa lebih fokus dalam mendengarkan.

4. Dengarkan Dengan Seksama

Pastikan Kamu mendengarkan dengan seksama. Pertanyaan akan disampaikan secara lisan jadi Kamu harus mendengarkan dengan baik agar bisa menjawab pertanyaan tersebut.

5. Baca Dulu Pilihan Jawaban

Baca dulu pilihan jawaban sebelum soal dibacakan. Biasanya ada jeda waktu sebelum pertanyaan berikutnya dibacakan. Gunakan jeda waktu itu untuk membaca pilihan jawaban terlebih dahulu.

Baca Juga :  10 Cara Menjawab Soal TOEFL Reading Comprehension

6. Jika Terlewat Maka Lupakan

Jika Kamu melewatkan satu soal dan tidak bisa memahaminya maka lupakan saja. Jangan membuang waktu untuk mencoba memahami apa yang tidak bisa Kamu dengar.

7. Jangan Memikirkan Soal Sebelumnya

Jangan pernah memikirkan soal sebelumnya jika Kamu akan beranjak ke soal berikutnya. Tak perlu memikirkan apakah jawabanmu sudah benar atau belum. Langsung saja pindah ke soal berikutnya agar bisa lebih menghemat waktu dan Kamu bisa lebih fokus.

8. Cari Kata Kunci

Carilah kata kunci dari pertanyaan yang disampaikan. Paling tidak Kamu menangkap satu kata kunci yang bisa mengarahkanmu pada pertanyaan yang diajukan.

9. Jaga Kesehatan

Jagalah kesehatan agar Kamu bisa menghadapi tes dalam kondisi prima. Pastikan Kamu beristirahat yang cukup dan makan yang teratur agar bisa menghadapi tes dengan badan yang sehat.

Baca Juga :  10 Tips Lulus Tes TOEFL Dan Strateginya Untuk Mendapatkan Skor Tinggi

10. Siapkan Mental

Selain menjaga kesehatan fisik Kamu juga harus menjaga kondisi mentalmu. Jangan gugup, jangan takut, dan tak perlu merasa minder. Mentalmu harus kuat agar bisa menghadapi TOEFL dengan lancar.

Itulah tadi 10 cara menjawab soal TOEFL listening yang bisa Kamu coba lakukan. Pastikan Kamu benar-benar mempersiapkan diri agar bisa menghadapi tes dengan baik dan lancar. Ingat, jangan gugup dan cobalah mempersiapkan diri dengan berlatih banyak soal listening.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *