Tahapan Menjadi Pilot

Image: canva.com

Tahapan Menjadi Pilot Yang Perlu Di Tempuh Sebelum Kerja Di Maskapai

Status pekerjaan sebagai seorang pilot tentu bisa dikatakan sangat prestige dan terkenal dengan banyaknya gaji bulanan yang didapat. Belum lagi berbagai tunjangan yang diberikan, mulai dari kesehatan, keamanan, dan sebagainya. Nah, sebagai salah satu pekerjaan yang banyak diidamkan anak muda, mari di artikel kali ini kita membahas tentang tahapan menjadi pilot. Check this out!

Syarat Utama Mendaftar Sebagai Seorang Pilot

Meski bergaji besar, namun pada kenyataannya pekerjaan sebagai seorang pilot bukanlah jenis pekerjaan yang cocok dicoba sembarang orang. Hanya mereka yang sangat berkualifikasi saja yang dapat mengenyam pendidikan profesi satu ini. Tingginya resiko yang didapat dan besarnya tanggung jawab yang dibawa membuat seorang pilot harus memenuhi berbagai persyaratan tersendiri.

Baca Juga :  Perkiraan Gaji Pilot Atau Pendapatan Yang Didapat Dalam 1 Bulan

Nah, adapun berbagai persyaratan yang harus disiapkan biasanya adalah ijasah kelulusan SMA sederajat dengan usia minimal sekitar 17 tahun. Tinggi badan calon peserta juga harus minimal sekitar 160 cm dengan fisik yang sehat dan tanpa cacat. Tentu Kamu tidak bisa mengelabui petugas. Pasalnya, Kamu akan dites mulai dari EKG, Buta Warna, EEG, hingga epilepsi.

Tidak hanya dari fisik saja, pilot juga diwajibkan memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi. Pasalnya, Kamu nanti akan dihadapkan dengan berbagai kemungkinan kondisi yang membutuhkan keputusan cepat dan tepat. Banyak tes yang diberikan, mulai dari tes logika hingga TOEFL harus dilakukan.

Begitu semua syarat sudah ada, maka Kamu tinggal mendaftar. Tentunya, besaran biaya sekolah pilot bervariasi. Untuk contoh saja, Bali International Flight Academy memiliki biaya sekolah mencapai 670 juta rupiah. Belum lagi jika Kamu mengambil sekolah di luar negeri yang biayanya bisa mencapai Miliaran rupiah. Namun tentunya, gaji yang akan Kamu dapat juga sepadan.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Menjadi Pilot Sebagai Pilihan Yang Tepat

Tahapan Mendaftar Pilot Maskapai

Setelah menyelesaikan masa pendidikan dan mendapat lisensi, maka Kamu bisa mendaftar di berbagai maskapai penerbangan komersial. Adapun beberapa lisensi-lisensi yang memang wajib Kamu miliki untuk menjadi seorang pilot resmi antara lain Private Pilot License, Commercial Pilot License, Instrument Rating, dan terakhir adalah Multi Engine Rating.

Untuk tahapan menjadi pilot di maskapai sendiri, juga memerlukan banyak tes untuk dijalani. Mulai dari tes tulis, tes kemampuan bahasa inggris, dan psikotes. Selain itu, Kamu juga harus melalui tes kesehatan, ethic test, dan pantauan akhir. Semua proses ini membutuhkan waktu sekitar 5-6 bulan untuk selesai.

Yang unik, calon pilot biasanya diperkenankan memilih jenis pesawat yang nanti ingin dikemudikannya. Umumnya ada dua pilihan, yakni Airbus 320 atau bisa juga Boeing 737. Kedua jenis ini memang yang banyak dipakai untuk jenis komersil.

Baca Juga :  Syarat Menjadi Pilot Dan Biaya Pendidikan Yang Dibutuhkan

Kesimpulannya, meski biaya sekolah pilot mahal, tahapan yang harus dilalui panjang dan rumit, namun apa yang akan Kamu dapat juga sepadan dengan perjuanganmu. Tidak hanya gaji besar, berbagai tunjangan dan juga status sosial yang baik akan Kamu genggam.

Demikian ulasan tentang tahapan menjadi pilot sebelum masuk kerja di maskapai penerbangan komersial. Semoga bermanfaat.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *