Cara Dan Syarat Pendaftaran Masuk SMP

Image: canva.com

Daftarkan Anak Ke SMP? Ini Cara Dan Syarat Pendaftaran Masuk SMP

SMP merupakan jenjang pendidikan tingkat pertama yang wajib ditempuh calon anak didik yang baru lulus SD. Demi mendukung program wajib belajar 12 tahun, Kamu harus mengetahui cara dan syarat pendaftaran masuk SMP berikut ini.

Syarat Masuk SMP Berdasarkan Aturan Kemendikbud

Berdasarkan Permendikbud nomor 14 tahun 2018 menyebutkan tiga hal yang wajib diperhatikan calon siswa didik sebelum masuk SMP berikut ini.

1. Syarat Usia Dan Kelulusan

Persyaratan masuk SMP bagi calon peserta didik adalah berusia maksimal 15 tahun pada 1 juli ajaran baru. Syarat usia yang ditetapkan harus dibuktikan dengan menyertakan akta kelahiran atau surat keterangan lahir yang dilegalisir kepala desa. Selain itu, wajib pula menyertakan dokumen persyaratan lain yaitu STTB atau Surat Tanda Tamat Belajar/ijazah pendidikan bangku sekolah dasar/sederajat.

Baca Juga :  10 Tips Memilih SMA Setelah Lulus SMP Yang Tepat Untuk Anak

2. Urutan Daftar Prioritas Penerimaan

Daya tampung sebuah sekolah berdasarkan tiga hal yang telah ditetapkan berikut ini.

  • Jarak terdekat ke lingkungan sekolah berdasarkan jalur zonasi
  • Nilai UN SD atau bentuk lain yang sederajat
  • Prestasi calon siswa didik di bidang akademik atau non akademik yang diakui sekolah berdasarkan kewenangan daerah masing-masing.

3. Sistem Zonasi

Pro dan kontra peraturan memang hal yang wajar termasuk peraturan soal zonasi sekolah beberapa waktu lalu. Permendikbud menetapkan jalur zonasi sebagai prioritas penerimaan siswa baru. Daya tampung sekolah berdasarkan zonasi ini minimal dengan kuota 90 persen dari total keseluruhan siswa nantinya.

Dokumen Yang Dibutuhkan Dalam Syarat Pendaftaran Masuk SMP

Baca Juga :  10 Tips Memilih Sekolah Setelah Lulus SMP Yang Tepat Untuk Anak

Dokumen yang dibutuhkan sebagai syarat pendaftaran masuk SMP antara lain bukti kelulusan/ijazah, akta kelahiran dan Kartu Keluarga/Surat Keterangan Domisili. Berkas yang dibutuhkan sebenarnya opsional tergantung dengan jalur yang Kamu pilih. Misalnya Kamu ingin masuk SMP menggunakan jalur prestasi, maka wajib mencantumkan sertifikat/piagam atau bukti kepemilikan piala.

Masing-masing jalur masuk siswa SMP memiliki persyaratan tertentu yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Kamu. Jalur PPDB terdiri dari enam jalur yaitu prestasi, NHUN, Warga Penduduk Setempat (WPS), Jalur Keluarga Ekonomi Tidak Mampu, Penghargaan Maslahat Guru dan Anak Berkebutuhan Khusus/Disabilitas. Cara mendaftar masuk ke SMP bisa melalui online dan konvensional atau datang langsung ke sekolah yang dituju.

Baca Juga :  10 Tips Memilih Sekolah Menengah Pertama (SMP) Yang Tepat Untuk Anak

Jika ingin melakukan pendaftaran ke SMP terkait, bisa langsung mengunjungi laman resmi PPDB. Kemendikbud sendiri mendorong pemerintah daerah membuka jalur pendaftaran secara online untuk memudahkan para orangtua modern melakukan pendaftaran tanpa harus antri. Isi formulir pendaftaran termasuk membayar biaya yang berlaku. Kamu harus mencetak bukti pembayaran dan melakukan verifikasi ke sekolah terkait.

Setelah proses verifikasi selesai, Kamu hanya perlu menunggu hasil pengumuman PPDB online. Sebaiknya siswa didik mendaftarkan diri ke lebih dari satu sekolah sebagai antisipasi tidak diterima di sekolah yang diinginkan. Cara mendaftar sekolah online lebih praktis dan menghemat biaya, waktu serta tenaga. Nah, sudahkah Kamu mempersiapkan syarat pendaftaran masuk SMP tahun ini?




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *