Biaya Kuliah Teknologi Industri Pertanian

Image: canva.com

Perkiraan Biaya Kuliah Teknologi Industri Pertanian untuk Jenjang S1

UKT atau Uang Kuliah Tunggal merupakan sistem pembayaran biaya kuliah per semester di berbagai PTN atau Pendidikan Vokasi di Indonesia. Melalui program UKT, pemerintah memberikan subsidi keringanan biaya sesuai dengan kemampuan finansial orangtua. Namun, ada beberapa PTN yang memiliki prodi SAINTEK memberikan biaya UKT lebih tinggi karena kebutuhan praktikum dan penelitian. Kalau Kamu hendak masuk PTN ternama yang memiliki Fakultas Pertanian, sebaiknya ketahui perkiraan biaya kuliah Teknologi Industri Pertanian.

Biaya kuliah Teknologi Industri Pertanian di PTN terbaik Indonesia

Besaran UKT setiap mahasiswa memiliki nilai tetap sejak masuk kampus hingga lulus jenjang S1. Kontribusi orangtua dalam membayar UKT telah mendapatkan pertimbangan sosial ekonomi sesuai golongan masing-masing. Berikut data besaran UKT semua jalur masuk baik SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri salah satu PTN yang memiliki akreditasi SAINTEK terbaik di Indonesia tahun 2019 yaitu :

  • Golongan I UKT 2.400.000
  • Golongan II UKT 4.000.000
  • Golongan III UKT 7.000.000
  • Golongan IV 9.000.000
  • Golongan V 11.000.000
Baca Juga:  10 Alasan Memilih Jurusan Teknologi Industri Pertanian Bagi Yang Bingung

Perkiraan biaya kuliah Teknologi Industri Pertanian di setiap kampus yang memiliki Fakultas Teknik Pertanian bisa berbeda. Hal ini tergantung dengan kebijakan dan peraturan rektor kampus tersebut, ya! Ada beberapa universitas negeri di Indonesia yang memberikan UKT golongan I hanya 500 ribu rupiah untuk jurusan Teknologi Industri Pertanian berdasarkan pertimbangan ekonomi orangtua.

Untuk Kamu yang memiliki masalah kendala biaya namun tertarik masuk prodi Teknologi Industri Pertanian, sebaiknya persiapkan diri mengikuti seleksi beasiswa bidik misi dari pemerintah Indonesia. Beasiswa bidik misi ditujukan kepada calon penerima yang berprestasi yang berasal dari keluarga dengan kemampuan ekonomi terbatas. Tidak hanya gratis biaya pendidikan hingga lulus kuliah, Kamu bisa mendapatkan tunjangan biaya hidup setiap bulan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Baca Juga:  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Teknologi Industri Pertanian Jenjang S1

Biaya tambahan untuk mahasiswa prodi Teknologi Industri Pertanian

Sistem UKT diberikan kepada mahasiswa agar tidak terbebani biaya SKS, praktikum dan lain-lain selama kuliah di PTN. Toh, banyak PTS di Indonesia yang memiliki sistem pembayaran UKT sama seperti PTN. Tidak ada biaya tambahan selama kuliah bisa membantu meringankan beban finansial keluarga Kamu, bukan?

Hanya saja mahasiswa yang masuk prodi Teknologi Industri Pertanian jalur mandiri atau undangan khusus wajib membayar biaya pengembangan institusi. Besaran biaya pengembangan bervariasi hingga puluhan juta rupiah untuk jalur khusus ini. Setiap kampus memiliki kebijakan masing-masing mengenai besaran biaya pengembangan institusi atau fasilitas universitas terkait.

Baca Juga:  10 Peluang Atau Prospek Kerja Teknologi Industri Pertanian dan Gajinya

Nah, apakah Kamu masih ragu hendak masuk Teknologi Industri Pertanian? Biaya kuliah Teknologi Industri Pertanian yang lebih besar dari jurusan rumpun Sains dan Matematika murni atau jurusan di SOSHUM bukan tanpa alasan. Kamu membutuhkan peralatan dan perlengkapan yang mendukung setiap riset dan praktikum berkaitan ilmu alam. Harga yang mahal sebanding dengan prospek kerja yang dibutuhkan sektor industri di mana saja. Ingin bebas biaya sepeser pun, dapatkan informasi beasiswa bidik misi atau program pendidikan lain ya!