Perkiraan Biaya Kuliah Teknologi Hasil Pertanian

Image: canva.com

Perkiraan Biaya Kuliah Teknologi Hasil Pertanian Untuk Jenjang S1

Biaya kuliah Teknologi Hasil Pertanian pada universitas negeri dan swasta pastinya berbeda. Untuk universitas negeri biayanya akan menyesuaikan dengan gaji atau penghasilan orang tua Kamu, sedangkan di universitas swasta punya kebijakan sendiri untuk biayanya. Memang di beberapa universitas swasta biayanya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan universitas negeri.

Namun jika Kamu sudah berniat ingin kuliah maka mau kuliah di universitas negeri maupun swasta sebenarnya sama saja tergantung jurusan yang Kamu pilih dan niat yang sungguh-sungguh pasti Kamu bisa sukses, asalkan Kamu serius dan mencari ilmu yang sebanyak-banyaknya saat di bangku perkuliahan, tidak hanya main-main saja namun belajar dengan tekun dan sungguh-sungguh.

Untuk Kamu yang ingin kuliah maka sebaiknya segera cari informasi mengenai universitas mana yang akan Kamu tuju dan jurusan apa yang akan Kamu pilih, jika sudah yakin maka Kamu juga harus cari tahu biaya kuliah yang dibutuhkan selama 4 tahun kuliah agar orang tuamu bisa mempersiapkan biayanya sedini mungkin. Jangan lupa juga menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan seperti laptop, buku, tas, pakaian, sepatu, dan lain-lain.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Teknologi Hasil Pertanian Dan Gajinya

Jurusan Teknologi Hasil Pertanian

Program studi Teknologi Hasil Pertanian ini mempelajari proses yang terjadi pasca panen serta pengolahan hasil pertanian tumbuhan maupun hewan. Memang jurusan ini tidak sepopuler jurusan-jurusan yang lainnya namun prospek kerjanya cukup besar jika Kamu bisa memanfaatkan peluang yang ada. Nah berikut ini adalah prospek kerja bagi Kamu yang ingin mengambil jurusan Teknologi Hasil Pertanian.

1. Industri Pengolahan Pertanian

Lulusan Teknologi Hasil Pertanian dapat bekerja di industri pengolahan pertanian sebagai Quality Control, dan gaji yang ditawarkan cukup besar bisa sekitar 3-4 juta hingga di atas 10 juta untuk yang tingkat menengah atas.

2. Konsultan

Kamu juga bisa bekerja sebagai konsultan pada industri makanan seperti bagaimana proses produksi yang baik, kualitas produk, pemasaran, dan lain-lain. Dengan jadi konsultan Kamu bisa mendapat penghasilan puluhan hingga belasan juta lhoo.

Baca Juga :  Mengenal Beberapa Mata Kuliah Teknologi Hasil Pertanian Untuk Jenjang S1

3. Peneliti

Seorang peneliti sangat dibutuhkan untuk kemajuan masyarakat, Kamu bisa menjadi peneliti yang mengembangkan pertanian Indonesia. Soal gaji jelas tidak perlu ditanyakan lagi karena akan sebanding dengan hasil kerja kerasmu.

4. BPOM

Lulusan Teknologi Hasil Pertanian juga bisa kerja di BPOM karena pastinya untuk menjamin suatu makanan aman untuk dikonsumsi juga harus memerlukan seorang ahli dibidangnya.

5. Pengusaha

Seorang pengusaha juga harus memiliki ilmu dan ide-ide yang cemerlang. Nah Kamu bisa saja menjadi pengusaha makanan atau olahan pangan yang lain karena dilihat dari kebutuhan manusia yang semakin meningkat setiap harinya.

Biaya Kuliah Teknologi Hasil Pertanian

Untuk biaya kuliah Teknologi Hasil Pertanian pastinya akan berbeda-beda tiap universitas. Tetapi Kamu bisa menyiapkan sekitar 1 juta sampai 8 jutaan per semester untuk sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT), tetapi tidak semua biayanya disamaratakan tiap mahasiswa, biaya UKT ini akan tetap berdasarkan dari hasil gaji orang tua.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Bagi Yang Bingung

Untuk universitas negeri dan swasta pun berbeda-beda biayanya, biasanya memang untuk universitas swasta sedikit lebih mahal daripada universitas negeri. Namun jangan khawatir karena sekarang banyak universitas yang menyediakan beasiswa untuk mahasiswa berprestasi ada juga beasiswa bidikmisi dan masih banyak lagi.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *