Perkiraan Biaya Kuliah Sastra Jawa

Image: canva.com

Perkiraan Biaya Kuliah Sastra Jawa Untuk Jenjang S1

Masuk jurusan Sastra Jawa itu harus kuat menghadapi pertanyaan yang aneh. Pertanyaan aneh seperti apa sih yang dimaksud? Orang-orang menganggap mahasiswa Sastra Jawa itu mengetahui seluk beluk tentang Jawa, mulai dari ilmunya, sastranya, kebudayaannya, dan bahkan tentang mistisnya. Mahasiswa memang belajar sedikit tentang seluk beluk Jawa, tapi bukan berarti mengetahui semuanya. Berbicara mengenai jurusan yang cuma ada di Indonesia ini ternyata memiliki perkiraan biaya kuliah Sastra Jawa sebesar Rp. 6,5 juta per semesternya.

Jurusan Sastra Jawa

Program studi Sastra Jawa itu mempelajari linguistik, bahasa, karya sastra, dan kebudayaan Jawa secara mendalam. Hal-hal yang dipelajari mahasiswa Sastra Jawa tentu berkaitan dengan pulau Jawa. Meskipun begitu, bukan berarti mahasiswa Sastra Jawa dipersiapkan untuk menjadi seorang sinden, dalang, pelaku budaya, pemain gamelan, atau penembang. Di jurusan ini justru Kamu akan lebih banyak bertemu dengan naskah-naskah Jawa kuno.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Sastra Jawa Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

Naskah-naskah Jawa kuno itu memiliki berbagai topik bahasan, mulai dari politik, filsafat, hingga hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan. Apabila Kamu merasa tertarik untuk menjadi peneliti budaya Jawa, maka tepat sekali masuk ke dalam jurusan ini. Adapun hal-hal yang membuat orang tertarik dengan prodi ini ialah memiliki minat yang besar terhadap kebudayaan Jawa ini. Biasanya mereka mencoba melestarikannya hingga ke mancanegara.

Mata Kuliah Jurusan Sastra Jawa

Penasaran nggak sama mata kuliah apa aja yang akan dipelajari mahasiswa Sastra Jawa? Inilah mata kuliah yang akan Kamu pelajari nanti, di antaranya: penguasaan bahasa Jawa, pengantar kebudayaan Jawa, pengantar kesusastraan Jawa, fonetik dan fonologi Jawa, prosa dan drama Jawa, kebudayaan Indonesia, morfologi dan sintaksis Jawa, aksara daerah, bahasa Jawa kuna, semantik dan pragmatik, pengantar filologi Jawa, puisi Jawa, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Sastra Jawa Dan Gajinya

Dengan mata kuliah yang lebih spesifik membahas seluk beluk budaya Jawa, maka prospek kerjanya juga terbatas. Mahasiswa Sastra Jawa khusus dipersiapkan menjadi seorang peneliti kebudayaan Jawa, ahli bahasa Jawa, dosen dan guru bahasa Jawa, atau penerjemah. Bahasa dan kebudayaan Jawa sendiri kini telah mendunia, bahkan di Inggris ada komunitas kebudayaan Jawa. Di sana juga disediakan alat-alat musik tradisional seperti gamelan.

Perkiraan Biaya Kuliah Sastra Jawa

Bangga bukan melihat salah satu budaya Indonesia berkembang di negara orang? Hal ini memberi kesempatan kepada Kamu untuk kuliah Sastra Jawa dan mengajarkannya kembali di luar negeri.

Perkiraan biaya kuliah Sastra Jawa untuk perguruan tinggi negeri biasanya disesuaikan dengan kemampuan ekonomi keluarga masing-masing. Biaya kuliah Sastra Jawa menerapkan sistem UKT dengan pembayaran tertinggi Rp. 6,5 juta per semester dan uang pangkal sebesar Rp. 11 juta. Semoga informasi tentang biaya kuliah ini bermanfaat ya buat Kamu. Dan semoga bisa diterima dikampus idaman.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *