Alasan Memilih Jurusan Sastra Jawa

Image: canva.com

10 Alasan Memilih Jurusan Sastra Jawa Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

Masih bingung memilih jurusan yang akan ditempuh di jenjang perkuliahan? Sebenarnya ada banyak jurusan yang bisa diketahui dan di pertimbangkan untuk dipilih salah satu, misalnya jurusan Sastra Jawa. Nah, berikut ini akan diuraikan secara rinci mengenai alasan memilih jurusan Sastra Jawa yang wajib Kamu ketahui:

1. Budaya Lokal Tetap Lestari Untuk Semua Generasi

Sastra Jawa adalah jurusan yang memberikan materi mengenai seluk beluk budaya lokal, tidak hanya bahasa saja, melainkan juga budaya-budaya lain. Seperti tutur bahasa, kebiasaan hingga aturan. Sehingga Kamu bisa lebih mengetahui konsep dasar budaya. Hal ini juga akan membuat budaya lokal terus lestari.

2. Mengasah Kemampuan Sendiri

Saat Kamu mulai untuk belajar mendalami budaya atau adat Jawa, khususnya sastra. Maka setiap pertemuan di dalam kelas, Kamu akan selalu mendapat ilmu baru mengenai variasi bahasa dan pengelompokannya. Seperti bahasa krama alus, ngoko andhap, ngoko alus, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Kuliah Sastra Jawa Untuk Jenjang S1

3. Lebih Memahami Bahasa Daerah

Alasan memilih jurusan Sastra Jawa selanjutnya adalah Kamu bisa lebih memahami bahasa daerah. Maksudnya, bahasa daerah (Jawa) dengan banyak jenis, pasti memiliki tingkatan kesantunan dalam pengucapan secara lisan. Nah, dari pengelompokan tersebut, Kamu bisa menempatkan kapan dan untuk siapa menggunakan bahasa Jawa tersebut.

4. Calon Peneliti Budaya Muda

Sastra Jawa yang tidak hanya mempelajari bahasa saja, namun juga jenis budaya Jawa lain, maka ilmu yang Kamu miliki akan semakin banyak. Sehingga, mampu menjadikan Kamu sebagai peneliti budaya muda.

5. Banyak Menjumpai Naskah Kuno

Namanya saja sastra Jawa alias budaya lokal. Lokal memiliki arti waktu yang sudah lama atau terdahulu. Sehingga, tidak heran saat Kamu berada di jurusan Sastra Jawa ini, Kamu banyak menjumpai naskah kuno terdahulu.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Sastra Jawa Dan Gajinya

6. Memahami Sampai Akar Jawa

Ketika naskah kuno yang sudah Kamu pelajari dan mengerti, maka akar dari budaya tersebut bisa didalami. Dengan demikian saat peran teknologi baru semakin canggih, Kamu tetap bisa melestarikan budaya sastra Jawa memalui naskah kuno ditengah moderenisasi teknologi.

7. Unique Novelis

Novel banyak diciptakan oleh novelis muda yang berbakat, seperti dalam jurusan Sastra Bahasa Indonesia. Namun, saat ini belum banyak diketahui dan diminati novel berbahasa daerah. Padahal bahasa daerah (Jawa) adalah produk lokal yang harus dilestarikan. Oleh karena itu, dengan banyaknya pengetahuan bahasa Jawa yang sudah di kantongi, Kamu bisa membuat novel dan menjadi Unique Novelis Jawa.

8. Pelaku Seni Jawa

Seseorang yang sudah mempelajari seni Jawa, bahkan sering mengimplementasikannya melalui berbagai perlombaan. Maka saat menjadi lulusan sastra Jawa akan menjadi pelaku seni teater, membuka usaha batik hingga seni lukis.

Baca Juga :  Perkiraan Biaya Kuliah Sastra Jawa Untuk Jenjang S1

9. Tenaga Pengajar

Sastra Jawa bisa mengantarkan Kamu menjadi seorang pengajar, baik menjadi seorang guru atau dosen. Kamu bisa menjadi seorang tenaga pengajar yang profesional, membagi ilmu kepada semua peserta didik yang diampu.

10. Memiliki Softskill Seni Jawa

Di masa perkuliahan, Kamu akan dibekali soft-skill yang menarik mengenai sastra Jawa. Misalnya seni karawitan, tembang-tembang Jawa, panatacara dan lain sebagainya. Hal itu bisa Kamu peroleh melalui perkuliahan yang setiap hari Kamu jalani. Namun jika seni tersebut ingin Kamu kembangkan lebih dalam, Kamu bisa mengambil UKM atau ekstrakulikuler seni Jawa.

Nah, itu tadi adalah 10 alasan memilih jurusan Sastra Jawa yang wajib Kamu ketahui. Semoga informasi di atas dapat membantu Kamu dalam mempertimbangkan jurusan yang akan diambil saat kuliah nanti.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *