Perkiraan Biaya Kuliah Sastra Indonesia

Image: canva.com

Perkiraan Biaya Kuliah Sastra Indonesia Untuk Jenjang S1

Seseorang yang hobi menulis biasanya mencurahkan isi hatinya lewat puisi, lirik lagu, novel, dan lain sebagainya. Hobi ini wajib dikembangkan agar dapat menghasilkan penghasilan untuk sehari-hari. Caranya yaitu mendalami hobi dengan kuliah di jurusan Sastra Indonesia. Bakat menulis Kamu akan semakin terasah apabila mengetahui bagaimana caranya membuat karya tulis yang bagus. Berbicara mengenai biaya kuliah Sastra Indonesia sendiri disesuaikan dengan kemampuan ekonomi keluarga masing-masing.

Sastra Indonesia

Program studi Sastra Indonesia yang diselenggarakan universitas terbaik di Indonesia mempelajari tren sastra dari masa lalu dan masa kini. Hal-hal yang dipelajari mulai dari subjek sastra, puisi, drama, roman, novel, dan linguistik. Saat memasuki semester empat Kamu akan diarahkan untuk memilih peminatan, yang terdiri dari peminatan sastra, peminatan linguistik, dan peminatan filologi.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Sastra Indonesia Dan Gajinya

Hal apa saja yang akan didapatkan dengan mempelajari Sastra Indonesia? Kamu akan mendapat pengetahuan dan cakrawala yang luas. Dengan membaca banyak karya sastra, Kamu tidak hanya memahami gaya bahasa dan apresiasi cerita, lebih dari itu Kamu akan lebih peka karena menggunakan rasa untuk memahami apa yang dimaksud penulis. Maka dari itu, Kamu yang suka dengan buku dan menulis sepertinya cocok masuk jurusan ini.

Apabila kita berbicara mengenai prospek kerja pun, lulusan Sastra Indonesia tentu bisa bekerja dengan segala hal yang berkaitan dengan menulis dan karya seni. Mengingat jaman digital sekarang ini membutuhkan banyak penulis dalam mempromosikan produk dengan gaya bahasa yang unik. So, Kamu dapat menjadi content writer, copywriter, editor, penerjemah, penulis naskah, guru bahasa Indonesia, dan blogger.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Sastra Indonesia Bagi Yang Bingung Kuliah

Biaya Kuliah Sastra Indonesia

Jurusan yang berbau sastra biasanya diselenggarakan perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Enaknya kuliah di universitas terbaik tersebut ialah biaya kuliah yang disesuaikan dengan kemampuan ekonomi keluarga masing-masing. Namun, ada beberapa hal yang harus dibayar juga seperti BOP-B yang berkisar antara Rp. 100 ribu – Rp. 5 juta, kemudian BOP sebesar Rp. 6,5 juta per semester dan uang pangkal Rp. 11 juta.

Jadi, total biaya kuliah Sastra Indonesia kalau BOP-B nya Rp. 100 ribu dan BOP 6,5 juta serta uang pangkal 11 juta yaitu sebesar Rp. 17,5 juta. Ini belum di tambah dengan UKT yang Kamu terima dari kampus. Kamu bisa mempersiapkan uang sekitar Rp. 24 jutaan hingga lulus kuliah. Biaya yang cukup murah apabila dibandingkan dengan jurusan eksak.
Nah, demikianlah perkiraan biaya kuliah Sastra Indonesia beserta penjelasan mengenai jurusan tersebut. So, buat Kamu yang memang memiliki minat membaca dan bakat menulis, segeralah daftar di jurusan ini untuk meningkatkan kemampuan.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Sastra Indonesia Dan Gajinya

Semoga informasi di atas bermanfaat buat Kamu ya! Dan semoga bisa masuk jurusan dan kampus yang diinginkan. Nggak ada yang mustahil dan salah dari impianmu.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *