Perkiraan Biaya Kuliah Keperawata

Image: canva.com

Perkiraan Biaya Kuliah Keperawatan Untuk Jenjang S1

Apakah biaya kuliah Keperawatan mahal? Pertanyaan tersebut adalah yang paling sering ditanyakan calon mahasiswa baru yang ingin mengambil jurusan Keperawatan. Bidang kesehatan sampai saat ini memang masih menjadi yang favorit bagi semua orang, banyak sekali yang bercita-cita ingin menjadi seorang dokter, perawat, bidan, ahli gizi, dan lain sebagainya. Oleh karena itu jurusan-jurusan di bidang kesehatan selalu ramai peminatnya.

Jika Kamu berminat berkuliah di bidang kesehatan maka Kamu harus mempunyai niat yang sungguh-sungguh dan mental yang kuat. Karena saat pendaftaran saja akan banyak sekali saingan yang harus Kamu hadapi dari seluruh Indonesia. Sebelum mendaftar pastikan Kamu telah siap dan yakin serta sudah belajar dengan sungguh-sungguh, karena tidak mungkin hanya belajar semalaman Kamu langsung bisa semua materi yang diujikan.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Keperawatan Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

Banyak yang harus Kamu persiapkan sebelum masuk kuliah, seperti buku, laptop, tas, sepatu, pakaian, dan yang pastinya yaitu biaya hidup selama di perantauan, biaya kuliah selama 8 semester, serta keperluan-keperluan lainnya. Penting untuk Kamu mengetahui berapa biaya kuliah keperawatan jika ingin mengambil jurusan tersebut, agar orang tuamu juga bisa mempersiapkannya sebelum Kamu masuk kuliah.

Jurusan Keperawatan

Keperawatan yaitu suatu profesi yang bekerja sama dengan praktisi kesehatan, seperti dokter dan terapis. Seorang perawat lebih sering menjadi titik temu antara dokter dengan pasiennya ketika mengatasi masalah medis, profesi ini lebih mengutamakan ke pengabdian masyarakatnya. Menjadi seorang perawat Kamu akan mendedikasikan keahlianmu untuk merawat orang yang sakit.

Baca Juga :  10 Peluang Atau Prospek Kerja Keperawatan Dan Gajinya

Jika Kamu mengambil jurusan keperawatan Kamu akan mempelajari bagaimana cara memberikan pelayanan kesehatan kepada pada pasien. Untuk jenjang S1 Kamu akan banyak memperdalam teori dan prakteknya, baik praktikum di laboratorium maupun praktek langsung di rumah sakit, klinik, atau puskesmas.

Lulusan keperawatan akan bekerja di industri kesehatan, tentunya Kamu akan menjadi seorang perawat. Sekarang ini tenaga keperawatan masih banyak dibutuhkan dimana-mana, karena semakin banyaknya rumah sakit yang ada di Indonesia ini. Perawat adalah salah satu bagian yang penting dari rumah sakit, karena dokter tidak akan bisa bekerja sendiri tanpa adanya perawat yang membantu.

Selain bekerja di rumah sakit lulusan keperawatan bisa saja menjadi seorang ahli epidemiologi, menjadi asisten dokter, dan masih banyak lagi. Seorang perawat harus mempunyai kesabaran yang ekstra dalam merawat pasien, karena terkadang ada saja pasien yang sulit untuk diatur selama proses pengobatan. Nah sebagai perawat Kamu juga harus bisa mengatasi hal-hal seperti itu.

Baca Juga :  10 Alasan Memilih Jurusan Keperawatan Bagi Yang Bingung Kuliah Apa

Biaya Kuliah Keperawatan

Untuk Kamu yang berminat menjadi perawat, biaya kuliah keperawatan yang harus Kamu siapkan yaitu sekitar 1 juta sampai 13 jutaan per semester tergantung dari penghasilan orang tua Kamu. Namun juga beda-beda tiap universitas tergantung kebijakan masing-masing.

Biasanya untuk biaya kuliah di universitas swasta sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan universitas negeri, tapi Kamu jangan khawatir karena sekarang banyak universitas yang menyediakan beasiswa untuk mahasiswa berprestasi seperti bidikmisi atau yang lainnya.




About Tim Redaksi

Tim penulis yang menerbitkan beberapa artikel seputar sekolah, kuliah dan karir. Selalu berusaha memberikan informasi yang bermanfaat, menarik dan terbaru buat Kamu. Semoga semakin hari tulisan-tulisan yang dihasilkan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *